cuci gudang adalah

Mengulas Lebih Jauh Mengenai Cuci Gudang: 4 Strategi Jitu Eksekusinya

Dalam dunia pemasaran tersedia salah satu cara yang disebut cuci gudang. Cuci gudang adalah strategi yang bisa diterapkan dengan melakukan penjualan produk-produk lama menggunakan harga yang lebih rendah, sehingga dapat lekas menghabiskan sisa persediaan yang ada di gudang.

Dari sisi pemasaran hal ini sangat efektif meningkatkan jumlah penjualan. Di waktu yang sama, strategi ini juga dapat membantu perusahaan dalam mengosongkan gudang, sehingga mengurangi biaya maintenance yang harus dilakukan pada persediaan barang.

Untuk memahami lebih lanjut terkait apa itu strategi cuci gudang, Anda bisa melihat selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Purchasing dan Procurement, Simak di Sini!

Definisi Cuci Gudang dalam Pemasaran

cuci gudang adalah
Sumber: freepik.com

Sebenarnya untuk pengertian cuci gudang sendiri sudah disampaikan pada bagian awal tadi. Secara umum, cuci gudang adalah strategi pemasaran untuk menghabiskan persediaan yang masih dimiliki oleh perusahaan sehingga persediaan barang bisa diganti dengan produk yang baru.

Penumpukan produk pada gudang sendiri dapat dipengaruhi  oleh banyak hal, mulai dari pergeseran minat pelanggan, adanya kompetitor yang dirasa lebih sesuai dengan keinginan pelanggan, dan masih banyak lagi.

Pada dasarnya, strategi cuci gudang ditujukan untuk menghabiskan persediaan barang sekaligus meningkatkan penjualan dalam waktu singkat, meski mungkin keuntungan yang diperoleh tidak sama seperti penjualan pada hari biasanya.

Lalu Apa Manfaatnya?

cuci gudang adalah
Sumber: freepik.com

Beberapa manfaat strategi cuci gudang yang bisa diperoleh untuk bisnis antara lain adalah sebagai berikut.

Efisiensi Biaya Pergudangan

Biaya pengelolaan gudang tentu tidak kecil, terlebih untuk bisnis dengan skala penjualan tinggi yang terpaksa harus menyimpan persediaan produk dalam jumlah besar. Biaya ini bisa sangat merugikan jika tidak segera mengalami proses efisiensi.

Cuci gudang dapat mengurangi beban biaya pergudangan, dalam hal maintenance produk yang masih ada di gudang. Dengan demikian, biaya maintenance ini dapat dialihkan ke pos lain yang lebih membutuhkan alokasi dana.

Menghabiskan Stok Produk Lama

Stok produk lama bisa jadi sumber kerugian jika tidak terjual dalam waktu yang telah ditentukan. Produk bisa rusak dan tidak memiliki nilai ekonomi untuk dijual, sehingga tidak dapat mendatangkan keuntungan.

Cuci gudang adalah strategi yang ampuh untuk menghabiskan stok produk yang sudah terlalu lama ada di gudang. Dengan demikian, gudang bisa kembali dikosongkan untuk menyimpan produk-produk yang lebih baru dan usianya lebih panjang.

Promosi dan Perluasan Pasar

Karena masuk dalam kategori strategi pemasaran, maka cuci gudang juga dapat membantu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan. Meski nilainya tidak besar karena harga produk cuci gudang cenderung diturunkan, namun akan tetap menjadi keuntungan karena berasal dari produk yang siap dijual, meski telah berusia lama.

Pelanggan juga akan lebih tertarik sebab harga yang ditawarkan lebih rendah dari harga normal. Dengan begini, pasar akan menjadi lebih luas dan potensi pengembangan jumlah pelanggan juga bertambah.

Lalu Berikut 4 Strategi yang Bisa Digunakan untuk Melaksanakan Cuci Gudang

cuci gudang adalah
Sumber: freepik.com

Demi optimasi eksekusi strategi cuci gudang ini, ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan dalam bisnis. Poin tersebut bisa diamati dalam penjelasan berikut ini.

