pengiriman cargo

Jenis Pengiriman Cargo, Sesuai untuk Distribusi Skala Besar

Urusan distribusi sejatinya merupakan bagian vital dari sebuah bisnis. Dalam skala kecil, jasa ekspedisi dan pengiriman barang bisa saja digunakan. Namun bagaimana jika yang harus dikirimkan adalah tiang pancang? Alat berat? Atau material bangunan? Maka pengiriman cargo adalah jawaban terbaik atas kebutuhan ini.

Pengiriman jenis ini sendiri memang memiliki segmen pasar yang berbeda dengan pengiriman ekspedisi pada umumnya. Pengiriman cargo memiliki kapasitas kirim yang lebih besar, sehingga dapat mengakomodir berbagai keperluan pengiriman.

Untuk Anda pebisnis yang tengah merencanakan metode distribusi untuk produk yang Anda miliki, maka simak penjelasannya hingga selesai.

Baca Juga: 5 Fungsi Safety Stock dalam Pengelolaan Persediaan Gudang, Simak di Sini!

Mengenal Pengiriman Cargo

Secara umum, jenis pengiriman ini merupakan layanan distribusi yang dapat memberikan kapasitas pengiriman yang besar, baik dari segi volume, atau segi bobot barang. Untuk memanfaatkannya, terdapat berat minimum yang harus dicapai.

Pengiriman ini menerapkan ongkos kirim per kilogram, atau satuan berat lain, dengan lebih terjangkau. Jadi untuk perhitungan pengiriman barang yang berukuran besar, biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih rendah daripada menggunakan pengiriman reguler atau ekspedisi biasa.

Sederhananya, pengiriman cargo merupakan jenis pengiriman yang dapat melayani distribusi barang dengan ukuran besar dari satu lokasi ke lokasi lain, dengan biaya yang lebih terjangkau untuk pelaku bisnis.

Opsi Pengiriman Cargo yang Dapat Digunakan

pengiriman cargo
Sumber: freepik.com

Karena berfokus pada pengiriman barang berukuran besar, maka moda transportasi yang digunakan akan menjadi salah satu kategori dalam pembagian jenis pengiriman ini. Mulai dari penggunaan pesawat terbang, kapal laut, kereta, hingga truk, berikut penjelasan singkatnya.

1. Pengiriman dengan Pesawat

Pengiriman dengan pesawat menjadi salah satu opsi yang bisa Anda gunakan. Jasa pengiriman ini idealnya menjadi opsi utama karena waktu pengiriman yang lebih cepat, sehingga tidak mengganggu proses bisnis.

Namun demikian harga yang ditawarkan untuk pengiriman ini lebih tinggi dari jenis pengiriman lainnya. Hal ini jelas menyangkut biaya operasional angkutan udara, yang memang lebih tinggi daripada jalur distribusi lain.

Jenis ini kemudian memiliki tiga kategori berbeda. Pertama general cargo, yang digunakan untuk mengirim barang-barang tanpa penanganan khusus, dan kedua special cargo, yakni pengiriman yang memerlukan pengiriman barang-barang dengan treatment khusus.

2. Kedua, dengan Kapal Laut

Menjadi salah satu jenis pengiriman cargo paling klasik, jenis ini masih digunakan dan terbukti efektif hingga saat ini. Meski memang estimasi waktu tiba jauh lebih lama jika dibandingkan dengan pengiriman menggunakan jalur udara, namun biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman ini adalah yang paling terjangkau.

Jangkauan pengiriman yang luas menjadi salah satu kelebihan, di samping kapasitas pengiriman yang lebih besar. Jenis ini cocok untuk Anda yang ingin mengirimkan barang berukuran besar tanpa harus mengejar target pengiriman yang ketat.

Cermati perbedaan rute linier dan rute tramper. Rute linier menawarkan biaya yang jelas, jalur yang terencana, dan terdapat perkiraan waktu sampai yang jelas. Sedangkan rute tramper memiliki jadwal, tujuan, dan biaya yang lebih fleksibel karena dipengaruhi banyak faktor.

