supply chain strategy

3 Supply Chain Strategy yang Cocok untuk UMKM

Penggunaan supply chain strategy yang tepat tidak hanya diperlukan dalam usaha dan bisnis berskala besar, namun juga untuk bisnis skala mikro dan kecil. Memang tidak kemudian secara praktis serupa dengan apa yang terjadi di bisnis besar, tapi prinsipnya tetap diterapkan untuk meningkatkan efisiensi kerja masing-masing badan usaha.

Supply chain sendiri merupakan rantai pasok, yang melibatkan semua proses dari hulu hingga hilir aktivitas perusahaan terkait produk yang dihasilkan. Bahan baku yang diperlukan proses pergerakan di dalam fasilitas perusahaan atau bisnis, proses produksi, distribusi, hingga sampai ke titik akhir penjualan untuk diakses pelanggan yang Anda miliki.

Baca Juga: 9 Tahap Prosedur Pengadaan Barang yang Digunakan

Pentingnya Supply Chain Strategy yang Tepat untuk UMKM

supply chain strategy
Sumber: freepik.com

Karena pada dasarnya supply chain mencakup semua proses bisnis yang dijalankan sebuah perusahaan, maka pada UMKM juga hal ini menjadi poin yang penting. Variabelnya memang tidak akan sebanyak yang ada di perusahaan besar, tapi signifikansinya akan tetap masif untuk optimalnya proses bisnis.

Dengan memilih strategi yang tepat dalam mengelola rantai pasok, beberapa manfaat bisa didapatkan oleh bisnis UMKM.

  • Pertama, jelas pada kepuasan pelanggan. Rantai pasok yang lancar akan menjamin produk selalu tersedia di pasar, sehingga lebih mudah diakses dan didapatkan oleh pelanggan Anda.
  • Kedua, dengan ketersediaan produk di pasar ini Anda juga akan memperoleh pendapatan yang lebih besar dari penjualan yang terjadi. Tidak ada keterlambatan pengiriman produk, artinya penjualan juga tidak tertunda.
  • Ketiga, efisiensi biaya distribusi. Karena semua sudah tersistem dan memiliki jadwalnya masing-masing, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lebih besar untuk pengiriman mendadak atau di luar jadwal yang seharusnya.
  • Keempat, pengembangan usaha yang semakin cepat. Dengan meningkatkan efisiensi proses bisnis, maka otomatis UMKM yang Anda miliki dapat cepat naik kelas ke skala yang lebih besar.

Manfaat ini bisa diperoleh dengan syarat pemilihan dan penerapan supply chain strategy yang tepat serta konsisten, didasari dengan perhitungan yang akurat.

Apa Saja Macam-Macam Strategi yang Bisa Digunakan?

supply chain strategy
Sumber: freepik.com

Banyak sekali sumber yang dapat digunakan untuk melihat apa saja strategi supply chain yang bisa digunakan dalam sebuah bisnis. Dalam sisi UMKM, fleksibilitas akan lebih relevan sebab dinamika pasar yang dimiliki cenderung tinggi.

Kali ini akan disampaikan sedikitnya tiga supply chain strategy yang dapat menjadi opsi untuk diterapkan pada bisnis UMKM. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Pengelolaan Berdasarkan Permintaan Pelanggan

Strategi pertama ini digunakan dengan acuan permintaan pelanggan yang muncul dari pasar. Bisnis UMKM wajib bisa melihat data historis mengenai apa yang diminta dan dibutuhkan pasar, karena akan berefek langsung pada proses produksi yang dilakukan.

Siklus rantai pasok dapat diprediksi dari analisis historis ini, sehingga dapat dilakukan antisipasi permintaan di masa yang akan datang. Dinamika pasar jelas terus terjadi, dan sebagai pebisnis meski berskala UMKM, antisipasi pada lonjakan atau penurunan permintaan harus dilakukan.

Sistem rantai pasok kemudian disesuaikan dengan perhitungan ini, sehingga semua tetap berjalan lancar dalam koridor yang telah diperhitungkan.

2. Pengelolaan Berdasarkan Keadaan

Jika supply chain strategy pertama tadi dilakukan dengan acuan permintaan pelanggan, maka yang kedua ini akan mengacu pada perubahan yang terjadi di pasar. Mulai dari ketersediaan material, fluktuasi musiman, dan permintaan pelanggan, serta bagaimana perusahaan dengan cepat dapat beradaptasi.

Strategi ini cocok digunakan untuk perusahaan dengan perencanaan sumber daya jangka pendek, sebab adaptasi yang dilakukan akan cukup dinamis. Perencanaan jangka panjang akan cenderung kurang efektif untuk penggunaan strategi ini.

3. Pengelolaan Rantai Pasok Kolaboratif

Kolaborasi dilakukan dengan berbagai pihak lain yang masuk dalam rantai pasok bisnis UMKM Anda. Misalnya saja dengan meminta pengiriman bahan baku tepat waktu dan sesuai jadwal dari pihak pemasok, menggunakan alat distribusi yang mereka miliki dengan tambahan biaya yang masuk akal.

Kerja sama seperti ini efektif untuk meningkatkan efisiensi pengeluaran yang dimiliki oleh UMKM, sehingga sumber daya dana yang dimiliki dapat difokuskan untuk hal yang lebih strategis. Yang perlu diingat, pengusaha perlu melakukan negosiasi agar kolaborasi yang terjadi dapat berjalan optimal.

Lalu Mana yang Paling Tepat untuk UMKM?

supply chain strategy
Sumber: freepik.com

Jika dilihat dari beberapa macam supply chain strategy di atas, mungkin yang paling tepat digunakan secara umum adalah poin kedua, berdasarkan keadaan. Hal ini mengingat jumlah pasar yang dimiliki belum terlalu besar, sehingga perubahan yang terjadi pada pasar dan pelanggan akan berdampak besar pada perencanaan yang dilakukan.

UMKM cenderung memiliki perencanaan produksi jangka pendek yang mengacu pada kondisi pasar. Dengan optimasi strategi pengelolaan supply chain berdasarkan keadaan ini, UMKM bisa menjadi lebih adaptif dan efisien dari segi operasional.

Misalnya saja, perusahaan Anda membeli sebagian bahan baku yang diperlukan kemudian melakukan produksi dengan jumlah yang sesuai dengan fluktuasi di pasar atas respon pada kondisi yang terkini. Hal ini bisa dilakukan sebab pengamatan cermat pada fluktuasi pasar diterapkan oleh pengusaha, sehingga perubahan yang terjadi bisa disikapi dengan cepat tanpa menjadi hambatan.

Baca Juga: Pebisnis Wajib Paham, Ini Penjelasan Market Cap 

Pada akhirnya, pemilih opsi supply chain strategy akan selalu mengacu pada kebutuhan dan kondisi bisnis UMKM yang dimiliki. Bisa saja untuk bisnis Anda, yang lebih efektif adalah opsi pertama atau ketiga.

Yang jelas dalam optimasi setiap supply chain strategy yang akan digunakan, Anda wajib memastikan ketersediaan pemasok dan pembeli produk yang Anda miliki. RUN Market, hadir sebagai solusi untuk kebutuhan platform kolaborasi antara pengusaha untuk saling memenuhi kebutuhannya. Menjadi bagian dari RUN Market dapat membantu Anda menemukan klien yang tepat, atau penyedia yang handal dan berlisensi jelas. Segera bergabung dengan RUN Market, dan maksimalkan semua fiturnya sekarang juga!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.