e-katalog

5 Manfaat E-Katalog bagi Perusahaan dan Konsumen

Anda tentu setuju bahwa hampir semua pelaku bisnis akan membuat katalog produk untuk mempermudah konsumen atau konsumen memilih produk yang ditawarkan. Hingga saat ini, sudah banyak perkembangan yang dilakukan untuk membuat katalog produk semakin menarik. Salah satunya adalah dengan menerapkan e-katalog atau katalog elektronik. Untuk informasi cara kerja dan manfaatnya bagi konsumen dan perusahaan, simak ulasannya di bawah ini.

Katalog elektronik atau e-katalog adalah tempat atau platform khusus yang berisi tentang informasi produk, baik itu berupa barang atau jasa. Informasi yang dimuat dalam katalog tidak hanya seputar daftar produk dan harga jualnya saja. Namun juga deskripsi mengenai keunggulan produk hingga ketersediaan produk yang siap jual. Bahkan terkadang ada juga e-katalog yang mampu membandingkan suatu produk dengan produk sejenis lainnya.

Hal yang perlu dipahami adalah e-katalog dibuat tidak hanya akan memberikan kemudahan bagi konsumen, tapi perusahaan sebagai penjual produk juga akan memperoleh manfaatnya. Simak manfaatnya lebih detail.

Baca Juga: Serba-serbi Spesifikasi Produk dalam Bisnis, Simak Detalnya!

Manfaat bagi Konsumen

1. Lebih mudah mendapat informasi detail

E-katalog adalah sistem penyimpanan informasi berbasis website sehingga konsumen dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun. Konsumen dengan perangkat dan jaringan internet dapat dengan mudah memeriksa informasi terbaru dan paling lengkap secara resmi. Bahkan pada beberapa sistem terdapat fitur pencarian atau search product untuk semakin memudahkan konsumen. Apalagi jika perusahaan memiliki varian dan kategori produk yang banyak.

2. Mengetahui informasi terbaru

Pembaruan informasi seperti ketersediaan produk akan sangat dibutuhkan bagi konsumen, terutama konsumen yang biasa membeli dalam jumlah besar. Dengan adanya e-katalog, pembaruan informasi ini akan dengan mudah dilakukan sekaligus disebarkan secara luas. Tidak hanya produk lama dengan penggemarnya masing-masing, Anda juga dapat memasukkan produk baru beserta detail harganya.

3. Mempermudah membuat keputusan

Masih berkaitan dengan informasi ketersediaan produk, konsumen juga akan lebih cepat mengetahui jumlah produk menipis. Hal ini akan sangat berhubungan dengan keputusan untuk segera membeli produk tersebut. Apalagi jika produk Anda memiliki banyak penggemar atau tingkat penjualan yang tinggi.

4. Mendukung pengalaman konsumen

Berdasarkan suatu penelitian, konsumen yang memilih menyelesaikan masalahnya sendiri dengan panduan informasi lengkap, seperti dari e-katalog, dibanding harus menghubungi tim customer service bisa mencapai 81%. Artinya, mereka akan lebih suka jika Anda menyediakan self-service, terutama terkait informasi produk. Bagi konsumen, hal ini akan mengefektifkan alur belanja.

5. Memudahkan proses validasi konten

Khusus bagi konsumen yang berperan sebagai vendor untuk perusahaan lain, e-katalog akan sangat membantu mereka menyalurkan informasi produk. Selain itu, proses analisis dan validasi konten oleh perusahaan pengguna produk juga lebih mudah.

Sumber: Unsplash

Manfaat Bagi Perusahaan

1. Meningkatkan konversi

Dalam bidang pemasaran, konversi adalah tindakan lanjut yang dilakukan pengunjung website atau toko online perusahaan. Baik itu berupa pembelian produk atau kegiatan memasukkan produk ke keranjang. Salah satu cara meningkatkan konversi ini adalah dengan membuat informasi pada e-katalog selengkap mungkin.

2. Proses pemesanan produk lebih efektif dan efisien

Berkaitan juga dengan poin sebelumnya, secara tidak langsung perusahaan akan membuat proses pemesanan produk oleh konsumen lebih efektif dan efisien. Tidak hanya mudah, Anda juga dapat mengintegrasikan informasi pemesanan ini kepada tim pengemasan atau tim gudang. Proses pengiriman dapat dilakukan sesegera mungkin tanpa harus ada laporan dari tim penjualan. Dampak lainnya tentu saja pekerjaan menjadi lebih cepat selesai.

3. Memperluas pasar

Dengan logika mudahnya informasi produk diakses oleh siapapun, maka secara langsung pasar Anda juga akan lebih luas. Secara berkesinambungan, hal ini akan membuat penyerapan produk Anda oleh pasar berlangsung lebih cepat. Strategi pemasaran yang dipilih juga akan lebih efektif ketika konten marketing selalu menunjukkan info katalog elektronik.

4. Penetapan harga jual menjadi lebih terkontrol

Perusahaan berskala besar dengan karyawan yang sangat beragam memiliki risiko adanya kecurangan dalam hal menentukan harga. Salah satu bentuknya adalah dengan menaikkan harga produk tanpa sepengetahuan perusahaan. Untuk mencegahnya, katalog elektronik adalah solusi mudah yang bisa diterapkan. Sehingga perusahaan dapat terus memberikan edukasi kepada konsumen untuk selalu mengecek info resmi dari sumber terpercaya.

5. Bentuk pelayanan konsumen

Seperti yang telah sempat disinggung di atas, kalatog elektronik juga termasuk dalam bentuk pelayanan konsumen dengan memaksimalkan teknologi yang ada. Secara jangka panjang, hal ini juga akan memengaruhi peningkatan kepuasan konsumen. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah pengelolaan data pada e-katalog juga harus dilakukan secara serius dan berkala.

Sumber: Pixabay

Baca Juga: Penting! Jangan Membuat  Katalog Produk Sebelum Membaca Ini

Melihat besarnya manfaat e-katalog di atas, perusahaan harus serius dalam membuatnya. Artinya, perlu adanya sistem yang mampu menjalankan fungsi manajemen terhadap data produk yang dibutuhkan. Pengelolaan data produk yang dimaksud seperti ketersediaan produk yang diintegrasikan dengan tim lain. Hal ini agar manfaat yang didapatkan konsumen dan perusahaan maksimal. Sehingga pembeli atau konsumen akan mengetahui apakah suatu produk dapat dipesan atau tidak. RUN Market hadir sebagai sistem yang akan membantu perusahaan melakukan manajemen e-katalog hingga data penjualan. Bahkan Anda bisa mendapatkan laporan semua kegiatan perusahaan dengan cepat melalui RUN Market Seller. Temukan lebih banyak info mengenai RUN Market dengan mengikuti tautan ini.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.