membangun relasi

4 Alasan Kenapa Penting untuk Membangun Relasi dengan Vendor

Salah satu kunci bisnis yang sukses adalah kemampuan menjalin relasi dengan rekanan bisnis, baik kepada vendor, supplier, atau rekanan bisnis untuk urusan lain. Membangun relasi tentu tak semudah yang dibayangkan, sebab banyak faktor yang harus dipertimbangkan agar menghasilkan sebuah hubungan produktif yang menguntungkan setiap pihak.

Hubungan antara perusahaan dan vendor, dalam hal ini, akan dibahas lebih lanjut. Tidak saja karena vendor akan membantu proses pengadaan barang dan jasa yang diperlukan, namun lebih kepada simbiosis mutualisme yang terjalin untuk jangka panjang, dan elemen reliabilitas yang dapat diberikan pada masing-masing entitas bisnis.

Baca Juga: Pengendalian Mutu: Manfaat, Contoh, dan Jenisnya

Mengapa Kemudian Penting untuk Membangun Relasi?

membangun relasi
Sumber: freepik.com

Secara langsung, vendor akan terlibat dalam rantai produksi dan distribusi yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan memiliki hubungan baik dengan vendor terkait, maka Anda sebagai pemilik perusahaan juga akan memperoleh jaminan pada kondisi produksi dan distribusi produk yang optimal.

Ada beberapa alasan kenapa penting untuk membangun relasi yang produktif dengan vendor yang Anda miliki, dan dirasa dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Beberapa dapat Anda simak di bawah ini.

1. Mitra Kerjasama yang Baik

Membangun relasi artinya membuat serangkaian kesepakatan yang disetujui bersama, karena dapat mendatangkan keuntungan di kedua pihak. Dengan relasi yang baik dengan vendor, Anda akan memiliki mitra kerjasama yang baik, yang sangat menguntungkan di dunia bisnis.

Sedikit effort mungkin diperlukan untuk menjalin relasi ini. Namun ketika sudah ada kepercayaan dan keuntungan yang terlihat dari kerjasama yang dibangun, maka secara ideal kerjasama akan terjalin terus menerus, yang berarti Anda memiliki mitra jangka panjang untuk urusan vendor tersebut.

2. Efisiensi Administrasi Vendor

Disadari atau tidak urusan administrasi vendor merupakan urusan yang terkadang memakan banyak waktu. Terlebih ketika melakukan onboarding mitra vendor baru, banyak hal harus dicatat dan didata sehingga kerjasama yang terjadi benar-benar tercatat dengan akurat.

Ketika bisnis Anda berhasil membangun relasi yang baik dengan vendor-vendor yang terbaik menurut standar perusahaan, urusan administrasi ini akan menjadi jauh lebih mudah. Data yang diperlukan terkait vendor cenderung sama, hanya perlu mengubah transaksi dan nilai yang ada pada bisnis berjalan.

3. Menghemat Biaya Operasional

Tentu untuk Anda yang telah lama berkecimpung pada urusan kerjasama dengan vendor paham benar betapa repotnya mencari vendor baru, proses yang harus dijalani, hingga biaya yang dihabiskan dalam mencapai deal sebuah kerjasama bukan?

Ketika memiliki relasi yang baik dengan vendor tertentu, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan pada biaya operasional. Misalkan saja, Anda telah memiliki vendor kepercayaan untuk urusan tertentu, maka jasa yang mereka sediakan dapat terus digunakan sesuai dengan kesepakatan, tanpa Anda perlu membuka tender pada project yang akan dilakukan.

4. Sinergi yang Produktif

Seiring berjalannya waktu, kerjasama yang terjalin tentu akan semakin erat. Pemahaman profesional satu dengan yang lain semakin baik, sehingga pada satu titik tertentu akan terjadi sinergi antara perusahaan Anda dan vendor.

Apa yang dibutuhkan perusahaan dapat dengan mudah terbaca oleh vendor, dan apa yang diminta vendor sebagai harga dari pemenuhan kebutuhan tersebut dipahami perusahaan. Kerjasama seperti ini akan menjadi dasar yang kuat untuk pengembangan perusahaan jangka panjang.

Lalu dengan Alasan-Alasan Tersebut, Bagaimana Cara Membangunnya?

membangun relasi
Sumber: freepik.com

Setelah memahami keempat alasan mendasar mengapa penting untuk membangun relasi dengan vendor, tentu Anda juga memerlukan cara dan tips bagaimana cara membangun kerjasama yang produktif.

Ada beberapa cara yang sebenarnya terbilang sederhana, namun sifatnya sangat penting untuk dilakukan dan terkadang disepelekan.

  • Pertama, sampaikan informasi transparan terkait apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Spesifikasi produk atau jasa, harga yang dapat diberikan, keuntungan, insentif, prospek, sampaikan pada vendor sebagai bentuk trust perusahaan pada vendor. Dengan dasar kepercayaan yang kuat dan dibarengi kontrak yang jelas, vendor juga akan memberikan trust pada perusahaan dan kerjasama yang dijalin.
  • Kedua, pahami kebutuhan dan bisnis milik vendor. Dalam kerjasama ini, tidak hanya perusahaan yang membutuhkan keuntungan. Vendor juga merupakan unit usaha yang membutuhkan keuntungan dari transaksi yang dilakukannya. Pastikan perusahaan memahami hal ini, dan berikan penawaran yang menarik pada vendor agar mau bertahan dalam jangka waktu yang panjang.
  • Ketiga, mengenai komitmen kedua belah pihak. Terkait dengan trust yang disebutkan di poin pertama tadi, komitmen ini juga wajib menjadi bagian dari rasa saling percaya tersebut. Komitmen kedua pihak untuk menjalin transaksi yang saling menguntungkan, terbuka, dan fair harus diperoleh, sebagai jaminan atas project yang akan dilakukan.
  • Keempat, ketepatan waktu dan informasi dalam transaksi. Setiap transaksi yang akan dibuat harus tepat secara informasi yang ada di dalamnya atau estimasi waktu pemesanan. Dengan kedua hal ini, maka kepercayaan akan tumbuh antara kedua pihak dan rasa saling diuntungkan akan diperoleh.

Baca Juga: 3 Manfaat dan Prosedur Request For Quotation dalam Bisnis

Sebenarnya untuk membantu relasi yang kuat dengan vendor yang diperlukan adalah komitmen antara perusahaan dan vendor yang dimaksud. Dengan komitmen bersama dan kontrak yang jelas, relasi akan memiliki dasar yang kuat dan bertahan untuk jangka waktu yang lama.

RUN Market, Ekosistem Kerjasama yang Lebih Produktif

Dengan kehadiran RUN Market dalam urusan pengelolaan hubungan vendor dan perusahaan, idealnya upaya membangun relasi yang diperlukan akan menjadi lebih mudah. Dengan proses pengadaan barang dan jasa dalam bentuk online tender atau tender elektronik yang menjadi dasar operasionalnya, RUN Market memungkinkan kolaborasi yang lebih efisien untuk perusahaan Anda dan vendor. Opsi vendor juga terbuka luas, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Maka dari itu, segera bergabung dengan RUN Market, dan maksimalkan setiap fiturnya!

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.