performance bond adalah

Peran Performance Bond dalam Project Pengadaan

Eksekusi proyek yang telah dimenangkan pada proses tender wajib dilakukan sesuai dengan kesepakatan yang telah diperoleh. Hal ini menjadi hal ideal untuk setiap proses pengadaan, dan diikat dengan sebuah dokumen penting. Performance bond adalah nama dari dokumen tersebut.

Tapi apa sebenarnya arti, isi, dan manfaat dari dokumen ini? Apakah demikian penting hingga wajib ada dalam proses transaksi antara perusahaan dan vendor atau supplier?

Pada artikel ini, RUN Market akan memberikan pemahaman pada ketiga hal tersebut, agar Anda sebagai pebisnis lebih memahami apa itu performance bond. Mari mulai pembahasan dengan pengertiannya terlebih dahulu.

Baca Juga: 3 Manfaat Mass Market yang Bisa Anda Peroleh dalam Bisnis

Memahami Apa Itu Performance Bond

performance bond adalah
Sumber: freepik.com

Secara umum, performance bond adalah sebuah dokumen yang menyatakan kesanggupan supplier atau vendor dalam menyediakan apa yang diminta oleh perusahaan, sebagai kliennya. Kesanggupan ini tentu didasarkan pada kesepakatan yang telah dibentuk lebih dahulu, dan proses tender yang mungkin telah dilaksanakan.

Penyedia akan memberikan komitmennya dengan berkas ini, sebagai bentuk pertanggungjawaban atas kesanggupan yang telah dinyatakan. Secara legal dokumen ini bersifat mengikat, sebab jika apa yang tertulis di dalamnya tidak terlaksana, maka penyedia wajib bertanggungjawab, senilai dengan apa yang tercantum dalam berkas ini.

Perusahaan kemudian memiliki hak atas komitmen penyedia, dan di waktu yang sama, juga berkomitmen untuk melakukan pembayaran sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui bersama. Jadi dokumen ini akan berlaku untuk kedua pihak, sebagai wujud nyata dan legal dari komitmen transaksi antara dua pihak tersebut.

Secara regulatif, dokumen ini berlaku sesuai dengan KEPPRES Nomor 80 Tahun 2003, sifat jaminan adalah kondisional, dan kerugiannya didasarkan pada dua hal utama. Pertama melibatkan pihak lain untuk meneruskan pekerjaan yang belum selesai, dan kedua menghitung perkiraan biaya untuk melanjutkan pekerjaan hingga selesai.

Mengulik Isi dari Dokumen Komitmen Dua Pihak Tersebut

performance bond adalah
Sumber: freepik.com

Isi dari dokumen performance bond adalah poin-poin terkait dengan transaksi yang akan dilaksanakan, dan pernyataan untuk memenuhi transaksi tersebut sesuai dengan apa yang disetujui. Secara umum terdapat enam poin utama dari berkas ini yang wajib ada.

  • Pernyataan atau janji surety company untuk memberikan ganti rugi pada klien, bila kewajiban yang dimiliki penyedia sebagaimana yang telah diatur dalam kontrak yang telah ditandatangani tidak terpenuhi sesuai jadwal.
  • Kontrak kerja dari proyek juga menjadi bagian yang harus ada dalam berkas performance bond.
  • Jika penyedia telah melaksanakan kewajibannya dengan baik, maka performance bond akan berakhir masa berlakunya secara otomatis.
  • Jika penyedia ternyata masih memiliki kewajiban yang belum terpenuhi, maka berkas ini dapat diperpanjang masa berlakunya, selama sesuai dengan kesepakatan antara penyedia dan kliennya. Poin ini tercantum dalam adendum kontrak.
  • Selanjutnya jika penyedia lalai dalam memenuhi ketentuan yang disepakati maka surety company akan membayar seluruh kerugian yang dialami klien, maksimal sebesar nilai jaminan yang diberikan.
  • Untuk pengajuan ganti rugi dari klien pada surety company ditentukan dalam jangka waktu tertentu setelah berakhirnya masa berlaku berkas performance bond.

Lalu Apa Manfaatnya untuk Transaksi Bisnis?

performance bond adalah
Sumber: freepik.com

Manfaat performance bond sendiri sebenarnya dapat dilihat dari tiga sisi. Pertama dari sisi klien atau perusahaan yang melakukan pengadaan atau project, kemudian dari sisi penyedia sebagai pihak yang menyatakan kesanggupan, dan ketiga dari sisi surety company atau pihak penjamin dari berkas tersebut.

1. Manfaatnya untuk Klien

Untuk pengusaha, jika Anda dalam posisi ini, manfaat performance bond adalah untuk menyatakan adanya garansi atau perlindungan lebih ketika penyedia melakukan tindakan wanprestasi atau ketidaksesuaian pelaksanaan proyek pengadaan dengan kesepakatan.

Dengan berbekal jaminan ini, perusahaan akan lebih terjaga dari kerugian keuangan atau waktu dari project yang dilaksanakan. Bentuk komitmen tidak hanya berupa gentle agreement, namun juga memiliki landasan berkas yang legal.

2. Bagi Pihak Penyedia

Dari pihak penyedia, manfaat berkas ini adalah sebagai pengingat dan ‘pagar’ dalam melakukan pemenuhan kebutuhan yang telah diajukan oleh kliennya. Ketika terjadi hal yang diluar perkiraan, penyedia dapat kembali mengacu pada berkas dan mengupayakan semua tetap on track.

Tentu saja, ini juga akan menjadi bukti kredibilitas penyedia sebagai pelaku bisnis dalam memenuhi kesepakatan yang telah disetujui bersama.

3. Ketiga, untuk Surety Company

Atau lembaga penjamin, baik berupa perusahaan, lembaga keuangan, atau bahkan bank. Gunanya adalah untuk mendapatkan keuntungan dan kredibilitas dari perusahaan penjamin. Penerbitan performance bond adalah salah satu bentuk pendapatan dari perusahaan, karena terdapat fee yang harus dibayarkan pada penerbitannya.

Baca Juga: Mengenal Berkas Penting dalam Transaksi BKP, Sales Invoice 

Jelas, setelah melihat penjelasan di atas, keberadaan berkas ini menjadi penting dan signifikan dalam sebuah transaksi, untuk setiap pihak. Tak heran kemudian jika proses pengadaan kekinian wajib mencantumkan berkas ini, sehingga dianggap sebagai proses yang terjamin.

Urus Semua Procurement dengan RUN Market

Diselenggarakan oleh pelaku bisnis yang kredibilitasnya tidak perlu diragukan, RUN Market merupakan platform pengadaan yang handal dan memiliki sistem yang solid. RUN Market paham benar bahwa keberadaan performance bond adalah hal yang penting agar setiap pihak merasa aman dan terjamin. Maka dari itu, setiap proses pengadaan yang berlangsung di platform ini dapat mencantumkan berkas tersebut sebagai salah satu kelengkapannya. Segera gunakan RUN Market sekarang, dan maksimalkan semua fiturnya!

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.