quality control

Pengendalian Mutu: Manfaat, Contoh, dan Jenisnya

Menghasilkan produk yang siap bersaing di pasaran dan memiliki nilai jual yang bagus adalah impian setiap pengusaha. Untuk menghasilkan hal tersebut, perusahaan wajib menjalankan proses pengendalian mutu. Kendali mutu erat kaitannya dengan proses quality control. Agar proses produksi  berjalan efisien dan menghasilkan produk yang berkualitas maka kendali mutu ini wajib diperhatikan.

Ingin tahu apa itu pengertian kendali mutu? Bagaimana contohnya beserta tujuannya? Mari kita lihat ulasan di bawah ini.

Apa Itu Kendali Mutu?

Kendali mutu atau yang bisa juga disebut dengan quality control adalah suatu proses penelitian produk selama proses produksi untuk memperoleh standar kualitas yang ditentukan. Kendali mutu mencakup pengawasan, uji-tes, dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi suatu produk. Tim kendali mutu harus memastikan semua standar kualitas terpenuhi oleh setiap komponen produk yang disediakan produsen.

Proses pengendalian mutu dapat dilakukan secara manual atau menggunakan teknologi, tergantung dari sektor industri mana kendali mutu dilakukan. Kendali mutu juga dapat melibatkan pengembangan sistem untuk memastikan bahwa produk yang diproduksi dapat memenuhi persyaratan dari produsen agar bisa dipasarkan ke konsumen.

Tanggung Jawab Pengendalian Mutu

Sumber: Unsplash
  • Memantau perkembangan produk yang diproduksi oleh perusahaan agar memperoleh kualitas dalam produk.
  • Bertanggung jawab untuk memantau, menganalisis, meneliti, serta menguji produk hasil produksi.
  • Memverifikasi kualitas produk dengan bantuan parameter dari perusahaan.
  • Memonitor setiap proses yang terlibat dalam produksi produk.
  • Merekomendasikan pengolahan ulang jika ada produk yang berkualitas rendah.
  • Memastikan produk dari standar perusahaan memenuhi mutu ISO.
  • Mengidentifikasi masalah dan isu mengenai kualitas produk untuk dibuat rekomendasi kepada manajemen perusahaan.

Membuat dokumentasi produk sebelumnya untuk referensi di masa mendatang.

Baca Juga: 5 Fungsi dan Cara Kerja Quality Control yang Harus Diperhatikan

Tujuan dan Manfaat Kendali Mutu

sumber: Unsplash

Pengendalian mutu atau quality control berkaitan erat dengan uji coba sebelum produk akhir, sehingga pengendalian mutu ini memiliki tujuan utama untuk melakukan optimisasi dan perbaikan menggunakan segala aspek yang dibutuhkan pada saat berlangsungnya proses produksi.

Sementara, manfaat adanya pengendalian mutu adalah untuk menghasilkan produk akhir yang memenuhi standar kualitas, serta sesuai dengan harapan dan kebutuhan konsumen. Proses pengendalian mutu ini bukan hanya meliputi pengawasan, namun juga dari proses produksi hingga distribusi. Jika ditemukan produk yang cacat atau gagal, datanya akan langsung dimasukkan ke dalam catatan quality control sehingga mudah untuk dianalisis nantinya.

Jenis Kendali Mutu

Terdapat dua jenis kendali mutu berdasarkan produknya, yaitu:

1. Quality Control Internal

Adalah pengendalian mutu yang berhubungan dengan pembuatan protokol internal dan pemeriksaan sistem. Dalam hal ini, kendali mutu meliputi pengecekan peralatan secara rutin, menganalisis data karyawan, hingga menjalankan standar dan kontrol protokol dengan teratur.

2. Quality Control Eksternal

Merupakan pengendalian mutu yang berkaitan dengan produk atau data yang akan dikirim ke perusahaan luar yang tidak memiliki afiliasi dengan perusahaan yang dimiliki. Contohnya seperti quality control terhadap produksi pangan di mana perusahaan harus melakukan analisis nilai gizi dan pengecekan umur produksi secara rutin di laboratorium sendiri. Namun, pada tahapan akhirnya juga harus diverifikasi melalui laboratorium pihak luar dan penting untuk mendapatkan label Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Metode Kendali Mutu

Berikut beberapa metode kendali mutu yang harus dilakukan:

  • Menyediakan daftar periksa atau daftar item yang penting untuk memproduksi dan menjual produk.
  • Jaminan kualitas, mencakup kegiatan mulai dari pengembangan desain, produksi, servis, produksi, hingga manajemen produksi yang berkaitan dengan kualitas produk atau layanan.
  • Pengujian kegagalan, yakni metode yang berfungsi untuk melakukan uji coba produk hingga gagal, hal ini berguna untuk mengetahui kelemahan apa saja yang dimiliki produk.
  • Kontrol statistik, berguna untuk menguji sebagian output menggunakan sampel yang diambil secara acak.
  • Kualitas perusahaan, yakni dengan manajemen pemimpin yang baik, maka departemen lain juga akan mengalami peningkatan kualitas sehingga bisa menghasilkan produk atau layanan yang berhasil.
  • Total quality control di mana pengendalian mutu dilakukan bukan hanya dari statistik biasa dan metode-metode peningkatan mutu. Namun, juga memberikan gambaran secara lengkap dan mengevaluasi ulang spesifikasi-spesifikasi dari produk produk. Spesifikasi di sini dimaksudkan bukan hanya untuk mempertimbankan fitur terbatas yang dapat diubah pada produk sebelumnya.

Contoh Kendali Mutu

Contohnya saja pada proses kendali mutu yang dilakukan oleh perusahaan yang memproduksi obat-obatan dan makanan. Pengendalian mutu ini dilakukan dengan cara mengadakan uji mikrobiologis dan kimia menggunakan sampel yang diambil dari proses produksi guna memastikan konsumen tidak mengalami gangguan atau jatuh sakit setelah mengkonsumsinya. Kendali mutu ini juga mencakup pada panduan yang biasanya tertera pada kemasan makanan jadi maupun olahan.

Setelah membaca tentang penjelasan mengenai pengendalian mutu di atas, sekarang Anda pasti ingin bergegas untuk melakukan pembenahan dan menerapkannya dalam usaha Anda.

Jangan khawatir, Anda bisa mengandalkan RUN Market . RUN Market memiliki fitur Company Management yang akan membantu Anda, mengatur dan mengelola perusahaan secara profesional dan meningkatkan performance usaha melalui proses produksi secara optimal. Ditambah dengan fitur pengelolaan administrasi yang handal, RUN Market akan memastikan Anda memiliki setiap catatan administrasi perusahaan yang bisa Anda lihat kapan saja dimana saja.

Tidak perlu berpikir dua kali untuk bergabung dengan kami. Namun jika Anda masih membutuhkan informasi tentang benefits lain RUN Market, Anda bisa mengunjungi website kami sekarang juga.

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.