term of payment

Term of Payment adalah Hal Mendasar dalam Proses Transaksi, Simak Penjelasannya di Sini!

Urusan transaksi antara dua entitas bisnis menjadi jantung dari aktivitas yang ada di dunia bisnis, dimanapun tempatnya. Transaksi yang terjadi secara umum selalu memiliki berbagai ketentuan yang kemudian disepakati kedua pihak. Term of payment adalah satu diantara banyak ketentuan tersebut.

Untuk pebisnis lama, term of payment adalah hal yang biasa dihadapi ketika transaksi akan dilakukan. Pembahasannya akan dilakukan saat negosiasi, untuk menemukan titik tengah dari termin pembayaran yang dilakukan atas pembelian atau transaksi yang terjadi.

Bagi Anda yang mungkin masih belum memahami konsep ini, artikel yang Anda baca akan membahas terkait pengertian, jenis-jenis term of payment, hingga manfaatnya dalam proses pengadaan barang dan transaksi bisnis, sebagai pemahaman mendasar dalam dunia bisnis.

Simak selengkapnya di bawah ini.

Mengenal Definisi Istilah Term of Payment

term of payment
Sumber : freepik.com

Term of payment adalah pembayaran termin atau dapat dipahami sebagai metode pembayaran tempo. Metode pembayaran ini dilakukan secara berjangka, tergantung pada kesepakatan yang sudah diambil antara kedua pihak yang melakukan transaksi.

Jika Anda melakukan transaksi dan memproses invoice dengan tenggat waktu 14 hari, hal ini yang disebut dengan term of payment. Pembayaran yang dilakukan dalam tempo yang sudah disepakati kemudian harus diselesaikan, dan menjadi kewajiban perusahaan setelah barang atau jasa dikirimkan oleh penyedia.

Metode pembayaran ini awam digunakan pada bisnis dengan skala menengah ke atas, karena terkait urusan teknis dan nilai transaksi yang dilakukan. Pada skala bisnis kecil, penggunaannya jarang terjadi sebab nilai transaksi yang dilakukan dan proses bisnisnya belum serumit itu.

Jenis Metode Pembayaran Tempo yang Dikenal Saat Ini

term of payment
Sumber : freepik.com

Karena mengacu pada pembayaran berdasarkan waktu tertentu, maka metode ini juga dibagi ke dalam beberapa jenis yang berbeda. Hal ini menyesuaikan dengan kesepakatan yang diambil oleh pihak yang melakukan transaksi.

Setidaknya sejauh ini dikenal 4 jenis metode yang digunakan, mulai dari cash before delivery  atau CBD, kemudian cash on delivery atau COD, yang ketiga adalah NET D Days, dan terakhir adalah NET EOM D Days. Secara singkat berikut pengertiannya.

1. Cash Before Delivery

Metode pembayaran termin ini dilakukan dengan pembayaran terhadap transaksi terlebih dahulu sebelum pesanan dikirimkan. Setelah menyepakati transaksi, pembayaran dilakukan dimuka oleh buyer, dan ketika pembayaran diterima oleh seller maka barang akan diproses untuk dikirimkan kepada buyer.

2. Cash On Delivery

Mungkin menjadi salah satu term of payment yang paling populer, karena banyak digunakan oleh marketplace sekarang ini. Pada dasarnya, metode pembayaran termin ini dilakukan ketika pihak seller menyerahkan barang pada buyer di lokasi dan waktu yang sudah disepakati. Buyer kemudian membayarkan sejumlah uang sesuai nilai kesepakatan setelah memeriksa spesifikasi barang yang sebelumnya sudah disetujui bersama.

3. NET D Days

Pada metode pembayaran termin ini, buyer akan membayar maksimal ‘d’ hari setelah penerimaan barang. Misalnya ketentuan yang disepakati adalah NET 14 Days, maka pembayaran akan dilakukan secara penuh dalam waktu 14 hari setelah barang atau jasa diterima oleh buyer.

4. NET EOM D Days

Pada metode pembayaran keempat, NET EOM D Days, maka pembayaran akan dilakukan maksimal ‘d’ hari setelah akhir bulan. EOM di sini adalah singkatan dari end of month, yang merujuk pada termin pembayarannya. Contohnya adalah NET EOM 30, artinya pembayaran secara penuh harus dilakukan 30 hari sejak akhir bulan berjalan. Pada konteks lain pembayaran ini bisa diberikan kode 5/5 NET 30, yang artinya buyer akan diberikan potongan harga sebesar 5% jika dibayar dalam waktu 5 hari setelah akhir bulan berjalan, namun tetap harus dipenuhi pembayarannya secara penuh dalam 30 hari setelah akhir bulan berjalan.

Metode pembayaran yang tersedia ini idealnya akan ditentukan oleh seller dalam penawaran barang yang dimilikinya. Tak jarang, metode pembayaran tempo atau term of payment bisa berubah sesuai kesepakatan kedua pihak jika memang ditemukan kata sepakat dalam negosiasi yang terjadi.

4 Manfaat Penggunaan Term of Payment adalah Sebagai Berikut

term of payment
Sumber : freepik.com

Jika dilihat dari penjelasan dan jenis term of payment yang ada, maka manfaat yang diperoleh akan berkaitan langsung dengan alur kas perusahaan. Cost control bisa berjalan lebih baik, karena transaksi dan pembayaran bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan perusahaan.

Secara singkat berikut manfaat term of payment untuk perusahaan dalam proses pengadaan.

  • Mengatur cost control perusahaan sehingga tetap berjalan sesuai rencana
  • Memastikan pembayaran dilakukan sesuai kesepakatan yang terjadi untuk term of payment
  • Memberikan keuntungan financial aging pada perusahaan
  • Menjadi satu pertimbangan dalam memilih penyedia dalam proses procurement

Sedikit pembahasan term of payment adalah hal yang penting untuk dipahami, sehingga perusahaan Anda tidak kebingungan saat akan melakukan pengadaan barang. Jika semua jenisnya dipahami, pertimbangan yang dilakukan dalam pemilihan penyedia bisa lebih baik, dan disesuaikan dengan rencana keuangan yang dimiliki perusahaan.

RUN Market, Platform Terbuka untuk Perusahaan dan Penyedia

RUN Market, dalam konteks bahasan term of payment adalah salah satu platform yang menyediakan keterbukaan informasi ini pada masing-masing akun penyedianya. Perusahaan bisa dengan mudah melihat term of payment yang digunakan oleh seller, sehingga pemilihan penyedia bisa dilakukan lebih baik. Dari sisi penyedia, penyertaan term of payment adalah salah satu cara menyeleksi calon klien potensial. Lebih praktis dan transparan bersama RUN Market, mari dapatkan transaksi menguntungkan dari opsi penyedia dan klien yang besar di platform ini!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 Copyright RUN System, All rights reserved.