retail adalah

Bisnis Retail adalah Garda Terdepan Industri, Simak Ulasannya di Sini!

Model pemasaran di dalam dunia bisnis beragam bentuknya. Mulai dari industri hulu hingga tingkat hilir seperti retail, memiliki peran besar dalam menjalankan roda perekonomian. Retail adalah bentuk bisnis di bagian hilir, yang secara langsung menjual barang pada konsumen akhir.

Namun apakah retail hanya seputar apa yang didefinisikan dalam kalimat singkat itu saja?

Tentu saja tidak. Dalam artikel singkat ini, akan dibahas lebih lanjut terkait pengertian retail, fungsi, jenis, hingga cara kerja bisnis ini. Selain bisa menjadi pengetahuan umum untuk pengusaha, informasi ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan keputusan bisnis di masa yang akan datang.

Memahami Apa Itu Retail

retail adalah
Sumber : freepik.com

Secara sederhana, bisnis retail adalah bentuk bisnis yang menjual barang pada konsumen akhir secara langsung. Bisnis ini juga disebut sebagai bisnis eceran, dan memiliki peran yang cukup penting dalam rantai bisnis di seluruh dunia.

Dalam pemahaman lain, retail juga dapat didefinisikan sebagai bentuk bisnis yang menjembatani antara produsen atau penjual dalam skala besar, pada konsumen akhir yang menggunakan produk untuk keperluan sendiri.

Produk yang dibeli konsumen dari bisnis retail tidak digunakan untuk dijual, melainkan dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Jadi dapat dikatakan, bisnis retail adalah bisnis yang memasok seluruh produk yang diperlukan konsumen di titik hilir industri.

Mengulik Fungsi Bisnis Retail dalam Industri

Karena bergerak di bagian hilir dari industri, maka model bisnis ini juga memiliki beberapa fungsi yang bersentuhan langsung dengan konsumen. Meski demikian secara langsung, keberadaan retail juga memiliki peran untuk pedagang besar atau produsen, sehingga roda industri berjalan dengan baik.

Fungsi bisnis retail adalah sebagai berikut.

1. Mempermudah Akses Barang Konsumen

Kaitannya dengan konsumen akhir, fungsi retail adalah untuk memudahkan akses barang dan jasa pada konsumen tersebut. Keberadaan bisnis seperti ini membantu konsumen sehingga dapat memperoleh produk yang diperlukan dengan cepat, efektif, dan harga yang tetap masuk akal.

2. Memberikan Opsi Harga dan Produk

Karena berupa bisnis eceran, maka produk yang ditawarkan oleh retail sangat beragam. Konsumen akhir bisa memperoleh opsi yang sangat bervariasi pada produk yang ditawarkan, beserta dengan variasi harga yang menarik. Tentu, ini menguntungkan konsumen akhir yang perlu memenuhi kebutuhannya.

3. Menguntungkan Produsen dan Bisnis Grosir

Terkait hubungannya dengan produsen dan pedagang lebih besar, bisnis retail juga dapat memberikan keuntungan dengan berperan sebagai agen pemasaran untuk menjangkau konsumen yang jauh dari fasilitas milik bisnis grosir dan produsen. Keberadaan retail memungkinkan produk yang dimiliki produsen dan pedagang grosir lekas mencapai pasarnya, sehingga penjualan bisa terjaga.

4. Fungsi Pemasaran Bisnis Retail

Disadari atau tidak, bisnis retail juga memiliki fungsi sebagai entitas pemasaran dari produk yang dijualnya. Saat produk dipajang di etalase atau display tertentu, masyarakat akan melihat secara langsung dan terpapar pada brand yang ada. Produk menjadi semakin dikenal dan menumbuhkan awareness pada masyarakat.

Ragam Jenis Retail yang Ada Sekarang

retail adalah
Sumber : freepik.com

Dalam kategori besar, terdapat tiga jenis bisnis retail yang dikenal. Pertama berdasarkan produk yang dijual, kemudian berdasarkan kepemilikan, dan ketiga berdasarkan lokasi penjualan.

1. Produk yang Dijual

Berdasarkan produk yang dijual jenis yang ada adalah retail barang, retail jasa, serta non-store retail. Jika pada dua retail pertama jelas apa yang dijual, maka non-store retail menjual barang menggunakan media tertentu, seperti misalnya vending machine.

2. Kepemilikan

Serupa dengan kategori produk yang dijual, retail berdasarkan kepemilikan juga dibagi ke dalam tiga jenis berbeda. Ritel mandiri (warung, toko kelontong, atau ruko), kemudian waralaba (franchise dan sejenisnya), dan kelompok usaha (swalayan atau department store) yang terikat dalam satu manajemen tertentu.

3. Lokasi Penjualan

Untuk pembagian berdasarkan lokasi penjualan sendiri, dikenal dengan shopping center (retail dalam satu lokasi tertentu), strip development (retail yang memiliki lahan komersial dan semua orang memiliki akses ke jalan atau area parkir), dan downtown central business district (berada di suatu pusat bisnis dan komersial di kota).

Cara Kerja Bisnis Retail adalah Sebagai Berikut

Sebenarnya bisnis retail bekerja dengan cara yang cukup sederhana. Bisnis model ini akan mengambil produk atau menerima produk dari produsen atau bisnis grosir dengan harga tertentu, kemudian menjual kembali produk tersebut pada fasilitas yang dimilikinya.

Untuk mendapatkan keuntungan, idealnya harga produk saat diterima atau diambil dari pihak yang lebih besar akan lebih murah daripada harga produk saat dijual ke konsumen akhir. Selisih atau margin ini yang menjadi keuntungan dari pihak retail.

Pada kerjasamanya dengan pihak yang lebih besar, retail idealnya memiliki kontrak yang jelas, terkait tanggung jawab atau tugas, dan benefit yang didapatkan. Dengan berpegang pada kesepakatan bersama ini, industri bisa berjalan dan konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan.

Pada akhirnya, berjalannya rantai industri akan tetap bergantung dengan banyak pihak. Sinergi setiap pihak harus terus dijaga sehingga semua mendapatkan apa yang dibutuhkan, dan rantai tersebut bisa terus menjadi aktivitas yang produktif dari sisi manapun.

Tentu, ekosistem yang baik harus dibentuk untuk hal ini. Maka dari itu, RUN Market kemudian hadir di Indonesia untuk membantu pelaku bisnis dalam mendapatkan setiap barang yang diperlukannya, sehingga aktivitas yang dijalankan tetap lancar.

Platform RUN Market untuk Pelaku Usaha

Keberadaan RUN Market kemudian ditujukan untuk menyediakan ekosistem produktif bagi setiap pelaku usaha. Mulai dari produsen, vendor, supplier, hingga bahkan retail adalah pihak yang dapat menggunakan semua fitur RUN Market secara optimal demi keuntungan bisnis. Maka dari itu, segera bergabung dengan platform RUN Market sekarang juga, dan dapatkan keuntungan berbisnis di platform terbaik ini!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.