payment

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Payment dalam Procurement

Untuk menyelesaikan sebuah transaksi yang berjalan, payment akan diberikan dari perusahaan pada penyedia yang telah bersepakat atas sebuah kontrak. Tentu saja, pembayaran ini juga wajib dilakukan sesuai dengan kesepakatan, sehingga seluruh poin yang tercantum dalam kontrak benar-benar terlaksana.

Dalam proses procurement sendiri, payment atau pembayaran adalah proses akhir yang menutup terjadinya transaksi. Setelah semua pesanan datang dan diperiksa, dipastikan sesuai dengan berkas pesanan yang dikirim, atau setelah proses retur dilakukan dan beres, baru kemudian pembayaran akan invoice akan dilakukan.

Namun apakah sesederhana itu saja?

Untuk mencermatinya lebih jauh, mari simak penjelasan berikut ini.

Baca Juga: Cermati Peraturan & Tahapan Tender Pengadaan di Sini!

Apa Itu Payment?

payment
Sumber: freepik.com

Dalam istilah bahasa Indonesia disebut dengan pembayaran, adalah proses mengirimkan sejumlah dana pada penyedia atau pihak rekan bisnis setelah transaksi yang dilakukan dianggap selesai sesuai dengan kesepakatan.

Meski menjadi tanda selesainya sebuah transaksi atau pengadaan barang atau jasa, namun bukan berarti payment adalah tahap terakhir dari tahapan transaksi yang dilakukan. Pada beberapa skenario, pembayaran dilakukan sebelum barang atau jasa dikirimkan, dan hal ini sah saja selama hal tersebut merupakan kesepakatan setiap pihak yang terlibat.

Pembayaran sendiri kemudian dapat dilakukan dengan banyak metode yang tersedia, sekali lagi, selama disepakati oleh kedua pihak. Mulai dari pembayaran tunai, menggunakan cek, transfer antar bank, kartu kredit, pembayaran digital lain. Adanya integrasi pembayaran juga memudahkan transaksi di era kekinian, sehingga bisnis menjadi semakin fleksibel.

Proses Pembayaran yang Ideal Digunakan dalam Procurement

payment
Sumber: freepik.com

Untuk proses pembayaran sendiri sebenarnya akan menyesuaikan dengan metode pembayaran yang akan digunakan. Namun secara umum, proses pembayaran akan dilakukan dengan kesepakatan yang disetujui dua pihak.

Setelah transaksi disetujui, maka pembayaran sudah dapat dilakukan. Hal ini terjadi pada metode pembayaran cash before delivery, dimana seorang pembeli atau perusahaan harus membayarkan produk sebelum dikirim.

Pada skenario lain, proses pembayaran baru akan dilakukan ketika barang yang dikirim oleh penyedia sampai di fasilitas milik pembeli. Tentu, sebelum dilakukan pembayaran, akan dilihat dahulu bagaimana kondisi dan kesesuaian barang dengan spesifikasi yang diminta.

Secara umum, setelah transaksi disepakati, transaksi akan diproses oleh penyedia, invoice dari penyedia dapat diajukan setelah transaksi selesai, kemudian masuk pada bagian keuangan dari perusahaan. Setelah mendapatkan konfirmasi barang sudah sesuai, maka invoice akan diproses sesuai dengan tanggal dan metode pembayaran yang tertera di dalamnya.

Metode Pembayaran yang Digunakan

payment
Sumber: freepik.com

Atau dikenal dengan istilah term of payment, merupakan cara pembayaran yang mencakup mengenai waktu pembayaran dan syarat serta ketentuan yang berlaku. Dikenal sedikitnya lima term of payment yang dapat digunakan, dan disesuaikan dengan transaksi yang dilakukan.

  • Cash before delivery, merupakan metode pembayaran yang mengharuskan pembeli atau perusahaan untuk melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum barang di kirim. Idealnya, digunakan dalam transaksi pembayaran yang nilainya tidak besar.
  • Cash on delivery, metode ini digunakan dengan cara membayar saat barang yang diminta tiba di fasilitas pembeli. Pembayaran dilakukan pada pihak pengantar.
  • Cash in advance, pembayaran ini dilakukan dengan mengirimkan uang pada penyedia, kemudian penyedia mengirimkan barang yang di pesan. Pada dasarnya, barang tidak dikirim sebelum dilakukan pembayaran.
  • Net D Days on Payment Term, metode ini digunakan dengan membayar dengan ketentuan batas pembayaran yang ada. Misalnya ketentuan Net 20 Days, artinya perusahaan harus melakukan pembayaran penuh dalam waktu 20 hari setelah barang tiba.
  • Net EOM Days, merupakan metode pembayaran maksimal sekian hari setelah akhir bulan. Misalnya Net EOM 30, artinya pembayaran penuh dilakukan maksimal 30 hari sejak akhir bulan berjalan.

Pemilihan metode pembayaran ini juga akan menentukan proses payment yang dilakukan perusahaan, sehingga harus dilakukan dengan cermat dengan banyak pertimbangan strategis.

Pengelolaan Pembayaran Transaksi dengan Integrasi Pembayaran

payment
Sumber: freepik.com

Di era modern sekarang ini, adanya integrasi pembayaran membuat transaksi yang dilakukan menjadi semakin mudah dan praktis. Pemilihan platform pembayaran tidak lagi menjadi soal, selama kedua pihak telah bersepakat.

Transaksi yang dilakukan dapat dengan mudah dibayarkan sesuai dengan tanggal atau jatuh tempo pembayarannya. Pembayaran menggunakan uang tunai, menggunakan cek, transfer antar bank, kartu debit dan kredit, hingga platform internasional seperti Paypal, dapat dilakukan, dengan fasilitas pembayaran yang sudah terintegrasi.

Jelas, transaksi seperti ini membutuhkan dukungan yang solid dari platform pengadaan yang Anda lakukan

Baca Juga: Reverse Auction: Pengertian, Contoh, dan 3 Tips Pentingnya 

Transaksi pengadaan barang di era kekinian akan sangat terbantu dengan berbagai fitur pembayaran yang tersedia. Menyadari hal ini, RUN Market kemudian berupaya mengakomodir kepentingan setiap pihak agar procurement yang dilakukan berjalan dengan lebih lancar.

RUN Market, Platform Pengadaan Barang Terbaik untuk Anda

Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, RUN Market dapat memfasilitasi setiap kepentingan yang dimiliki oleh perusahaan sebagai buyer atau seller. Semua fitur yang disematkan di dalam sistemnya solid dan teruji, sehingga transaksi pengadaan barang dapat berlangsung dengan efektif. Jelas, perihal payment tidak mungkin dilewatkan, karena pembayaran dalam platform ini juga dirancang sedemikian rupa agar dapat memudahkan pelaku bisnis. Gunakan RUN Market sekarang juga, dan maksimalkan setiap fiturnya!

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.