Beralih ke Bisnis Digital Sekarang, Ini 4 Alasan Utamanya
Frasa ‘bisnis digital’ tentu tak lagi asing di telinga semua orang, di era modern seperti sekarang ini. Dengan keberadaan jaringan internet yang demikian luas dan pemanfaatannya yang optimal, bisnis konvensional kini mulai beralih ke platform digital untuk beradaptasi dan mengikuti perkembangan masa.
Namun sebenarnya apa yang dimaksud bisnis digital itu? Apakah mudah untuk beralih dari bisnis konvensional ke bentuk digital?
Untuk perusahaan yang hingga saat ini masih bertahan dengan metode konvensional, mungkin frasa tersebut terasa seperti hal yang mahal, tidak tercapai, atau tantangan lain. Namun sejatinya beralih ke model bisnis digital tidak sesulit itu.
Baca Juga: Restock dalam Rantai Pasok Perusahaan, Seberapa Penting?
Pertama, Mari Pahami Apa Itu Bisnis Digital
Bisnis digital dapat dipahami sebagai jenis bisnis yang melakukan penjualan produk atau aktivitasnya secara online, baik melalui aplikasi atau melalui website resminya. Dengan menggunakan bisnis model ini, perusahaan dapat memperoleh berbagai benefit yang dapat dimaksimalkan untuk kepentingan perusahaan.
Bisnis digital kemudian secara umum digunakan di banyak sektor. Tentu mungkin hal ini akan identik dengan bisnis modern, seperti startup yang mengandalkan aplikasi, kemudian agensi digital, bidang periklanan, bidang promosi, bidang konten, dan sebagainya.
Namun pada akhirnya, bisnis konvensional seperti perusahaan manufaktur atau perusahaan lain juga beralih ke model ini. Tujuannya sederhana, untuk terus memperoleh keuntungan dan memaksimalkan fitur-fitur terkini untuk meraih lebih banyak keuntungan dan pengembangan bisnis di masa yang akan datang.
Tapi Mengapa Harus Beralih ke Model Digital? Apa Keuntungannya?
Bisnis digital akan erat kaitannya dengan internet. Maka dari itu, keuntungan dan alasan mengapa Anda harus beralih ke model digital akan berkaitan dengan optimalisasi internet sebagai media pemasaran, kolaborasi, dan penjualan produk.
1. Migrasi Besar-Besaran
Hingga saat ini proses migrasi bisnis ke model digital terus terjadi. Di setiap sektor dan jenis industri, digitalisasi terus terjadi untuk memanfaatkan apa yang disediakan internet sehingga dapat meningkatkan keuntungan.
Tentu ini jadi salah satu alasan kenapa Anda harus beralih ke bisnis model ini. Ketika semua pesaing dan pelaku industri sudah berada di platform digital, Anda wajib turut masuk ke ranah ini untuk mengoptimalkan apa yang tersedia.
2. Strategi Pemasaran Lebih Terarah
Salah satu fitur utama dan alasan untuk beralih ke platform digital adalah Anda dapat menyusun strategi pemasaran yang lebih terarah. Setiap konten memiliki segmen tersendiri, sehingga penargetan pasar dapat dilakukan lebih efektif.
Hal ini berlaku untuk Anda yang bergerak di sektor B2C dan B2B. Data yang terhimpun dapat dianalisis dengan lebih cepat dan akurat, menggunakan tools yang tersedia. Dengan banyak fitur ini, bisnis Anda dapat menyusun strategi lebih akurat dan efisien sehingga pencapaian target lebih optimal.
3. Digital Berarti Global
Pada dasarnya internet memungkinkan satu orang terhubung dengan orang lain di setiap belahan dunia. Maka dari itu ketika bisnis Anda beralih ke model digital, maka Anda juga memiliki potensi pelanggan dari seluruh dunia.
Akan berdampak baik bagi potensi keuntungan Anda bukan?
