spesifikasi produk adalah

Serba-serbi Spesifikasi Produk dalam Bisnis, Simak Detalnya!

Keberadaan spesifikasi produk adalah hal penting dalam kemasan produk yang dijual. Dengan mencantumkan informasi ini, penjual secara terbuka memberikan banyak data terkait produk sebagai pertimbangan dari pelanggan yang akan membeli produknya.

Namun sebenarnya apa itu spesifikasi produk? Mengapa kemudian data atau informasi ini harus dicantumkan di dalam kemasan produk? Apa pula rincian spesifikasi produk yang harus dicantumkan dalam kemasannya?

Setiap pertanyaan tersebut secara singkat akan dibahas dalam artikel singkat kali ini. Jadi mari masuk ke bagian pertama, mengenai apa itu spesifikasi produk.

Baca Juga: Mengenal Vendor Management System untuk Pengadaan Barang dan Jasa

Mengenal Apa Itu Spesifikasi Produk

spesifikasi produk adalah
Sumber: freepik.com

Spesifikasi produk adalah karakteristik keseluruhan dari barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dari pengguna barang atau jasa tersebut. Informasi ini dinyatakan secara tertulis dalam kemasan atau lokasi informasi terkait, secara jelas, untuk dibaca oleh penggunanya.

Spesifikasi juga dapat dipahami sebagai suatu persyaratan kinerja barang, jasa, atau pekerjaan, yang didalamnya mencakup informasi material, metode kerja, standar kualitas pekerjaan, dan lain-lain yang harus diberikan oleh penyedia barang atau jasa. Kedua pengertian ini diungkapkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP.

Pada dasarnya, spesifikasi produk adalah informasi menyeluruh mengenai produk yang dicantumkan secara jelas untuk dapat dibaca oleh penggunanya.

Menilik Fungsi dari Keberadaan Data Spesifikasi Produk

spesifikasi produk adalah
Sumber: freepik.com

Berdasarkan pengertiannya di atas, terdapat beberapa fungsi yang dimiliki oleh spesifikasi produk.

1. Menjadi Sumber Informasi untuk Pelanggan

Jelas, karena memuat semua informasi terkait karakteristik produk maka spesifikasi produk akan menjadi sumber informasi untuk pelanggan atau pengguna dari produk tersebut. Dari data ini dapat diperoleh informasi mengenai cara membuat, cara menggunakan, bahan utama ayang digunakan, dan kegunaan produk secara umum.

2. Sebagai Standar yang Ditetapkan

Spesifikasi produk juga dapat dipahami sebagai standar yang ditetapkan atau diharapkan oleh pelanggan, dalam memperoleh produknya. Dengan spesifikasi yang jelas, produsen dapat mengupayakan pencapaian standar dan karakter yang diinginkan pelanggan tersebut sesuai waktu produksi yang dimiliki.

3. Sebagai Bukti atas Kualitas Produksi yang Diminta

Dalam pesanan pelanggan, akan terdapat spesifikasi spesifik yang diberikan atau diharapkan pada produk yang ingin diperolehnya. Setelah produk jadi, pencantuman spesifikasi akan menjadi bukti bahwa produk benar-benar memenuhi standar yang diinginkan. Kualitas produksi dapat dipastikan dengan pemeriksaan silang pada produk dan informasi yang dimuat dalam spesifikasi produk, sehingga bilamana terdapat ketidaksesuaian bisa dilakukan komplain atas dasar bukti yang kuat.

4. Data Pembanding antara Produk

Di pasar, spesifikasi produk adalah informasi yang dapat digunakan sebagai pembanding dengan produk lainnya. Satu produk akan memiliki spesifikasi yang jelas dan berbeda produk lain, sehingga pelanggan dengan mudah dapat mencermati detail informasi ini. Pada akhirnya, pelanggan dapat memiliki pertimbangan yang baik dalam memilih produk.

5. Kelengkapan Kemasan Produk

Sebagai produk yang memiliki standar jelas, maka kemasan yang dimilikinya juga wajib dilengkapi dengan informasi yang ideal. Spesifikasi produk adalah salah satu jenis informasi yang wajib ada pada produk berkualitas, sebagai bukti pertanggungjawaban produsen pada pelanggan atau pengguna produk yang akan membeli produk tersebut.

