platform digital

Platform Digital: Simak Jenis, Contoh, dan 4 Fungsinya bagi Perusahaan

Dewasa ini, media untuk menyebarkan informasi semakin banyak. Hal ini sangat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis dalam membagikan info produk yang ditawarkan. Salah satu media yang paling banyak digunakan adalah media sosial dengan beragam fitur dan manfaatnya. Media sosial merupakan platform digital terkini yang telah melalui banyak proses modifikasi dan pengembangan untuk manfaat yang semakin besar. Sedangkan platform digital adalah istilah yang sekarang muncul dalam berbagai skema. Namun, sudahkah Anda paham apa itu platform digital? Untuk memahaminya, simak detail infonya di bawah ini.

Platform Digital dan Aplikasi

Dilihat dari pengertiannya, platform digital dan platform komputer memiliki arti yang sama. Platform digital adalah gabungan perangkat lunak dan keras yang digunakan sebagai tempat bertemunya banyak orang dalam satu wadah atau tempat khusus. Perangkat lunak yang dimaksud berupa aplikasi digital yang dibuat dengan sistem khusus sesuai dengan tujuannya. Platform sendiri merupakan sistem operasi komputer yang memiliki kode rancangan tertentu sesuai fungsinya.

Dengan perumpamaan yang lebih mudah, platform digital adalah sarana atau infrastruktur untuk menggunakan aplikasi. Sehingga aplikasi merupakan salah satu hal yang mengisi platform digital. Sebagai contoh, Canva merupakan salah satu aplikasi yang kehadirannya masuk dalam platform desain grafis.

Pertemuan banyak pengguna platform digital ini juga sangat beragam. Mulai dari transaksi jual beli, bertukar informasi terkait tips dan gaya hidup, hingga menjalin pertemanan. Semua tujuan ini yang membuat platform digital hadir dalam berbagai bentuk. Tak terkecuali platform jual beli yang dimanfaatkan oleh berbagai kalangan pelaku bisnis. Baik bagi perusahaan berskala besar maupun UMKM yang sedang merintis usaha. Simak detail fungsi platform digital bagi bisnis berikut ini.

Sumber: freepik

Fungsi Platform Digital Bagi Bisnis

1. Menyebarkan Informasi Kepada Audien yang Disasar

Fungsi pertama dari platform digital adalah menyebarkan informasi terkati produk dan promo kepada audien pemasaran. Target pasar yang luas memang baik, namun akan jauh lebih baik jika perusahaan dapat menyasar pada pasar potensial. Melalui platform digital, informasi produk Anda akan diketahui oleh calon pelanggan yang memang sedang mencari produk tersebut. Sehingga kemungkinan proses jual beli akan lebih tinggi.

2. Mempermudah Proses Penawaran dan Permintaan

Karena penjual dan pembeli bertemu dalam satu platform, proses penawaran dan permintaan menjadi lebih mudah. Hal ini karena hampir semua fitur yang dimiliki platform digital jual beli memungkinkan adanya percakapan langsung antara pelanggan dan pelaku usaha. Sehingga pelanggan dapat mengajukan pertanyaan lanjutan seputar produk dan penjual dapat memberikan pelayanan terbaiknya di sana.

3. Manajemen Pelanggan Lebih Mudah

Platform digital memungkinkan adanya pengelolaan data yang terdigitalisasi. Artinya, proses penyimpanan data interaksi dengan pelanggan akan dilakukan secara otomatis. Pelaku usaha dapat mengakses data tersebut kapanpun dan dimanapun selama memiliki jaringan internet. Tidak hanya itu, Anda juga dapat melihat data produk yang paling dicari, produk paling laku, dan sebagainya. Saat ini sudah banyak platform digital yang menawarkan kemudahan manajemen pelanggan sekaligus keamanan data yang disimpan.

4. Pemberian Pelayanan Pelanggan Lebih Efektif dan Efisien

Sempat disinggung pada poin sebelumnya, pelayanan pelanggan dapat dilakukan langsung melalui platform digital. Anda bahkan bisa saja tidak perlu berpindah aplikasi untuk melayani mereka. Hal ini membuat proses pelayanan pelanggan menjadi lebih efektif dan efisien, baik bagi Anda sebagai penjual maupun bagi pembeli.

Sumber: freepik

Jenis dan Contohnya

Agar pembahasan lebih fokus pada platform digital untuk bisnis, maka poin berikutnya adalah jenis platform digital yang mampu menghubungkan penjual dan pembeli. Ada banyak sekali jenis dan contohnya yang bisa Anda terapkan langsung untuk strategi pemasaran yang mudah dan nyata hasilnya.

  1. Platform digital sosial media, platform yang sering digunakan untuk bersosialisasi secara online. Termasuk menawarkan produk kepada pengguna platform yang lain.
  2. Platform digital jual beli atau marketplace, platform yang memang dibuat untuk kegiatan jual beli. Sehingga fitur terkait pembayaran, pengiriman, dan sebagainya tersedia.
  3. Platform digital basis data, yang memungkinkan pelaku bisnis menyimpan data-data perusahaan secara tersistem sehingga mudah dicari tanpa harus melihat satu per satu.
  4. Platform konten website atau CMS (Content Management System), platform yang memungkinkan pengguna mengelola konten di website. Baik itu konten pemasaran maupun profil perusahaan.

Anda perlu melakukan analisis terhadap pelanggan untuk menentukan platform digital mana yang akan dipilih. Sehingga platform yang Anda gunakan dapat lebih fokus dikelola. Menggunakan banyak platform memang baik, tapi memilih yang memberi manfaat besar lebih efektif akan jauh lebih baik. Terutama jika perusahaan Anda memiliki target pasar khusus, misalnya B2B.

Membahas B2B dan platform digital yang sesuai tentu saja RUN Market adalah salah satunya. Melalui platform digital RUN Market, Anda dapat bertemu dengan banyak pembeli di satu tempat. Tidak perlu khawatir, para pembeli tersebut juga tidak perlu berpindah platform untuk melakukan pemesanan. Sehingga proses penawaran dan permintaan menjadi lebih efektif dan efisien. Untuk informasi lebih lanjut, temukan RUN Market melalui tautan ini.

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.