Pasar global pada akhirnya terbuka, dan menjadi kesempatan sekaligus tantangan. Kesempatan, karena Anda bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan, dan tantangan, karena Anda harus bersaing dengan bisnis dari seluruh dunia.
4. Kepuasan Pelanggan yang Lebih Baik
Pada bisnis model digital, Anda dapat terhubung secara langsung dengan pelanggan. Bagian CS yang bekerja dengan optimal akan dapat berfokus pada pelanggan yang mengajukan masukan, komplain, atau feedback.
Dengan demikian kepuasan pelanggan dapat lebih mudah diberikan karena pelayanan diberikan secara langsung pada pelanggan Anda tanpa perantara. Pelanggan lebih mudah menjangkau bisnis, layanan, dan produk yang disediakan.
Mulai Migrasi Bisnis Anda Sekarang
Cukup banyak cara yang bisa ditempuh untuk menjadikan bisnis Anda sebagai sebuah bisnis digital. Pemanfaatan berbagai platform dapat dilakukan, sehingga perpindahan ini terjadi secara efektif dan efisien.
- Website, dapat menjadi jangkar dari setiap aktivitas digital yang bisnis Anda miliki. Anda bisa membuat website pada penyedia jasa ini, dan mendesainnya sesuai dengan selera dan kebutuhan bisnis Anda. Nantinya, setiap kanal dan platform lain idealnya akan terhubung ke website sebagai pusat informasi bisnis dan produk yang Anda miliki.
- Media sosial, dapat dimanfaatkan sebagai kanal pemasaran atau pendekatan pada pasar yang Anda miliki, agar memperoleh awareness tinggi dari masyarakat.
- Marketplace dan e-commerce, menjadi platform utama yang dapat digunakan untuk memasarkan produk yang Anda miliki, baik berupa barang atau jasa. Anda bisa menggunakan keduanya saat memerlukan platform penjualan searah atau dua arah.
- ERP, tidak hanya soal transaksi dengan pihak lain, penggunaan ERP dalam bisnis Anda secara internal juga dapat menjadi wujud perpindahan bisnis dari analog ke model digital. Semua data dan informasi dapat dikelola dengan satu platform yang ada di dalam perusahaan, sehingga kolaborasi antar divisi dapat dilakukan dengan lebih efektif. Penggunaan ERP juga dapat menunjang banyak proses bisnis baik internal atau eksternal, sehingga efisiensi kerja semakin baik.
Baca Juga: Penting! Wajib Dibaca Sebelum Memutuskan Jadi Pemasok
RUN Market, merupakan salah satu platform besar yang dapat digunakan untuk mengakomodir kebutuhan bisnis yang Anda miliki. Berbasis platform digital, RUN Market menyediakan ekosistem produktif untuk seller dan buyer dapat bertemu, dan melakukan transaksi yang menguntungkan.
Dalam konteks bisnis digital, keberadaan RUN Market praktis akan banyak membantu perusahaan kekinian. Jika Anda memiliki kebutuhan pengadaan, Anda dapat dengan mudah menemukannya di sini. Jika Anda memiliki produk yang ingin dijual pada perusahaan, Anda juga dapat menjajakannya di platform ini. Semua dapat dilakukan dengan basis sistem yang solid dan kuat, sehingga kepentingan setiap orang dapat terakomodir dengan baik.
RUN Market, Platform Bisnis Digital Kekinian untuk Anda
Menyajikan layanan yang modern, praktis, dan efisien, RUN Market senantiasa hadir untuk membantu bisnis digital yang ada saat ini. Dengan sistem yang didesain untuk kenyamanan penggunanya, baik seller maupun buyer akan mendapatkan apa yang dibutuhkannya dalam waktu singkat. E-Procurement dari RUN Market jelas membantu bisnis digital yang ada saat ini, dengan kemudahan yang disediakannya dan kelengkapan opsi produk yang ada. Segera gunakan RUN Market sekarang, dan maksimalkan semua fiturnya!
