kolaborasi adalah

Apa Itu Kolaborasi Bisnis? Kenali 4 Manfaat dan Cara Membangunnya

Anda tentu setuju bahwa segala hal yang dikerjakan bersama akan mendatangkan manfaat dan hasil yang lebih besar. Termasuk dalam hal menjalankan bisnis. Itulah kenapa beberapa tahun terakhir pelaku bisnis mulai mencoba inovasi berupa kolaborasi bisnis. Kolaborasi adalah kerja sama yang merujuk pada hal-hal positif, dalam hal ini kemajuan bisnis. Banyak manfaat yang akan didapatkan ketika bisnis menjalankan kolaborasi dengan berbagai pihak. Simak manfaat dan cara membangun kolaborasi berikut ini.

Kolaborasi Bisnis

Untuk arti kata kolaborasi sendiri sudah dijelaskan sedikit di atas. Menurut KBBI, kolaborasi adalah kerja sama yang dilakukan dengan pesaing dan sebagainya. Sedangkan dalam hal kolaborasi bisnis berarti terjadinya kerja sama antara pelaku bisnis dengan individu, kelompok, lembaga, atau organisasi lain untuk mencapai tujuan bisnis tertentu.

Suatu kolaborasi bisnis dapat muncul dalam berbagai macam bentuk. Namun hasil yang dikeluarkan akan selalu menjadi hal yang bermakna dan/atau berkelanjutan. Dalam kerja sama ini juga secara otomatis akan memunculkan relasi antara kedua belah pihak. Untuk manfaat lain yang akan dirasakan bisnis adalah sebagai berikut.

Sumber: freepik.com

Manfaat yang Didapatkan

1. Jaringan bisnis semakin luas

Membuka jaringan seluas mungkin berarti membuka peluang yang lebih luas juga bagi perkembangan bisnis. Bermula dari kolaborasi dalam satu atau beberapa program dan/atau proyek akan mengantarkan perusahaan kepada jaringan lain. Bahkan Anda akan tetap memiliki jaringan tersebut meskipun pertemuan yang dilakukan belum menghasilkan program kolaborasi yang nyata.

2. Menemukan insipirasi dan pelajaran baru

Bertemu dengan banyak orang baru akan memberikan Anda kesempatan yang lebih besar mendapat inspirasi dari mereka. Selain itu, program kolaborasi yang berjalan juga pasti akan melalui proses yang panjang. Mulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Setiap proses tersebut akan memberikan perusahaan Anda pelajaran baru yang berharga untuk menjadi lebih baik ke depannya.

3. Inovasi produk menjadi lebih mudah

Hal paling dekat yang berkaitan dengan inspirasi adalah inovasi, dalam hal ini inovasi produk. Perusahaan Anda dapat lebih mudah mendapatkan ide inovasi produk atau layanan jika melakukan kolaborasi dengan pihak lain. Karena sumber daya ide perusahaan akan didukung oleh sumber daya ide pihak lain, begitu juga sebaliknya. Antar pihak akan saling menawarkan ide dan memilih ide paling sesuai bagi keduanya.

4. Penyelesaian masalah lebih cepat

Selain menemukan ide segar, perusahaan juga mampu menyelesaikan masalah yang menyangkut program tersebut lebih efektif dan efisien. Apalagi jika semua pihak mempunyai rasa memiliki yang seimbang terhadap program tertentu. Dalam jangka panjang, penyelesaian masalah yang cepat dan tepat ini akan terlatih dan lebih matang seiring berjalannya waktu.

Sumber: freepik.com

Cara Membangun Kolaborasi yang Kuat

a. Memilih partner yang kredibel

Salah satu langkah awal dalam menjalankan kolaborasi bisnis adalah menemukan partner atau pihak yang akan diajak bekerja sama. Seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, partner dapat berupa apa saja dan tidak selalu harus berupa perusahaan besar. Namun hal utama yang harus Anda pastikan adalah kredibilitas dari partner Anda. Karakter yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya menjadi kunci utama dalam semua bentuk kolaborasi. Karena bagaimanapun juga, Anda akan melalui proses perwujudan program yang tidak sebentar dengan mereka.

b. Memastikan kedua belah pihak satu tujuan

Setelah itu, Anda juga harus memastikan bahwa kalian berdua memiliki tujuan yang sama. Meskipun karakternya sempurna, apabila target yang dituju sangat berseberangan semuanya bisa menjadi sia-sia. Bahkan ketika tujuan dari kalian berdua sama-sama baik, pastikan cara untuk mendapatkannya searah. Mungkin pada akhirnya kalian berdua akan sampai pada tujuan masing-masing. Tapi pencapaian tersebut akan kurang maksimal karena kerja sama yang dibangun hanya secara teknis saja, bukan dalam hal menjalankan visi misi perusahaan.

c. Menjadikan pelanggan sebagai acuan program

Apapun bentuk program kolaborasi yang dibuat, pelanggan harus menjadi prioritas utama. Artinya, pemenuhan kebutuhan pelanggan harus menjadi latar belakang utama bagi kedua belah pihak. Jangan sampai hanya karena ingin mengikuti tren, perusahaan Anda jadi kurang memperhatikan hal ini. Dengan begitu, kolaborasi akan lebih tepat sasaran dan bermanfaat dalam jangka panjang. Misalnya adalah usaha membangun citra perusahaan, peningkatan kepuasan pelanggan, dan sebagainya.

Bagaimana? Apakah Anda sudah memiliki pandangan bisnis mana yang akan Anda ajak bekerja sama? Kolaborasi bisnis dapat hadir dalam berbagai hal dan tidak selalu harus berdampak jangka panjang. Namun kerja sama jangka panjang yang sehat tentu akan menguntungkan lebih banyak pihak. Untuk mempermudah perusahaan Anda mengakses skema bisnis yang fleksibel, RUN Market memiliki jawabannya. Melalui platform RUN Market, Anda dapat menjalin kolaborasi pasar yang antara pembeli dan penjual dengan cepat dan mudah. Dapatkan info lanjut seputar RUN Market dan berbagai fiturnya bagi bisnis Anda melalui tautan ini.

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.