strategi promosi

Mengenal Apa Itu Strategi Promosi dan 5 Tipsnya!

Memiliki produk yang berkualitas dengan harga yang kompetitif memang hal penting dalam dunia pemasaran dan bisnis. Namun, tanpa disokong oleh strategi promosi yang disusun dengan cermat, hal ini akan menjadi sumber daya yang tidak dioptimalkan.

Strategi promosi menjadi cetak biru gerakan pemasaran yang akan dilakukan dalam rangka memperkenalkan, mempromosikan, dan menjual produk di pasar. Jelas, riset mendalam diperlukan agar penyusunan strategi ini bisa benar-benar akurat, dna mencapai target yang dituju yakni penjualan yang meningkat.

Sebelum melangkah pada tips atau cara promosi produk paling efektif, ada baiknya dibahas mengenai pengertian dari strategi produksi itu sendiri.

Baca Juga: Mengenal Metode Analisis SWOT dan Cara Menggunakannya bagi Bisnis

Mengenal Apa Itu Strategi Promosi

Strategi Promosi
Sumber: freepik.com

Strategi promosi adalah sebuah rencana yang tersusun cermat berdasarkan riset yang telah dilakukan, untuk memasarkan produk, mengenalkannya pada pasar, dan menjualnya. Strategi ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan perhitungan, dan memiliki target serta timeline yang jelas.

Penerapan strategi promosi sendiri diharapkan dapat meningkatkan jumlah penjualan produk di pasar. Selain itu, tujuan lain dari strategi promosi adalah meningkatkan awareness publik pada produk atau layanan, sehingga publik lebih mengenal produk tersebut.

Timeline yang dimiliki jelas, kanal yang digunakan jelas, serta aktivitas yang dilakukan juga jelas, semuanya demi mencapai tujuan yang telah direncanakan dan disebutkan sebelumnya.

5 Tips Promosi Produk yang Efektif

Strategi Promosi
Sumber: freepik.com

Guna mendongkrak penjualan, terdapat cukup banyak tips atau strategi yang bisa dilakukan. Beberapa yang disebutkan dalam artikel ini sifatnya hanya sebagai pengetahuan general saja, dan Anda perlu melakukan berbagai penyesuaian agar strategi umum ini bisa cocok dengan bisnis dan produk yang Anda jual.

1. Memberikan Potongan Harga

Cara paling klasik dan hingga saat ini masih efektif digunakan pada berbagai jenis bisnis, potongan harga merupakan strategi promosi yang bisa Anda gunakan. Penerapannya bisa benar-benar beragam, sesuai dengan bisnis yang Anda kelola.

Menerapkan jumlah pesanan tertentu untuk mendapatkan potongan harga, memberikan potongan harga untuk pembelian berulang, potongan pada ongkos kirim, potongan harga untuk rekomendasi produk ke orang atau pihak lain, dan lain sebagainya.

2. Garansi untuk Pelanggan atau Konsumen

Sebenarnya garansi kini merupakan bagian dari penawaran produk yang utama. Namun tahukah Anda garansi juga masuk dalam kategori strategi promosi?

Garansi yang diberikan pada produk memberikan kesempatan untuk pelanggan mengklaim produk tersebut dengan kondisi tertentu. Misalnya, rusak dalam batas waktu yang ditentukan, rusak dalam pengiriman, cacat produksi, atau kondisi lain yang sebelumnya sudah disampaikan.

Selain memberikan kenyamanan pada pelanggan, hal ini juga bisa menjadi gestur kepercayaan diri bahwa produk yang Anda berikan benar-benar memiliki kualitas baik.

3. Memberikan Sampel Produk

Sampel produk atau tester juga bisa menjadi salah satu strategi yang efektif dilakukan. Pelanggan memiliki kesempatan untuk mencoba terlebih dahulu produk yang dimiliki perusahaan, sehingga pengalaman langsung dapat dirasakan.

Penilaian pelanggan akan menentukan apakah pembelian akan dilakukan. Dengan strategi ini, Anda dapat meningkatkan efisiensi pemasaran, karena pelanggan secara langsung telah menggunakan produk dan mendapatkan pengalaman penggunaan. Pelanggan mengetahui nilai dari kelebihan produk, diharapkan akan memberikan kesan baik dan berlanjut pada pembelian.

4. Paket Pembelian Produk yang Menguntungkan

Menawarkan paket pembelian produk akan menarik untuk pelanggan yang akan membeli produk Anda. Perhitungan yang cermat dapat membuat pembelian yang dilakukan pada paket ini terasa menguntungkan untuk pelanggan.

Jelas, hal ini memang didesain sedemikian rupa agar menguntungkan pelanggan, dibandingkan harga atau penawaran normal. Metode up selling atau cross selling akan cukup efektif dalam hal ini. Secara langsung, pemberian paket akan meningkatkan penjualan yang dimiliki perusahaan, namun tetap memberikan perasaan menguntungkan untuk pelanggan.

Sebuah win-win solution yang menarik bukan?

5. Benefit untuk Pembelian dalam Jumlah Tertentu

Poin ini sedikit telah dibahas pada tips strategi promosi pertama tadi. Menawarkan benefit untuk pembelian dalam jumlah tertentu juga bisa memancing pelanggan untuk melakukan pembelian lebih besar, guna mendapatkan keuntungan dari pembelian yang dilakukan.

Strategi ini juga dapat meningkatkan angka keuntungan dari penjualan yang terjadi. Meski untuk pelanggan transaksi yang dilakukan terasa semakin menguntungkan ketika produk yang dibeli semakin banyak, namun sebagai pebisnis Anda juga tetap akan memperoleh keuntungan yang semakin tinggi pula dari total penjualan yang meningkat.

Baca Juga: Mengenal Contoh Surat Penawaran Harga Barang, Klik di Sini! 

Pada dasarnya, strategi promosi juga tidak sekedar apa yang tertulis di artikel singkat ini saja. Anda bisa dengan mudah menemukan berbagai strategi lain yang sesuai dengan bisnis yang Anda kelola, sehingga dapat mendatangkan keuntungan yang diharapkan.

Pada konteks supplier atau perusahaan atau bisnis lain, strategi di atas tentu dapat diadaptasi sedemikian rupa sehingga dapat benar-benar cocok dengan produk dan segmen pasar yang dimiliki. Pemilihan platform penjualan produk juga akan berpengaruh, karena semakin dekat dengan pasar maka produk akan semakin mudah dikenali dan diminati masyarakat.

RUN Market, Platform Pengadaan Barang Terlengkap untuk Anda

Bagi Anda, supplier dan vendor yang ingin menerapkan strategi di atas, Anda dapat memperoleh pasar yang luas dengan menjajakan produk di RUN Market. Ekosistem procurement ini memberikan keleluasaan pada vendor dan supplier untuk menggunakan strategi promosi yang berbeda, sehingga bisa diperoleh formula terbaik untuk mendapatkan klien yang menguntungkan. Segera bergabung dengan RUN Market, dan maksimalkan penjualan produk yang Anda miliki!

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.