katalog produk

Penting! Jangan Membuat  Katalog Produk Sebelum Membaca Ini

Sebagian besar dari Anda mungkin sudah mengenal istilah katalog produk. Terlebih jika Anda adalah seorang pelaku usaha dan memiliki beberapa varian barang yang harus Anda tawarkan.Banyak penawaran produk, yang pada akhirnya menjadi ringkas dan mudah dengan keberadaan katalog tersebut.

Ingin tahu, apa pengertian katalog produk, fungsi, manfaat dan komponen yang ada di dalamnya juga? Yuk kita pahami bersama di bawah ini.

Pengertian Katalog Produk

Sebelum membahas mengenai fungsi katalog produk ada baiknya Anda paham terlebih dahulu apa pengertian dari katalog produk. Katalog produk merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai alat publikasi guna mempromosikan barang dagangan atau produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Melalui katalog produk, perusahaan dapat menyampaikan secara rinci setiap produk atau jasa yang disediakan atau dijual oleh perusahaan secara langsung kepada para pelanggan. Katalog produk layaknya sebuah media informasi dari perusahaan yang berisikan koleksi serta daftar produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Katalog produk dikenal praktis dalam menyampaikan semua jenis informasi karena pada umumnya katalog juga bisa dikatakan sebagai alat presentasi dari fitur-fitur pada perusahaan. Didalam katalog produk juga terdapat tentang bagaimana hubungan perusahaan dengan pelanggan, profil perusahaan, dan yang paling penting ialah menjelaskan kualitas dari suatu produk atau jasa dari perusahaan tersebut.

Umumnya katalog produk sering dijumpai ditempat-tempat tertentu seperti perpustakaan, pusat perbelanjaan, restaurant, dan banyak tempat lainnya. Semakin menarik desain suatu katalog dari perusahaan makan akan berpotensi dalam meningkatkan nilai jual dari produk yang dipasarkan.

Fungsi Katalog Produk

Sumber: Unsplash.com

Setelah memahami apa yang dimaksud dengan katalog produk, dan apa saja yang biasanya terdapat di dalam katalog, yuk langsung saja membahas apa saja sih fungsi dari katalog untu barang yang belum banyak diketahui oleh orang-orang.

1. Untuk Menawarkan atau Memasarkan Barang Dagangan

 Katalog dapat berisi banyak gambaran dan deskripsi barang yang ditawarkan. Dengan menunjukan berbagai jenis produk yang disajikan, kegunaan atau fungsi dari produk tersebut, dan apa saja kategori dari produk tersebut.

2. Sebagai Media Promosi yang Efisien dan Efektif,

Dikatakan efektif karena dengan menyediakan berbagai macam gambaran produk maka pelanggan akan lebih mudah untuk menemukan produk yang diinginkan dari perusahaan Anda. Disisi lain apabila ingin mendapatkan katalog yang efektif harus menciptakan jenis katalog yang menarik dan berbobot. Katalog untuk barang yang diciptakan tersebut harus memiliki daya tarik yang cukup unik dalam membujuk atau mempengaruhi pada pelanggan supaya berubah pikiran dan berminat untuk membeli barang yang dipasarkan.

3. Menekan Biaya untuk Promosi atau Pemasaran Beberapa Produk,

biasanya hal yang umum terjadi apabila tidak adanya katalog produk para produsen saat ingin memasarkan barang mereka kepada toko pengecer atau toko grosir lainnya, hal tersebut memerlukan tahap menawarkan barang terbarunya kepada setiap toko yang diinginkan kemudian dipilih dahulu oleh si toko tersebut. Apabila si pemilik toko tersebut berminat barulah pihak produsen dapat mengirimkan produk sesuai yang dipesan. Namun dengan menggunakan katalog, cukup dengan satu katalog kemudian disebar di beberapa tempat para konsumen akan mengenal barang yang sedang Anda pasarkan atau dijual.

4. Pemicu Motivasi Bagi Agen Penjualan yang Cukup Ampuh

Melalui katalog untuk barang para produsen pastinya akan lebih termotivasi dalam hal jaringan penjualannya. Oleh sebab itu diperlukan katalog barang yang menarik agar dapat memotivasi para agen penjualan.

Baca Juga : Supply adalah: Pengertian, Jenis, dan 6 Faktor yang Mempengaruhinya

Manfaat Katalog Bagi Konsumen

Sunber: Pixabay

Ada beberapa manfaat katalog bagi konsumen, berikut penjabarannya;

  • Konsumen dapat melihat informasi produk dengan lebih detail tanpa harus melakukan pengecekan produk satu persatu.
  • Konsumen dapat melakukan persiapan pembelanjaan sebelum memutuskan membeli produk yang diinginkan.
  • Mendapatkan informasi produk terbaru suatu perusahaan. Dimana konsumen dapat mengetahui informasi harga produk terbaru, promosi produk terkini serta informasi penting lainnya.
  • Katalog untuk barang dapat membantu konsumen untuk membandingkan barang satu dengan yang lain atau bahkan membandingkan sebuah barang perusahaan A dengan perusahaan B.
  • Dapat menjadi acuan harga, apakah harga di katalog sesuai dengan harga barang yang dijual.

Manfaat Katalog Bagi Perusahaan

Selain memberikan manfaat bagi konsumen, berikut beberapa manfaat katalog produk bagi perusahaan;

  • Sebagai sarana promosi produk dan perusahaan yang efisien, efektif dan hemat biaya.
  • Katalog dapat membantu perusahaan secara tidak langsung berkomunikasi dengan konsumen. Dimana pihak perusahaan tidak perlu membuang banyak waktu untuk menjawab pertanyaan yang umum ditanyakan konsumen.
  • Katalog membantu mempercepat penyebaran informasi barang perusahaan dengan menjangkau lebih banyak pasar.
  • Dengan adanya katalog, maka akan membantu mengurangi terjadinya penyalahgunaan harga dan barang yang dijual.

Komponen  Katalog Barang

Selain informasi mengenai barang, sebenarnya dalam katalog barang juga dapat memberikan informasi penting seperti:

  •  jasa 
  • nama perusahaan
  •  alamat website 
  • email
  • nomor telepon 
  • logo perusahaan 
  • alamat perusahaan.

Pada bagian produk selain menempatkan nama dan gambar produk, Anda juga dapat menjelaskan kelebihan atau keunggulan produk, fitur, berat, dimensi, warna, harga, kode produk, detail lainnya yang penting untuk diketahui pembaca (50-150 kata).

Dalam pembagian produk Anda juga dapat membaginya berdasarkan kategori, jenis, tingkatan, urutan abjad, bentuk dan lainnya. Dengan membagi jenis barang dalam suatu kelompok akan membuat katalog produk menjadi rapi dan menjadi mudah untuk dipahami pembaca.

Sukses Melakukan Penawaran Bersama RUN Market

Run Market adalah sebuah B2B Market Collaboration Platform. RUN Market memberikan solusi inovatif pengelolaan proses pengadaan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk saling terhubung dalam satu platform.

Sales Order Management RUN Market Seller dapat membantu perusahaan untuk memasukan penawaran ke pembeli yang membutuhkan barang dan mempermudah proses pemesanan melalui katalog produk yang Anda miliki.

Penawaran pesanan akan terseleksi dan tertata rapi melalui fitur dalam management order yang memungkinkan Anda untuk melihat siapa saja yang selama ini aktif melakukan pemesanan, memberi permintaan penawaran, dan tersedia untuk penawaran Anda.

Tunggu apalagi, segera bergabung dengan RUN Market dan dapatkan kemudahan melakukan penawaran sekarang juga.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.