sales promotion

Sales Promotion dalam Bisnis B2B, Ini Fungsi dan Jenisnya

Penerapan sales promotion banyak dilakukan pada bisnis dengan orientasi B2C. Namun demikian, jika dirumuskan dengan cermat sebenarnya bisnis B2B seperti yang Anda kelola juga dapat menggunakan metode pemasaran ini. Tentu, dengan beberapa penyesuaian pada pengaplikasiannya.

Sebelum masuk pada bahasan mengenai contoh penerapan sales promotion dalam bisnis B2B, ada baiknya artikel ini membahas mengenai fungsi dan jenis dari metode pemasaran tersebut. Sebagai modal dan pemahaman dasar, sehingga Anda dapat menyusun strategi dengan lebih baik.

Secara umum, metode pemasaran ini dipahami sebagai cara pemasaran untuk mengenalkan produk terbaru, menghabiskan persediaan produk lama, dan secara signifikan menaikkan angka penjualan.

Baca Juga: Mengenal Jenis Bisnis B2B adalah Hal Penting, Simak Ulasan Singkatnya di Sini!

Memahami 6 Fungsi Sales Promotion secara Umum

sales promotion
Sumber: freepik.com

Dalam praktek bisnis, terdapat beberapa fungsi dari bagian sales promotion ini. Mulai dari memetakan dan menghasilkan prospek bisnis baru, hingga mengarahkan pelanggan untuk melakukan pembelian lebih banyak.

Jelas, fungsi tersebut memerlukan sederet kemampuan spesifik di bidang komunikasi dan pemasaran. Namun untuk mengetahui detail fungsi dari bagian ini, mari simak poin berikut.

1. Memetakan dan Menghasilkan Prospek Baru

Sales promotion berfungsi untuk memetakan dan menghasilkan prospek baru dalam bisnis, berupa segmen pasar atau pelanggan. Secara langsung, penawaran akan dilakukan pada pihak-pihak yang memiliki potensi menjadi pelanggan menguntungkan, sehingga perusahaan dapat memperoleh transaksi lebih besar.

2. Memperoleh Informasi Berharga

Apa yang dimaksud informasi berharga? Yakni mengenai apa yang diinginkan oleh pelanggan serta bagaimana pihak pelanggan membuat keputusan pembelian. Bagian ini juga berfungsi untuk lebih mengenal pelanggan, sehingga perusahaan dapat menggunakan strategi terbaik dalam rangka melakukan penjualan dan penawaran, sesuai dengan kebiasaan dan pola konsumsi pelanggan yang ada di pasar.

3. Memberikan Stimulus pada pelanggan untuk Pembelian

Fungsi selanjutnya adalah memberikan stimulus pada pelanggan yang sudah dimiliki untuk melakukan pembelian yang lebih besar dari waktu ke waktu. Pemberian poin atau insentif pada loyalitas yang ditunjukkan pelanggan akan menjadi satu hal yang baik untuk meningkatkan penjualan yang dilakukan perusahaan.

4. Perusahaan yang Kompetitif

Dengan semua informasi yang dimiliki perusahaan, sales promotion juga berfungsi menjaga kemampuan bersaing dari perusahaan tempat mereka bekerja. Dengan penerapan strategi yang terukur, cermat, dan berdasarkan data valid, perusahaan akan memiliki posisi kuat dalam persaingan di industri.

5. Promosi Produk

Salah satu fungsi mendasar dari bagian ini adalah melakukan promosi produk, layanan, atau fitur terbaru dari sebuah produk. Promosi dilakukan agar pasar mengenal apa yang dimiliki perusahaan, dan menonjolkan kelebihan dari produk yang ada sehingga membuat calon pelanggan tertarik melakukan transaksi.

6. Penjualan Persediaan Berlebih

Dalam rangka meningkatkan angka penjualan, menjalankan fungsi ini juga penting. Persediaan yang sudah cukup lama dan jumlahnya berlebih dapat dijual dengan promosi atau benefit tertentu yang ditawarkan, sehingga angka penjualan naik dan beban biaya gudang bisa diturunkan.

Kenali Juga Beberapa Jenisnya

sales promotion
Sumber: freepik.com

Dalam dunia pemasaran, setidaknya dikenal tiga jenis sales promotion yang bisa dilakukan dan menjadi opsi perusahaan Anda dalam menawarkan barang. Pertama, advertensi atau iklan, kemudian personal selling, dan publicity.

  • Advertensi atau iklan, merupakan aktivitas promosi paling umum yang digunakan dengan pemasangan iklan di media yang menjadi titik temu pelanggan dan produk. Media cetak, elektronik, offline, online, dan aktivitas periklanan yang lain, bisa digunakan dalam jenis ini.
  • Personal selling, jenis ini merupakan jenis promosi penjualan secara langsung dari perusahaan ke calon klien dengan presentasi, edukasi, atau penawaran. Pada jenis ini tidak ada perantara antara perusahaan dan calon klien.
  • Publicity, dilakukan untuk meningkatkan awareness publik pada produk atau fitur yang dimiliki. Sifatnya umum, masif, dan dalam jangka waktu tertentu.

Contoh Penerapan Sales Promotion dalam Bisnis B2B

sales promotion
Sumber: freepik.com

Kontrak Jangka Panjang

Dalam kerjasama dua perusahaan dalam pengadaan barang atau transaksi bisnis, salah satu contoh sales promotion yang bisa dilakukan adalah penawaran kontrak jangka panjang yang menguntungkan. Kontrak ini wajib disusun secara cermat, sehingga dapat memberikan benefit bagi kerjasama yang akan dibuat.

Bukan hal yang mudah, mengingat dua perusahaan memiliki kepentingannya masing-masing. Namun dengan riset mendalam dan analisis yang cermat pada kondisi pasar, hal ini bisa dilakukan dengan baik.

Pengiriman Sampel Produk

Meski terbilang sederhana, namun pengiriman sampel produk akan jadi contoh yang nyata dan mudah dipahami. Sampel dapat dikirimkan sebagai bentuk niat baik pada calon klien, sehingga secara langsung dapat mencoba produk yang ditawarkan perusahaan.

Dengan pengiriman sampel ini, calon klien akan dapat mengetahui dengan jelas spesifikasi dan kelebihan produk yang ditawarkan.

Baca Juga: 3 Fungsi dan Tips Membuat Surat Penawaran Barang untuk Perusahaan 

Bukan hal yang mudah, namun sales promotion dalam kegiatan bisnis B2B memang menjadi hal yang penting agar kerjasama dapat dibangun dan mendatangkan keuntungan untuk kedua pihak. Dalam kegiatan pengadaan barang misalnya, pemahaman bersama harus terlebih dahulu dibangun, dan promosi menarik pada produk perusahaan akan memegang peranan besar.

RUN Market untuk Transaksi Bisnis Menguntungkan

RUN Market kemudian hadir untuk menyelenggarakan kegiatan bisnis yang menguntungkan bagi perusahaan Anda. Baik dari segi penjual atau pembeli, RUN Market akan menjadi platform terbaik pengadaan barang yang tersedia. Aktivitas sales promotion juga dapat dijalankan dengan mudah. Penjual dapat mengirimkan penawaran secara langsung pada calon pembeli potensial, sehingga effort yang dikeluarkan semakin efektif. Bergabung dengan RUN Market sekarang, dan maksimalkan semua kesempatan yang ada di dalamnya!

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.