6. Identitas dari Produk

Karena spesifikasi ini juga mencakup brand atau merek dagang di dalamnya, maka fungsi lain adalah sebagai identitas dari produk yang dijual di pasar. Semakin  kuat identitas produk, maka semakin mudah sebuah produk diingat oleh publik. Tanpa adanya spesifikasi produk, maka persaingan di pasar akan terasa sangat berat untuk dilakukan karena produk tidak dapat menjual kelebihan atau keunikannya.

Serba-Serbi Spesifikasi Produk dalam Bisnis, Simak Detalnya!

spesifikasi produk adalah
Sumber: freepik.com

Jika dirinci hingga detail, setidaknya akan ada 10 variabel yang wajib ada untuk spesifikasi produk pada kemasan sebuah produk.secara singkat, berikut penjelasannya.

  1. Nama atau merek produk, menjadi identitas unik setiap produk yang ada di pasar. Pelanggan bisa dengan mudah mengenali, mengidentifikasi, dan mengasosiasikan produk di benak mereka.
  2. Kode SKU, merupakan kode unik untuk setiap produk yang dihasilkan perusahaan dan berguna untuk memudahkan staf gudang dalam urusan pendataan produk.
  3. Deskripsi produk, dalam ulasan jelas dan singkat membahas mengenai kegunaan produk dan serba-serbi terkait produk yang ingin disampaikan perusahaan pada pelanggan atau penggunanya.
  4. Warna dan bahan, pencantuman informasi warna dan bahan dari produk juga penting sehingga dapat dikelompokkan dengan baik pada penyimpanan di gudang.
  5. Dimensi produk, terkait dengan ukuran dengan kemasan atau tanpa kemasan yang disampaikan pada pengguna produk untuk pertimbangan penggunaan dan distribusi.
  6. Informasi penggunaan, terkait semua hal yang perlu diketahui pelanggan mengenai bagaimana cara menggunakan produk, cara merakitnya, atau pemasangan produk sampai produk dapat digunakan dengan optimal.
  7. Harga produk, spesifikasi selanjutnya adalah terkait harga produk yang harus dibayarkan oleh pelanggan jika ingin membawa pulang produk tersebut.
  8. Manufacturer suggested retail price, atau harga eceran tertinggi, adalah harga yang ditetapkan oleh produsen dan diikuti reseller atau penjual dalam memasarkan produk untuk mengendalikan nilai produk di pasar.
  9. Negara asal produk, label dengan tulisan Made in Indonesia menjadi informasi produk yang wajib disematkan, khususnya pada produk yang dipasarkan secara global.
  10. Harmonized system, khusus untuk produk yang sudah dipasarkan secara internasional, informasi ini merupakan sistem penomoran dan penamaan untuk mengklasifikasikan produk dan turunannya. Dikelola oleh World Custom Organization.

Baca Juga:  Mengenal Delivery Order dari A-Z, Berkas Penting dalam Aktivitas Bisnis!

Pemberian informasi spesifikasi produk adalah hal penting untuk setiap produk yang dimiliki perusahaan, agar pelanggan mendapatkan informasi detail terkait produknya. Jelas, hal ini memerlukan pengelolaan yang efisien, agar informasi yang disampaikan lengkap dan akurat sesuai dengan kondisi produk namun tetap memiliki nilai jual tinggi.

RUN Market, Platform Jual-Beli Produk Terbaik untuk Procurement

Pada platform RUN Market, spesifikasi produk adalah hal yang penting untuk dicantumkan sebagai informasi pada calon pembeli. Penyedia barang wajib mencantumkannya sehingga calon pembeli dapat memiliki pertimbangan yang lebih baik dalam melakukan pembelian barang. Menggunakan dasar transaksi yang terbuka, RUN Market siap menjadi partner pengadaan terbaik yang dimiliki bisnis Anda!

spesifikasi produk adalah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 Copyright RUN System, All rights reserved.