demand adalah

Daftar 7 Faktor yang Memengaruhi Demand, Perlu Diperhatikan!

Perusahaan yang stabil dalam hal penjualannya tentu perlu mengupayakan terjadinya peningkatan permintaan atau demand. Demand adalah istilah bahasa Inggris untuk kata permintaan. Untuk pengertiannya sendiri, demand adalah minat pelanggan untuk membeli produk perusahaan pada tingkat harga tertentu. Kebalikan dari demand adalah supply atau penawaran. Simak detail demand dan faktor yang memengaruhinya berikut ini.

Demand dan Konsepnya

Permintaan atau demand adalah keinginan seseorang, dalam hal ini pelanggan, terhadap barang atau layanan yang dibutuhkan dan/atau diinginkan. Demand membutuhkan adanya harga dan waktu atau periode tertentu yang berlaku. Artinya, demand pada periode saat ini bisa berubah harga dan jumlahnya pada periode berikutnya. Istilah lain yang sering digunakan dalam bisnis adalah permintaan pasar atau market demand dengan pengertian yang hampir sama.

Untuk konsep yang berlaku dalam permintaan, perlu ada beberapa hal yang perlu dipenuhi. Hal-hal tersebut adalah  kemampuan membeli dan keinginan. Lebih detail lagi mengenai praktiknya, demand adalah bertemunya barang atau jasa yang memiliki harga secara ekonomi dengan kemampuan membeli konsumen atau pelanggan. Pelanggan harus memiliki faktor keinginan (wants) agar tercipta kegiatan membeli.

Sumber: freepik.com

Faktor yang Memengaruhi Demand

Sebenarnya ada 3 hal utama yang memengaruhi permintaan, yaitu harga, kualitas, dan manfaat dari suatu produk. Namun ada faktor lain yang juga memengaruhi dinamika permintaan. Simak detailnya berikut ini.

1. Harga Produk

Ada kondisi yang membuat faktor keinginan pelanggan dan ketersediaan produk bertemu, namun tidak terjadi jual beli. Salah satunya adalah ketika harga produk atau layanan yang diinginkan mengalami kenaikan dan masih ada produk atau layanan lain yang tidak mengalami kenaikan harga. Maka konsumen cenderung memilih produk subsitusi tersebut. Pelanggan akan mengganti produk dengan produk lain yang memiliki fungsi sama tapi harganya relatif lebih murah. Itulah kenapa faktor harga produk sangat menjadi faktor utama.

2. Kualitas Produk

Semakin tinggi kualitas suatu produk, biasanya harga produk juga akan semakin tinggi. Meskipun begitu, apabila ada pelanggan yang menginginkannya dan mampu untuk membeli, permintaan akan tercipta. Hal ini juga berlaku ketika kualitas produk rendah. Harga yang murah mungkin akan menarik pelanggan, namun hal itu tidak akan membuat mereka bertahan jika kualitasnya di bawah standar.

3. Manfaat Produk

Tingkat kebermanfaatan suatu produk atau layanan yang dibutuhkan oleh pelanggan tentu akan memengaruhi tingkat permintaannya. Sebagai contoh, permintaan pasar akan masker medis meningkat ketika terjadi pandemi di suatu wilayah. Hal ini karena masker medis sedang mengalami peningkatan fungsi atau manfaat bagi pasar.

4. Pendapatan Pasar

Disadari atau tidak, pendapatan rata-rata masyarkat dalam suatu pasar akan memengaruhi jumlah permintaan. Hal ini karena kemampuan pelanggan untuk membeli suatu produk atau layanan juga akan bertambah ketika pendapatan mereka naik. Sebagai contoh, permintaan masyarakat terhadap produk fashion menjadi lebih tinggi setelah mendapat gaji ke-13 mendekati Hari Raya Idul Fitri.

5. Selera dan Jumlah Masyarakat

Karena selera masyarakat cenderung berubah dengan cepat, maka permintaan terhadap produk tertentu juga akan berubah. Selera juga sering dikaitkan dengan budaya dan gaya hidup masyarakat. Itulah kenapa perusahaan perlu peka terhadap perubahan yang ada. Sehingga inovasi akan lebih cepat dilakukan dan permintaan pasar dapat segera terpenuhi.

Selain selera, jumlah jiwa atau penduduk yang ada dalam masyarakat juga ikut menentukan tingkat permintaan. Negara dengan jumlah penduduk yang relatif kecil akan memiliki permintaan yang lebih rendah terhadap produk apapun dibanding negara dengan penduduk yang besar.

6. Produk Kompetitor

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, pelanggan akan cenderung mengganti produk Anda jika menemukan produk lain yang lebih murah. Dampaknya adalah permintaan produk perusahaan Anda akan menurun. Itulah kenapa Anda perlu selangkah lebih maju dibanding kompetitor. Salah satunya adalah dengan memastikan produk Anda unggul di pasar dengan harga yang bersaing.

7. Prediksi

Meskipun faktor ini jarang terjadi, namun keberadaannya nyata dirasakan. Ketika suatu produk diprediksi akan mengalami kelangkaan, permintaan akan secara otomatis meningkat. Hal ini karena masyarakat tidak ingin kesulitan mendapat produk tersebut di masa mendatang. Contoh kecilnya adalah saat ada kabar terbaru terkait kelangkaan minyak goreng untuk beberapa bulan ke depan. Hal ini membuat permintaan minyak goreng meningkat meskipun harga yang ditetapkan juga melambung naik.

Sumber: unsplash.com

Dengan melihat faktor yang memengaruhi demand tersebut, tentu Anda akan lebih semangat untuk meningkatkan permintaan. Karena tentu semua pelaku bisnis sepakat bahwa permintaan dan penawaran harus terjadi secara seimbang. Hal ini agar jumlah produk yang terjual sama dengan produk yang ditawarkan. Jangan ragu menggunakan teknologi yang sudah tersistem jika memang perlu. Salah satu platform yang memungkinkan Anda melakukan pencatatan ketersediaan produk, termasuk jumlah permintaan yang masuk, adalah RUN Market. Dengan fitur dari RUN Market, Anda akan lebih cepat mengetahui jumlah permintaan yang sudah diprediksikan. Hubungi kami untuk informasi seputar pengelolaan permintaan dan penawaran yang lebih efektif dan efisien.

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.