marketplace adalah

Beda Marketplace dan Toko Online yang Perlu Diketahui Pelaku B2B

Nampaknya hampir semua pelaku bisnis pasti mengenal istilah marketplace. Dikenal sebagai salah satu tempat untuk memasarkan produk, marketplace adalah platform yang memiliki manfaat jauh lebih besar dari sekedar pemasaran. Bahkan dalam sektor pemasaran pun, fitur-fitur dalam marketplace perlu dimaksimalkan. Banyak juga dari pebisnis yang menyamakan marketplace dengan toko online. Lalu apa bedanya dengan toko online? Manakah yang menawarkan manfaat lebih banyak? Apakah perusahaan dengan konsep bisnis B2B dapat menggunakannya? Temukan jawabannya berikut ini.

Marketplace dan Toko Online

Ketika diartikan secara bahasa, marketplace adalah pasar. Hal ini tidak jauh berbeda dengan istilah aslinya. Marketplace adalah tempat atau infrastruktur berbasis digital yang berfungsi untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Sehingga terjadi proses penawaran dan permintaan dari kedua belah pihak. Tidak hanya mempertemukan, marketplace juga akan membantu proses transaksi penjual dan pencatatannya secara real time.

Sedangkan toko online atau sering juga disebut dengan istilah online shop ini memiliki pengertian yang berbeda. Toko online adalah bentuk atau konsep bisnis yang melakukan proses penawaran dan penjualan sepenuhnya melalui media sosial. Dari sekian banyak media sosial yang ada, Instagram dan Facebook adalah media yang paling populer untuk menjalankan bisnis.

Meskipun berbeda, keduanya tetap memiliki keterkaitan, terutama dengan dunia bisnis. Marketplace juga menjadi tempat banyak pelaku usaha menempatkan toko online miliknya. Sebagai contoh, Tokopedia merupakan marketplace dengan berbagai macam toko online. Namun toko online tidak selalu ada dalam marketplace. Sudahkah Anda paham sampai sini? Untuk memperjelas perbedaannya, simak poin-poin detailnya berikut ini.

Sumber: Freepik

Perbedaan yang Dimiliki Keduanya

1. Ruang Lingkup

Perbedaan pertama dari kedua istilah ini adalah ruang lingkupnya. Marketplace lebih luas dibanding toko online karena dalam 1 marketplace dapat menampung beberapa toko online sekaligus. Sehingga ketika toko online memiliki target pasar yang spesifik, maka marketplace memiliki pasar yang lebih umum.

2. Varian Produk yang Ditawarkan

Marketplace juga memiliki produk yang lebih bervariasi dibanding toko online. Bayangkan Anda masuk dalam marketplace dengan banyak jenis toko online. Mulai dari produk bayi, wanita, laki-laki, keperluan rumah tangga, dan sebagainya. Sedangkan varian toko online biasanya terbatas pada 1 jenis barang. Misalnya, toko online baju bayi memiliki varian baju lengan pendek dan panjang. Anda tidak akan mendapatkan alat tulis di sana.

3. Peran yang Dipegang Dalam Bisnis

Dalam dunia bisnis, marketplace berperan sebagai perantara penjual dan pembeli. Sehingga urusan memastikan kualitas produk, pelayanan penjual, dan sebagainya, sepenuhnya akan kembali pada kebijakan kedua belah pihak. Marketplace biasanya hanya mengatur teknis interaksi dan transaksi kedua pihak tersebut. Sedangkan toko online akan memiliki peran ganda atau bahkan lebih. Semua bentuk pelayanan akan diberikan langsung oleh penjual kepada pembeli.

4. Fitur yang Ditawarkan

Marketplace memiliki sistem operasi yang sudah dibuat sedemikian rupa dengan berbagai fiturnya. Semua fitur ini untuk memudahkan pembeli dan pelaku bisnis. Diantaranya adalah mampu membantu pencatatan transaksi, menghitung biaya kirim melalui alamat pembeli, memudahkan pembeli menyampaikan testimoni, dan sebagainya. Sedangkan toko online sangat bergantung pada pelayanan pemegang akun atau toko itu sendiri. Platform yang menjadi tempat toko online dibuka biasanya cukup menawarkan fitur pemasaran atau adsense.

Sumber: freepik

Manfaat Marketplace Bagi B2B

  1. Memberikan fasilitas pemasaran langsung kepada target pasar. Perusahaan calon pembeli Anda dapat menuju platform marketplace untuk memesan dan membeli produk.
  2. Konten pemasaran lebih spesifik karena alasan yang sama dengan poin pertama.
  3. Penawaran yang dilakukan telah disesuaikan untuk bisnis lain. Artinya, penawaran yang dihadirkan sudah diarahkan untuk menjawab semua permintaan pasar.
  4. Pihak yang terlibat terpercaya melalui sistem verifikasi dan validasi yang ketat. Tentu saja karena hal ini melibatkan 2 perusahaan yang biasanya telah berbadan hukum. Sehingga marketplace yang tepat akan memastikan identitas kedua belah pihak.
  5. Transaksi yang terjadi lebih aman karena diawasi oleh sistem operasi yang ada dalam marketplace. Biasanya marketplace juga telah bekerja sama dengan banyak bank untuk keamanan transaksi ini.

RUN Market Sebagai B2B Marketplace

Jika Anda berpikir jalur yang digunakan antar perusahaan untuk melakukan penawaran dan permintaan terbatas, maka Anda harus mengenal RUN Market. Sebagai salah satu marketplace bagi perusahaan B2B, RUN Market memiliki fitur penunjang yang lengkap.

RUN Market hadir dengan berbagai macam fiturnya dan memungkinkan perusahaan Anda bertemu dengan pembeli khusus. Artinya, penjual, dalam hal ini perusahaan Anda, akan dipertemukan dengan berbagai macam perusahaan pembeli dengan beragam skala pembelian. Begitu juga ketika perusahaan Anda ada pada posisi sebagai pembeli. Anda akan diberikan pilihan beragam jenis penjual yang nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Selain itu, proses transaksi juga dapat dimonitor secara real time melalui RUN Market Seller dan RUN Market Buyer. Sehingga proses jual beli akan jauh lebih efektif dan efisien. Rasakan manfaat marketplace RUN Market sekarang juga dengan menghubungi tim kami di sini.

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.