niche market

Niche Market adalah Penentu Kesuksesan Bisnis, Cek 4 Cara Menentukannya!

Niche market adalah istilah yang wajib dipahami jika seseorang ingin bergelut ke dalam dunia bisnis. Mengapa? Karena niche market dapat membantu bisnis tersebut memenangi persaingan antar kompetitor di suatu industri.

Nah, jika Anda berencana terjun ke bidang ini dalam waktu dekat, namun belum terlalu paham terkait apa itu niche market, tak usah khawatir. Sebab artikel berikut akan membahas tuntas mengenai pengertian niche market, manfaat, dan juga cara menentukannya. Jangan sampai terlewat!

Apa itu Niche Market?

Singkatnya, niche market adalah proses penargetan pasar secara spesifik untuk mendapatkan calon konsumen secara tepat, sehingga persentase transaksi jual-beli yang terjadi kemungkinan akan terus berjalan dan berkembang.

Hal ini dikarenakan para pebisnis yang memanfaatkan niche market akan menjadi pusat para konsumen dalam memenuhi sebuah kebutuhan.

Dengan Anda menggunakan niche market, tentunya para calon konsumen yang mengenal bisnis Anda akan beranggapan “Kalau aku membutuhkan panci atau pisau, aku bisa membelinya di tempat si A”. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan karena Anda bisa mendapatkan konsumen yang benar-benar membutuhkan produk yang Anda tawarkan.

Mungkin banyak pebisnis yang beranggapan jika menggunakan niche market akan membatasi kesempatan mereka untuk mendapatkan pelanggan dengan jumlah lebih banyak. Sebenarnya tidak masalah, akan tetapi risiko untuk mendapatkan pelanggan potensial tentunya akan semakin sulit karena tidak semua orang membutuhkan atau tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Baca Juga : Penting! Inilah 4 Cara Menentukan Target Pasar secara Tepat

Apa Saja Manfaat Niche Market?

Ketika Anda menerapkan strategi ini, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan berikut ini:

1. Berkurangnya Persaingan Bisnis

Sumber: Pixabay.com

Dengan menentukan target pasar, secara otomatis persaingan bisnis pun akan berkurang karena belum banyak kompetitor yang memiliki target pasar seperti yang sudah Anda tentukan. Namun, kondisi ini hanya berlangsung sebentar. Nantinya pasti akan ada kompetitor lain yang juga ikut menentukan target pasar yang sama dengan Anda. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan diri untuk melakukan strategi lanjutan supaya tidak kalah bersaing dengan para kompetitor.

2. Lebih Mudah Dikenali Konsumen

Dikarenakan jumlah kompetitor sangat sedikit, maka bisnis Anda pun akan lebih mudah dikenali oleh para konsumen. Kondisi ini tentu berbeda jika terdapat banyak kompetitor yang bisa membuat brand Anda susah dikenali. Ketika produk Anda sudah dikenal banyak konsumen, besar kemungkinan mereka akan merekomendasikannya pada orang lain. Artinya, nama perusahaan Anda akan semakin menyebar luas berkat rekomendasi tersebut.

3. Dapat Lebih Fokus Menjalankan Bisnis

Anda dapat lebih memfokuskan diri untuk menjalankan bisnis Anda, karena sudah ada target pasar dan konsumen yang jelas untuk dihadapi. Setelah itu, Anda hanya perlu meningkatkan kualitas produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih optimal. Alhasil, pelanggan pun akan lebih puas berbelanja di toko Anda.

Cara Menentukan Niche Market

Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana sih cara menentukan niche market pada bisnis? Berikut kami jabarkan langkah-langkahnya:

1. Mencari Tahu Minat Bisnis Anda

Sumber: Unsplash.com

Untuk memiliki bisnis yang sukses, Anda tentu harus menyukai bidang bisnis yang Anda jalankan. Di sini, Anda perlu mencari tahu apa yang menjadi minat Anda, baru kemudian memulai bisnis sesuai dengan minat tersebut. Misalnya saja Anda menyukai olahraga, maka jadikan hobi tersebut sebagai ladang bisnis Anda, lalu carilah target pasar yang tepat.

2. Mengidentifikasi Kebutuhan Konsumen

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan dan masalah dari pelanggan. Cara yang dapat Anda lakukan untuk proses identifikasi ini adalah dengan melakukan penelitian pasar. Carilah informasi sebanyak-banyaknya melalui internet atau survey langsung untuk mendapatkan jawaban yang tepat. Melalui hasil tersebut, Anda bisa membuat produk yang menjadi solusi dari keinginan setiap pelanggan.

3. Meneliti Tingkat Kompetisi

Setelah mendapatkan produk dan target pasar dengan tepat, Anda juga perlu melakukan penelitian pada persaingan yang akan Anda hadapi. Penelitian ini dapat dilakukan menggunakan beberapa tools, seperti Google Keyword Planner, Google Trends, dan lainnya.

Masukkan kata kunci produk di salah satu tool untuk mencari tahu berapa peluang yang Anda miliki untuk bisa masuk di dalamnya. Dari situ, Anda dapat melihat apakah telah ada kompetitor yang memiliki target pasar serupa dengan Anda atau tidak. Apabila ada, maka Anda perlu mencari tahu fitur-fitur dan kelemahan yang dimilikinya. Dengan begitu, Anda dapat membuat produk Anda dengan kualitas yang lebih baik dan lebih diminati oleh konsumen.

4. Lakukan Tes Pasar

Sumber: Unsplash.com

Langkah terakhir dalam menentukan niche market adalah melakukan tes pasar untuk menindaklanjuti target yang sudah Anda tentukan. Dari tes pasar ini Anda dapat melihat apakah terdapat perkembangan atau tidak. Jika ada, maka Anda perlu terus menerapkannya. Namun jika tidak, Anda harus mencari ide lain untuk diterapkan dengan target yang tepat.

Menjalankan bisnis memang tidak mudah. Selain melakukan niche market, dibutuhkan berbagai upaya untuk bisa mempertahankan dan mengembangkan bisnis hingga mencapai kesuksesan. Hasilnya mungkin tidak instan, tapi dengan kerja keras pasti Anda perlahan akan menuai apa yang Anda impikan.

Mudah Menerapkan Niche Market Bersama RUN Market

Untuk meningkatkan penjualan maka perusahaan memerlukan penerapan niche market secara tepat, Untuk memiliki sistem informasi niche market yang tepat, RUN Market sebagai platform B2B Procurement akan menjadi solusinya. RUN Market, akan membantu Anda menyediakan data yang terukur dan akurat mengenai kompetisi pasar dan kebutuhan konsumen yang sesuai kebutuhan perusahaan dan terpercaya.

Tunggu apalagi segeralah bergabung bersama RUN Market dan dapatkan kesempatan untuk menemukan target pasar dan optimalkan keuntungan bersama kami.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.