b2b adalah

Mengenal Jenis Bisnis B2B adalah Hal Penting, Simak Ulasan Singkatnya di Sini!

Dalam dunia industri berbagai bentuk bisnis terus beraktivitas dan melakukan transaksi yang terus menerus. Salah satu jenis bisnis yang memiliki perputaran nilai besar adalah B2B. B2B adalah singkatan untuk business to business, yang menunjukkan transaksi dari satu entitas bisnis ke entitas bisnis lainnya.

Entitas bisnis yang dimaksud di sini adalah antar perusahaan atau antar brand, sehingga tidak melibatkan masyarakat sebagai konsumen. Pengguna produk dari suatu perusahaan adalah perusahaan lain, dengan tujuan melakukan pengolahan menjadi produk baru untuk dipasarkan.

Akan dibahas lebih lanjut terkait B2B ini di dalam artikel singkat ini. Mulai dari pengertiannya secara umum, cara kerjanya, hingga contoh bisnis B2B dan perbedaannya dengan bisnis B2C atau business to consumer.

Pengertian B2B adalah Sebagai Berikut

b2b adalah
Sumber : freepik.com

Bisnis model B2B adalah model bisnis yang transaksinya dilakukan antar pelaku bisnis. Pihak yang dilibatkan antara lain produsen, pedagang grosir, atau pengecer. Transaksi bisnis ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan unit usaha atau entitas bisnis dalam menjalankan aktivitas perusahaannya.

Transaksi antara perusahaan dan perusahaan atau bisnis ke bisnis adalah hal yang wajar terjadi, terlebih dalam rantai pasokan barang yang khas. Paling sederhana, dalam proses produksi, perusahaan memerlukan bahan baku bukan? Pembelian bahan baku ini bisa jadi satu contoh paling sederhana bisnis model B2B.

Pada dasarnya, proses bisnis B2B dilakukan dengan interaksi jual-beli pada dua atau lebih bisnis, dengan tujuan menunjang aktivitas bisnisnya. Jadi dalam hal ini tidak melibatkan konsumen akhir atau masyarakat luas.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Bisnis Model Ini?

b2b adalah
Sumber : freepik.com

Tidak seperti bisnis yang langsung bersinggungan dengan konsumen akhir, bisnis B2B memiliki proses yang lebih kompleks. Karena transaksi yang dilakukan melibatkan produk dalam jumlah besar dan dua entitas bisnis yang sama-sama mencari keuntungan, maka ada beberapa hal yang harus disepakati.

Secara singkat berikut cara kerja bisnis B2B.

  • Perusahaan akan memiliki kebutuhan, sementara di sisi lain ada perusahaan yang memiliki produk yang dibutuhkan.
  • Akan terjadi riset pada masing-masing perusahaan ini, terkait dengan perusahaan lain yang berpotensi memenuhi kebutuhannya.
  • Komunikasi akan terjalin di antara dua perusahaan ini, untuk membicarakan permintaan dan penawaran yang dimiliki masing-masing perusahaan.
  • Proses negosiasi terjadi hingga ditemukan satu kata sepakat terkait transaksi yang akan dilakukan, baru kemudian proses bisnis dan transaksi bisa berjalan.
  • Penandatanganan kerjasama  kemudian terjadi, dan transaksi akan segera dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan yang sudah terjadi.

Sebenarnya proses kompleks dan panjang akan terjadi pada riset latar belakang perusahaan, pengajuan penawaran dan permintaan, serta negosiasi. Proses ini memakan waktu yang cukup lama, terlebih untuk perusahaan yang sebelumnya belum pernah menjalin kerjasama.

Beberapa Contoh Bisnis B2B

b2b adalah
Sumber : freepik.com

Jika dilihat pada poin kedua di atas, akan tampak karakter dan contoh bisnis B2B yang ada saat ini. Karena mendasarkan aktivitas transaksi pada perusahaan-perusahaan yang ada, maka bisnis ini bisa dilihat dalam banyak sekali kerjasama antar perusahaan.

1. Bisnis Pasokan Bahan Baku Produksi

Contoh bisnis B2B adalah pada bisnis pasokan bahan baku guna mendukung proses produksi. Satu perusahaan akan memiliki kebutuhan pada bahan baku untuk digunakan dalam prosesnya, dan perusahaan lain memiliki stok bahan baku yang diperlukan.

Ketika permintaan bertemu dengan penawaran, maka kedua perusahaan ini akan bekerjasama untuk saling mendapatkan keuntungan satu sama lainnya.

2. Jasa Pemasaran Produk atau Brand

Contoh selanjutnya bisa dilihat pada jasa pemasaran produk atau brand. Bisnis ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki produk, brand, atau campaign tertentu, untuk meningkatkan awareness masyarakat. Pada akhirnya, penggunaan bisnis jasa pemasaran dari agensi atau perusahaan lain ditujukan untuk meningkatkan penjualan produk atau meraih target yang ditentukan.

Di kota besar, agensi kreatif dan agensi perencanaan media menjadi model bisnis yang paling umum digunakan untuk keperluan ini.

3. Bidang Jasa Keuangan

Memang benar setiap perusahaan memiliki divisi atau departemen finansial yang akan mengurus semua keperluan bidang tersebut. Namun dalam skala yang lebih besar dan kompleks, penggunaan jasa keuangan untuk membantu urusan finansial juga banyak digunakan oleh berbagai perusahaan.

Misalnya, membutuhkan jasa audit, jasa pengurusan pajak, pembukuan, hingga manajemen, dan hal lainnya.

Selama kerjasama bisnis yang terjalin terjadi di antara dua entitas bisnis, maka dapat dikatakan bisnis tersebut berbentuk B2B.

Lalu Apa Bedanya dengan Bisnis Model B2C?

b2b adalah
Sumber : freepik.com

Perbedaan masif yang ada pada dua jenis bisnis tersebut adalah pada pihak yang menjadi pembelinya. B2B selalu melibatkan transaksi perusahaan dengan perusahaan, produk yang dibeli akan diolah kembali untuk keperluan selanjutnya.

Pada bisnis model B2C, pembeli utamanya adalah konsumen perorangan atau grup, dan tujuan pembelian adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumsi nilai atau fungsi dari produk yang dibeli tadi.

Kerjasama yang terjalin antara dua perusahaan tentu membutuhkan ekosistem yang sehat dan terbuka. Maka dari itu, RUN Market hadir untuk menyediakan ekosistem tersebut, baik untuk perusahaan atau vendor dan supplier, agar bisa memperoleh kerjasama yang menguntungkan dan produktif dalam rangka menjalankan bisnis model B2B ini.

RUN Market, Solusi Perusahaan dan Vendor dalam Bisnis Pengadaan Barang

Dalam hal mengakomodir keperluan bisnis B2B, diperlukan satu platform yang solid secara sistem dan mampu memudahkan transaksi yang terjadi. RUN Market, menjadi platform terbaik yang dapat membantu perusahaan dan vendor mendapatkan deal terbaik dari keperluan yang dimiliki. Karena bisnis B2B memerlukan komunikasi yang baik dan terbuka, maka hal ini juga turut menjadi pertimbangan sistem RUN Market. Bergabung dan gunakan sekarang juga, serta dapatkan semua benefit dalam transaksi di RUN Market!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 Copyright RUN System, All rights reserved.