barang habis pakai

Berkenalan dengan Jenis Barang Habis Pakai, Simak di Sini!

Keberadaan pasokan barang dan jasa dalam mendukung proses produksi industri adalah hal yang mutlak. Tanpa kedua hal ini, maka proses produksi perusahaan kemudian akan terhambat, dan menimbulkan masalah lain. Selain menggunakan mesin dan peralatan pendukung, proses produksi ini juga membutuhkan apa yang disebut barang habis pakai.

Sebenarnya yang kemudian tergolong pada barang habis pakai sendiri, jika mengacu pada pengertiannya, akan cukup luas. Mulai dari bahan baku produksi hingga barang-barang yang diperlukan dalam menunjang operasional kantor setiap hari.

Untuk menguliknya lebih jauh, Anda bisa memperhatikan setiap poin di bawah ini, mulai dari pengertiannya.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Kontrak Pengadaan, Simak 7 Poin Ini!

Pengertian Barang Habis Pakai

barang habis pakai
Sumber: freepik.com

Secara umum, definisi dari barang habis pakai adalah barang-barang yang dapat digunakan satu kali pemakaian saja. Barang ini dapat menjalankan nilai fungsinya secara optimal dalam pemakaian pertama dan, beberapa barang tertentu, pada beberapa pemakaian berikutnya dalam jumlah terbatas.

Setelah digunakan, barang dalam kategori ini akan kehilangan sebagian besar nilai manfaatnya, dan biasanya kemudian akan dibuang atau didaur ulang. Bahkan pada beberapa barang, wujud dari barang yang dimaksud benar-benar habis, dan tidak memiliki sisa.

Barang jenis ini kebetulan diperlukan pada banyak aktivitas perusahaan, mulai dari produksi, seperti misalnya bahan baku, hingga ke urusan operasional harian seperti alat tulis kantor, dan banyak jenis lainnya.

Karena sangat dibutuhkan pada aktivitas perusahaan , tak heran pada proses pengadaannya harus dilakukan dengan cermat dan efisien.

3 Fungsi Barang Habis Pakai dalam Kegiatan Perusahaan

barang habis pakai
Sumber: freepik.com

Dengan pengertian dan kategori demikian, apa fungsi barang jenis ini dalam kegiatan perusahaan secara keseluruhan?

1. Menunjang Kegiatan Produksi

Kegiatan produksi senantiasa membutuhkan bahan baku, untuk menghasilkan produk yang menjadi komoditas utama dari perusahaan. Tanpa ketersediaan bahan baku, praktis proses produksi akan terganggu, atau bahkan terhenti untuk sementara waktu hingga bahan baku kembali diperoleh.

Maka dari itu fungsi pertama dari barang dengan kategori ini adalah untuk menunjang kegiatan produksi yang dilakukan perusahaan. Bahan baku memiliki peran besar dalam keberlangsungan proses produksi, dan bahan baku masuk dalam kategori barang habis pakai.

2. Kegiatan Operasional Kantor

Selanjutnya pada kegiatan di kantor, juga senantiasa membutuhkan perlengkapan habis pakai dari waktu ke waktu. Meski kegiatan perkantoran dan administrasi kini telah didominasi penggunaan perangkat komputer, namun barang seperti kertas, pulpen, isi stapler, penjepit, kapur tulis, spidol, buku note, lakban, dan sebagainya masih dibutuhkan.

Tanpa ketersediaan barang-barang ini, bisa jadi kegiatan operasional harian perusahaan terganggu dan tidak dapat berjalan optimal.

3. Menjadi Tolak Ukur Kegiatan Perusahaan

Selain dua fungsi utama di atas, barang dengan jenis habis pakai ini dapat pula berfungsi sebagai perangkat tolak ukur kegiatan perusahaan. Karena jenisnya habis pakai dan selalu terkait dengan kegiatan perusahaan, maka barang-barang ini pasti memiliki waktu pemakaian ideal.

Ketika waktu pemakaian ideal telah tercapai dan barang benar-benar habis, maka dapat menjadi indikasi kegiatan perusahaan berjalan sesuai rencana. Namun ketika barang masih memiliki banyak sisa, maka dapat menjadi indikasi ada yang salah dengan operasional perusahaan, dan harus memerlukan evaluasi mengapa barang-barang ini tidak terpakai.

Selalu Diperlukan, Ini Cara Mendapatkannya

barang habis pakai
Sumber: freepik.com

Jika terkait dengan aktivitas dan pemenuhan kebutuhan perusahaan, tentu jalan terbaik memperolehnya adalah dengan procurement. Proses pengadaan barang yang terencana secara strategis ini memungkinkan perusahaan, bisnis Anda, untuk memenuhi setiap kebutuhannya.

Tidak hanya terbatas pada barang habis pakai saja, namun Anda juga dapat memenuhi kebutuhan untuk barang tidak habis pakai, seperti misalnya mesin atau jasa untuk mendukung kegiatan perusahaan setiap hari.

Procurement atau pengadaan barang sendiri kemudian harus dilaksanakan dengan efisien dan cermat, sehingga bisnis Anda dapat memenuhi kebutuhannya dan memperoleh mitra kerja jangka panjang. Dimulai dari pendataan kebutuhan, konsultasi dengan manajemen, review pada barang yang diajukan, pemilihan vendor atau supplier, proses negosiasi dan tender, hingga penandatanganan kesepakatan pengadaan barang, semua akan semakin optimal dengan sistem solid yang kini telah tersedia untuk bisnis Anda.

Mengenali Beberapa Contoh Barang Habis Pakai

barang habis pakai
Sumber: freepik.com

Setelah mengetahui beberapa poin penting terkait dengan barang ini, ada baiknya pula Anda mengetahui beberapa contoh barang yang masuk pada kategori ini. Perlu diketahui, barang-barang yang ada di daftar singkat ini hanya ilustrasi saja, nantinya banyak barang lain yang mungkin masuk ke dalam kategori ini pada praktek bisnis yang Anda jalankan.

Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

Beragam jenis alat tulis kantor, mulai dari buku, kertas, pulen, penjepit kertas, dan sebagainya

  • Baterai
  • Plastik mika
  • Bak stampel
  • Lakban
  • Pita mesin
  • Tinta mesin cetak
  • Bahan baku primer
  • Bahan baku sekunder
  • Dan masih banyak jenis barang lainnya.

Baca Juga: Inilah Sistem Penunjukan Langsung yang Baik dan Efisien 

Pada akhirnya, dalam rangka melakukan pengadaan barang habis pakai Anda selalu direkomendasikan menggunakan platform pengadaan yang solid, praktis, dan efisien, yang disediakan oleh RUN Market.

RUN Market, Platform Pengadaan Terbaik untuk Setiap Kebutuhan Anda

RUN Market menyediakan ekosistem bisnis produktif yang bisa digunakan untuk membantu pengadaan barang yang Anda perlukan. Baik jenis barang habis pakai atau barang tidak habis pakai, semua bisa diperoleh dengan bantuan RUN Market, karena RUN Market juga digunakan oleh banyak vendor dan supplier untuk menjajakan produknya. Segera mendaftar dan gunakan RUN Market untuk berbagai keperluan bisnis Anda, dan maksimalkan setiap fiturnya sekarang juga!

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.