sistem penjualan langsung

Mengenal Sistem Penjualan Langsung sebagai Peluang Bisnis Menguntungkan

Sistem penjualan langsung adalah suatu metode penjualan jasa maupun barang oleh jaringan pemasaran dalam lingkup mitra usaha yang terjadi secara langsung atau bertatap muka dengan konsumen dalam lingkungan non-ritel, misalkan di rumah, toko online, ataupun tempat lain yang bukan merupakan toko resmi. Teknik ini akan menghilangkan fungsi perantara dalam proses distribusi, sehingga produk akan langsung perusahaan kirim kepada konsumen.

Kegiatan penjualan dan pemasaran bukanlah aktivitas utama dalam sebuah perusahaan. Tetapi, setiap perusahaan mempunyai banyak perbedaan antara satu dengan lainnya. Sehingga inilah yang menjadikan perusahaan tersebut memilih teknik penjualan yang sesuai dengan sistem yang dipilih. Dari banyaknya teknik penjualan, salah satu yang paling sering dipakai oleh perusahaan adalah penjualan langsung. Teknik ini dinilai efektif karena punya biaya yang rendah dan bisa menjalin hubungan dengan pelanggan secara lama.

Jenis-Jenis Penjualan Langsung

Sumber: Pixabay.com

Sistem penjualan langsung di Indonesia bukanlah hal yang baru. Sekitar tahun 90-an sudah mulai bermunculan perusahaan yang menerapkan sistem penjualan langsung. Ada banyak masyarakat yang bisa saja pernah ditawari oleh penjual langsung.

Namun dengan menggunakan cara yang cenderung tidak sesuai dengan SOP. Sehingga muncul miss persepsi bahwa sistem penjualan langsung berkedok penipuan. Terdapat dua jenis penjualan langsung di Indonesia, yaitu: 

  • Single Level Marketing

Penjualan langsung dengan satu tingkat. Yang merupakan penjualan barang tertentu tanpa melalui jaringan pemasaran yang berjenjang.

  • Multi Level Marketing

Sebuah sistem penjualan langsung yang multi tingkat. Atau penjualan barang yang dilakukan melalui jaringan pemasaran berjenjang yang sudah dikembangkan penjual langsung yang sudah bekerja atas dasar pencapaian komisi maupun bonus dari hasil penjualan barang yang ditawarkan kepada konsumen.

  • Host atau Party-plan Sales

Party-plan Sales terjadi dalam pengaturan grup atau saat terdapat banyak audiens. Yang mana, produsen akan mengadakan acara, biasanya acara sosial untuk mempromosikan produknya kepada konsumen.

Kedua jenis sistem penjualan langsung tersebut memang mempunyai perbedaan yang sangat jelas. Dan juga mempunyai pasar yang berbeda berikut jenis produk yang ditawarkan juga berbeda. Tetapi, istilah familiar yang paling sering didengar adalah MLM.

Kelebihan dari Sistem Penjualan Langsung adalah:

Sumber: Unsplash.com

Beberapa kelebihan sistem penjualan langsung yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Mendapatkan banyak margin profit atau keuntungan

Keuntungan yang paling utama adalah margin dengan laba tinggi dari perusahaan induk dan juga penjual. Sehingga banyak pengusaha yang mengadopsi metode ini agar bisa mendapatkan banyak keuntungan. Ini menjadi ciri-ciri penjualan langsung yang sangat melekat.

2. Tidak adanya biaya untuk pemeliharaan toko

Ini bisa terjadi pada lingkungan non-ritel. Atau bisa dikatakan seorang penjual tidak diharuskan untuk mendirikan sebuah toko agar bisa menjual barang dagangannya.

3. Bisa Langsung Kontak dengan Pelanggan

Penjual mempunyai kontak pelanggan. Ada banyak macam keuntungan jika berhubungan langsung dengan pelanggan. Selain Anda bisa mempelajari kebutuhan pelanggan, Anda juga bisa menciptakan sebuah peluang usaha serta bisa memberikan pelayanan kepada mereka sesuai dengan kebutuhan.

4. Kepuasan dari Pelanggan

Anda juga bisa membuat pelanggan Anda merasa puas. Beberapa pelanggan punya kendala waktu untuk pergi belanja. Sehingga Anda bisa menemukan segmen baru. Sehingga sangat tidak salah jika kepuasan pelanggan adalah keuntungan tambahan.

