customer engagement adalah

5 Tips Penerapan Customer Engagement dalam Bisnis Anda

Untuk pemilik produk atau barang, pengusaha dalam konsep umum, konsep customer engagement adalah hal yang penting. Hal ini karena konsep tersebut menjadi target banyak bisnis untuk dicapai, sehingga komunikasi yang terjalin antara bisnis dan pasarnya bisa berjalan dengan baik, dan produk senantiasa memiliki permintaan yang tinggi.

Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan customer engagement itu? Apa manfaatnya sehingga hal ini ingin dicapai oleh sebuah bisnis?

Untuk mengetahui seluk beluk mengenai customer engagement, Anda bisa simak artikel ini selengkapnya. Akan dibahas pula mengenai cara mengukur dan tips untuk meningkatkan customer engagement secara umum yang bisa diadaptasikan dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Daftar 7 Faktor yang Memengaruhi Demand, Perlu Diperhatikan!

Pengertian dari Customer Engagement

customer engagement adalah
Sumber: freepik.com

Customer engagement adalah hubungan komunikasi yang terjalin antara pelanggan atau customer dengan perusahaan. Secara harfiah, arti dari frasa tersebut adalah keterikatan pelanggan, yang mengacu pada interaksi dan komunikasi yang terjadi.

Engagement sendiri akan selalu didasari pada ketertarikan atau respon atas aksi yang dilakukan perusahaan atau brand. Dengan mendapatkan tanggapan, interaksi akan terjalin antara dua pihak ini, dan bisa membawa manfaat bagi keduanya.

Interaksi yang muncul dapat berbentuk langsung secara fisik, atau menggunakan media dan kanal yang kini tersedia luas.

Sederet Manfaat Memiliki Customer Engagement yang Baik

customer engagement adalah
Sumber: freepik.com

Ketika terjalin customer engagement yang baik antara pelanggan dan perusahaan, maka banyak manfaat bisa didapatkan.

Pada dasarnya, komunikasi dan interaksi yang muncul akan jadi sumber dari manfaat tersebut. Untuk perusahaan, manfaat yang bisa diperoleh mulai dari hubungan baik yang tercipta, loyalitas pelanggan yang meningkat, masukan dan tanggapan langsung dari pelanggan untuk basis data pengembangan produk, dan mengukur seberapa berhasil aktivitas pemasaran yang dilakukan perusahaan, serta dampaknya pada penjualan yang terjadi.

Untuk pelanggan, customer engagement juga memberikan beberapa manfaat. Misalnya pelanggan secara langsung dapat berinteraksi dengan bisnis atau produk, memberikan masukan dan respon yang langsung, serta ikut merasa memiliki dan berpengaruh pada pengembangan produk di masa yang akan datang.

Simak Baik-Baik Cara Mengukurnya

customer engagement adalah
Sumber: freepik.com

Dalam mengukur customer engagement, hal yang bisa dilakukan tentu adalah melihat respon dari pelanggan yang secara langsung terpapar aktivitas pemasaran atau produk yang Anda miliki. Dengan perhitungan yang cermat, akan didapatkan persentase yang jelas sebagai hasilnya.

Dalam metode offline, cara mengukur customer engagement adalah dengan membandingkan interaksi yang berhasil dibuat oleh staf yang melakukan aktivitas promosi dengan total orang yang hadir di booth produk.

Pada metode online, penghitungannya akan lebih jelas karena semua bisa didefinisikan dengan angka. Ilustrasinya adalah sebagai berikut.

Ilustrasi Penghitungan Customer Engagement Media Sosial

Misalnya dalam satu bulan Anda melakukan unggahan di Instagram sebanyak 15 konten yang berkaitan dengan produk dan layanan yang Anda miliki. Total unggahan ini dilihat sebanyak 2.000 viewers. Selain itu, 15 konten tersebut menghasilkan respon dari publik dengan data berikut:

  • 50 komentar
  • 5 kali dibagikan
  • 75 likes
  • 15 kali klik

Maka berbekal data ini, dapat diketahui nilai customer engagement yang dimiliki. Pertama respon di atas akan dikumpulkan sebagai complete activity, yang merupakan jumlah dari komentar, share, likes, dan klik. Hasilnya adalah total 145 respon.