3. Jenis Pengiriman dengan Kereta

Jenis ketiga adalah pengiriman menggunakan jalur darat dengan kereta. Pengiriman ini memiliki jalur yang jelas dan jadwal tiba yang cukup tepat waktu, harga yang terjangkau, dan mampu mengakomodir pengiriman dalam jumlah besar.

Dalam model pengiriman menggunakan kereta, Anda bisa mencermati dua kategori pengirimannya. Pertama kategori express, yakni pengiriman yang dilakukan bersama dengan kereta penumpang namun dilengkapi gerbong barang, dan jenis parcel, yang secara khusus hanya memiliki gerbong barang dalam satu rangkaian keretanya.

Meski demikian salah satu tantangan yang harus disadari adalah bahwa jangkauan kirimnya akan terbatas pada jalur kereta yang tersedia saja.

4. Terakhir, dengan Truk

Masih jalur darat, jenis keempat adalah pengiriman menggunakan truk. Dengan kapasitas angkut yang memiliki batasan jelas, jenis ini cocok untuk Anda yang ingin mengirimkan barang dalam lingkup satu pulau.

Ketepatan waktu yang cukup longgar karena bergantung pada kondisi jalan, pengemudi, dan kondisi truk jadi salah satu tantangan dari jenis ini. Namun demikian, fleksibilitas pada kapasitas truk yang digunakan dapat menjadi sebuah keuntungan tersendiri karena dapat meningkatkan efisiensi distribusi yang dilakukan.

Menilik Manfaat Pengiriman Jenis Ini

Jika berbicara manfaatnya untuk bisnis, maka tidak akan lepas dari keunggulan yang ditawarkannya.

  • Pertama, dapat mengakomodir keperluan pengiriman barang dalam jumlah dan ukuran besar. Hal ini memudahkan proses distribusi karena barang tidak perlu dikirim secara terpisah.
  • Kedua, efisiensi biaya pengiriman barang. Disebabkan karena tarif per satuan berat yang lebih ekonomis, maka urusan distribusi dan pengiriman barang akan dapat ditingkatkan efisiensinya dari segi biaya.
  • Ketiga, cakupan wilayah pengiriman global. Meski hal ini juga dimiliki oleh jenis pengiriman lain di era modern, namun pengiriman cargo dapat membantu Anda mendistribusikan produk dalam jumlah besar ke setiap penjuru dunia.

Kenali Perbedaannya, Pilih dengan Bijak

pengiriman cargo
Sumber: freepik.com

Untuk urusan bisnis, memilih jenis pengiriman yang tepat dapat membawa pengaruh masif pada pengelolaan keuangan perusahan Anda. Maka dari itu, Anda wajib mengenali perbedaan pengiriman cargo dan reguler, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Pengiriman Cargo

  • Pengiriman barang dengan jumlah besar, baik dari segi ukuran atau bobot barang
  • Memiliki minimum berat yang disarankan, idealnya di atas 10 atau 15 kilogram
  • Tarif per satuan berat barang yang lebih rendah
  • Estimasi waktu tiba yang lebih lama

Pengiriman Reguler

  • Pengiriman barang dalam jumlah kecil, baik dari segi ukuran atau bobot barang
  • Tidak memiliki minimum berat barang
  • Tarif per satuan berat barang lebih tinggi
  • Estimasi waktu tiba yang lebih cepat

Baca Juga: Urusan Distribusi Produk, Ini 4 Tujuan Utamanya 

Urusan pengiriman jelas harus menjadi perhatian dalam distribusi produk Anda kepada pelanggan atau perusahaan mitra bisnis. Untuk mengelolanya, diperlukan sistem yang solid, sehingga tidak ada kesalahan yang terjadi pada sektor distribusi ini. RUN market, kemudian hadir menjadi sebuah platform pengadaan yang turut dapat membantu urusan ini.

RUN Market, Platform Produktif untuk Bisnis Anda

Dengan fitur yang dimilikinya, RUN Market mampu membantu urusan pengiriman cargo yang Anda perlukan. Semua akan dapat terlacak pada sistem dan dashboard yang Anda miliki, sehingga kontrol menjadi lebih baik. Segera gunakan RUN Market, dan temukan deal terbaik untuk bisnis Anda!

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.