5. Bisa Melakukan Kontak Langsung Dengan Pelanggan

Penjual memiliki kontak langsung dengan pelanggannya. Ada berbagai keuntungan berhubungan langsung dengan pelanggan. Anda dapat mempelajari tentang kebutuhan pelanggan dan dapat menciptakan peluang bisnis dan dapat memberikan layanan kepada mereka sesuai kebutuhan mereka. Misalnya, pelanggan tetap Anda dapat memesan produk yang mereka butuhkan atau dapat memberikan referensi Anda kepada teman dan keluarga mereka. Dengan cara ini, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan mudah.

Kekurangan dari Sistem Penjualan Langsung adalah:

Sumber: Unsplash.com
  •  Sulit Menjangkau Pasar secara Luas

Melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen memang lebih mendekatkan Anda kepada calon pembeli Anda. Tetapi disisi lain, hal ini tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, dan kinerja Anda hanya terfokus pada konsumen tersebut. Beda halnya jika Anda berjualan menggunakan sistem penawaran tidak langsung yang bisa Anda sebar informasinya melalui media sosial dan dilihat banyak orang.

  • Aspek Pribadi

Secara pribadi, adanya sistem penjualan langsung sebenarnya cukup menyita banyak waktu, sehingga efektivitas kerja berkurang. Sebagai contoh,karena minggu adalah hari libur, maka banyak orang mungkin memiliki kesempatan untuk merespon penjualan Anda. Maka sebagai solusinya, Anda harus bekerja bahkan pada hari libur sekalipun. Mendatangi calon konsumen, melakukan presentasi dan lain sebagainya. Hal ini tentunya menyita terlalu banyak waktu.

  • Harus Siap dengan Penolakan

Saat ini, ketika ada begitu banyak cara untuk membeli barang, orang menjadi sedikit skeptis tentang membeli dari seseorang yang datang secara langsung kedepan pintu rumah mereka. Sangat sedikit orang yang masih memilih untuk membeli dari penjual secara langsung. Oleh karena itu, bagi Anda yang memasuki bisnis penjualan langsung, Anda harus siap menghadapi banyak penolakan. Apalagi, sudah terlanjur tumbuh beberapa citra negatif dari penjual langsung di pasar.

Tips Penjualan Langsung berjalan Sukses

Jika Anda ingin terjun ke sistem penjualan langsung, ada beberapa rekomendasi strategi yang bisa Anda ikuti:

1. Fokuslah pada membangun hubungan di awal, bukan langsung melakukan penjualan. Mulailah dengan menjalin hubungan dan segera tentukan poin beserta kebutuhan mereka, sehingga Anda bisa memberikan solusi.

2. Selalu simpan catatan pelanggan secara konsisten dan rinci. Data pelanggan yang menyeluruh sangat memungkinkan Anda untuk membangun dan melacak jaringan Anda. Lakukan komunikasi secara berkala dengan klien dan selalu distribusikan materi pemasaran yang beda.

3. Mulai Atur Lingkungan Penjualan. Setiap detail menjadi penting, sehingga rencanakan ruang untuk presentasi dan tampilkan produk Anda secara menyeluruh.

4. Selalu tingkatkan keterampilan penjualan. Salah satu keterampilan percakapan dan pendengaran akan membantu Anda dalam membangun hubungan dengan pelanggan yang dalam jangka waktu yang lama dan bisa menumbuhkan bisnis yang sukses.

Jika keempat tips di atas masih terasa berat bagi Anda. Mungkin ini saatnya bagi Anda untuk mulai bergabung bersama RUN Market. RUN Market adalah sebuah B2B Market Collaboration Platform. Keuntungan bergabung dengan RUN Market adalah memiliki solusi inovatif pengelolaan proses pengadaan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk saling terhubung dalam satu platform.

Selain itu, melalui fitur Sales Order Management RUN Market Seller, Anda juga dapat terbantu untuk memasukkan penawaran ke pembeli yang membutuhkan barang dan mempermudah proses pemesanan.

Tunggu apalagi, segeralah bergabung bersama RUN Market, dan bisnis anda memperoleh peningkatan keuntungan.

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.