1. Menjadikan Produk sebagai Hadiah

Hadiah dalam pembelian menjadi faktor penarik yang cukup efektif dalam memunculkan niat pembelian dari pelanggan. Menjadikan produk yang ada di gudang sebagai hadiah dapat membantu produk yang ada di display menjadi lebih menarik, dan memancing pengambilan keputusan pembelian.

Meski demikian, metode ini juga dapat dimodifikasi dengan memberikan produk dengan metode cross selling. Artinya dengan menambah sejumlah biaya, pelanggan dapat memperoleh produk lain yang pasti lebih menguntungkan dari sisi pembeli.

2. Mainkan Psikologi Harga

Dari sisi penetapan harga atau penetapan diskon yang diberikan, pastikan Anda melakukan riset yang mendalam. Jangan asal-asalan memberikan harga jual pada produk cuci gudang, agar value dari produk dan brand tetap terjaga.

Mainkan psikologi harga dan potongan harga yang jitu. Misalnya dengan memberikan harga yang menarik dengan banyak angka 9 di dalamnya, atau dengan memberikan potongan harga 80% alih-alih 50%, namun disertai perhitungan yang cermat. Meski pada akhirnya harga jual produk sama, namun dalam display diskon 80% tentu akan lebih menarik daripada diskon 50%.

3. Lakukan Promosi

Bisa menggunakan media sosial atau menggunakan media berbayar yang lain, cuci gudang dapat ‘dijual’ sebagai promo dari brand atau produk yang Anda kelola. Dengan demikian, proses pengosongang gudang juga akan menjadi proses branding yang jitu, untuk meningkatkan awareness pasar.

Ingat, selalu lakukan perhitungan cermat untuk konsumsi media promosi. Jangan sampai biaya promosi lebih besar dari perkiraan pendapatan yang akan diperoleh dengan cuci gudang ini.

4. Pastikan Stok Produk Lama Keluar

Terakhir, penuhi tujuan dari cuci gudang yang utama. Tujuan utama dari cuci gudang adalah untuk menghabiskan stok produk yang ada di gudang, dan sudah cukup lama berada di asana. Oleh karenanya, pastikan keluarkan produk dari usia terlama terlebih dahulu.

Secara bertahap keluarkan produk dengan usia yang berurutan, dari yang paling tua ke produk dengan usia paling muda di gudang. Dengan begini cost dari pengelolaan gudang juga akan dapat dioptimalkan.

Baca Juga: Mengenal Digitalisasi Pengadaan Barang dengan E-Procurement 

Itu tadi sedikit strategi pemasaran cuci gudang yang bisa digunakan. Tentu, tips ini bisa dilakukan untuk perusahaan dalam posisi sebagai penyedia barang atau perusahaan yang menjual produk ke pasar. Khusus untuk perusahaan penyedia barang, hal ini dapat diakomodir dengan RUN Market dan semua fiturnya.

RUN Market, Platform Pengadaan Barang Modern untuk Semua Bisnis

Dengan memberikan promo pada barang yang dimiliki, penyedia dapat memberikan penawaran yang menarik pada perusahaan yang membutuhkan produk. Jelas, hal ini juga wajib disertai kesadaran perusahaan yang membutuhkan produk bahwa produk yang ditawarkan adalah produk lama, sehingga tidak ada rasa tertipu setelah transaksi terjadi. Cuci gudang adalah metode yang bisa digunakan dalam banyak jenis produk, sehingga fleksibel dalam eksekusinya. RUN Market mampu mengakomodir hal ini dengan informasi terbuka yang bisa dicantumkan pada produk yang ditawarkan, sehingga semua pihak tetap mendapatkan informasi yang diperlukan. Segera bergabung ke RUN Market, dan temukan potensi pasar luas untuk supplier dan vendor seperti bisnis Anda!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.