Untuk menghitung rasio customer engagement, perhitungannya menggunakan rumus berikut:

(complete activity response/engagement : jumlah viewers) x 100%

= (145 : 2.000) x 100%

= 7,25%

Jadi rasio customer engagement Anda pada bulan tersebut adalah sebesar 7,25%.

Terakhir, Mengenai Tips Menjaga dan Meningkatkan Customer Engagement Bisnis Anda

customer engagement adalah
Sumber: freepik.com

1. Terus Lakukan Perubahan untuk Menarik Perhatian

Baik dari sisi unggahan konten, fitur produk, ekspos keunikan, penggunaan sosok baru, atau campaign baru, publik selalu menyukai hal yang up-to-date untuk mengisi hari-harinya. Dengan memberikan kebaruan yang konstan yang menarik, Anda dapat meningkatkan customer engagement bisnis Anda.

2. Situs Web dan Akun Media Sosial yang Berkualitas

Interaksi yang terjadi juga akan meningkat ketika Anda memiliki website dan akun media sosial yang berkualitas. Setidaknya dengan begini, pelanggan yang datang akan merasa tertarik untuk mencari tahu tentang promo, produk, atau hal lain terkait dengan bisnis Anda. Pelanggan juga merasa bahwa bisnis ini kredibel dan benar-benar memiliki pengelolaan yang baik.

3. Email Marketing

Meski terbilang sebagai salah satu cara yang kuno di era modern ini, namun email marketing menjadi salah satu cara yang paling efektif meningkatkan customer engagement. Dengan pengiriman promo bersifat personal, copywriting yang baik, dan pengiriman berkala, pelanggan akan terus merasa dekat dengan produk dan bisnis Anda. Hal ini membuat produk perlahan menjadi top of mind dari pelanggan tersebut.

4. Responsif dan Solutif

Sebagai pihak pemilik produk, menjadi responsif dan selalu solutif atas permasalahan pelanggan terkait produk juga akan berperan besar. Customer engagement adalah interaksi dan keterikatan pelanggan pada produk dan bisnis. Akan sulit terwujud bilamana respon yang diberikan tidak lekas ditanggapi dengan kalimat solutif bukan?

5. Maintenance Hubungan

Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan poin hadiah, promo khusus pelanggan, atau benefit lain untuk pelanggan yang sudah memiliki loyalitas tinggi. Cara sederhana ini bisa dilakukan untuk meningkatkan engagement yang dimiliki bisnis Anda.

Baca Juga: Memahami Lebih Jauh Terkait Perjanjian Jual Beli Bisnis, Ini 5 Fungsinya 

Tidak hanya berguna untuk produk kekinian, customer engagement adalah konsep yang baik diterapkan bagi penyedia barang atau supplier secara umum. Jelas, bisnis secara general juga menerapkan konsep ini, namun dalam bahasan industri hulu, hal ini akan sangat berguna jika diaplikasikan dengan baik.

RUN Market, Platform Terbaik untuk Supplier dan Kliennya

RUN Market merupakan salah satu platform terbaik untuk supplier dalam menjajakan bahan baku yang dimilikinya. Hubungannya dengan customer engagement adalah bahwa supplier bisa secara langsung menerapkan strategi ini untuk mendapatkan pelanggan loyal. Interaksi produktif yang terjalin antara supplier dan kliennya akan menjadi modal yang baik untuk kerjasama jangka panjang. RUN Market memahami hal ini, sehingga menyediakan ekosistem terbaik untuk setiap pihak beraktivitas. Bergabung  dengan RUN market sekarang juga, dan dapatkan semua benefitnya!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.