pembiayaan syariah

Lebih Jauh Tentang Pembiayaan Syariah, Cermati di Sini!

Berbagai model pembiayaan kini tersedia, dan dapat dipilih berdasarkan prinsip yang Anda miliki sebagai pemilik perusahaan. Salah satu model pembiayaan yang kini sedang naik daun adalah pembiayaan syariah.

Sebenarnya konsep ini sendiri merujuk pada akad yang telah dikeluarkan fatwanya oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, atau Pernyataan Kesesuaian Syariah dari DSN MUI tadi

Lalu bagaimana penjelasannya?

Baca Juga: Ketahui 3 Cara Cepat dan Mudah untuk Memperoleh Pendanaan

Konsep Pembiayaan Syariah

Pembiayaan syariah sendiri bisa dipahami sebagai penyediaan uang atau tagihan yang dipersamakan dengan hal tersebut berdasarkan persetujuan atau kesepakatan antara bank dengan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan bagi hasil.

Prinsip utama yang digunakan adalah keadilan, keseimbangan, kemaslahatan, universalisme, dan tidak mengandung gharar, maisir, riba, zhulm, risywah, dan objek haram lain. Untuk akadnya sendiri akan digunakan setidaknya tiga konsep utama.

  • Murabahah, adalah akad jual beli barang dengan menegaskan harga beli atau harga perolehan pada pembeli, dan pembeli membayarnya dengan harga lebih atau margin tertentu sebagai laba sesuai dengan kesepakatan setiap pihak
  • Mudharabah, adalah akad kerjasama suatu usaha antara dua pihak, dimana pihak pertama menyediakan seluruh modal, sedangkan pihak kedua bertindak selaku pengelola, dan keuntungan usaha yang didapatkan dibagi sesuai dengan kesepakatan setiap pihak
  • ijarah, adalah akad pemindahan hak guna atas suatu barang dalam jangka waktu tertentu, dengan pembayaran sewa tanpa diikuti dengan kepemilikan barang tersebut

Produk Pembiayaan Syariah untuk UMKM

pembiayaan syariah
Sumber: freepik.com

Pada sektor bisnis yang besar, tentu agunan tidak menjadi masalah yang signifikan untuk mendapatkan modal. Keberadaan aset yang cukup dan valuasi bisnis yang jelas akan membantu bisnis mendapatkan modal yang diperlukan.

Namun apa jadinya untuk UMKM?

Literasi keuangan bisnis yang masih rendah menjadi salah satu penghambat UMKM untuk terus berkembang. Lembaga keuangan syariah kemudian mengambil peran edukasi sekaligus penyaluran modal untuk golongan UMKM, sehingga akses pada kapital dapat diperoleh lebih mudah.

Pada lembaga keuangan syariah, uang bukan merupakan komoditas tapi merupakan alat tukar. Transparansi penggunaan keuangan akan diketahui oleh pemberi modal, diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah, yang beranggotakan Dewan Syariah Nasional MUI yang memahami ilmu fiqih dan muamalah.

Pada penyedia produk pembiayaan syariah yang tepat, pemilik usaha UMKM tidak hanya akan mendapatkan pembiayaan, namun juga literasi dan edukasi mengenai keuangan bisnis. Hal ini jelas sangat membantu UMKM untuk terus berkembang, karena selain mendapatkan modal yang diperlukan dengan prinsip syariah, pengusaha juga mendapatkan pengetahuan baru dan praktek optimal mengelola keuangan bisnisnya.

4 Keuntungan Pembiayaan Model Ini

Jika dicermati lebih dalam, pembiayaan model syariah akan memberikan setidaknya empat benefit utama untuk penggunanya. Penjelasan singkat atas keuntungan ini dapat Anda cermati di bawah ini.

1. Bunga Pinjaman Dilarang

Pembiayaan konvensional akan melibatkan bunga seiring berjalannya waktu dalam pengembalian modal yang diberikan. Namun konsep bunga dilarang di pembiayaan syariah, dan diganti dengan denda. Besaran denda sendiri ditentukan sejak awal, dan disepakati bersama saat diskusi mengenai pengajuan pembiayaan dilakukan.

2. Perjanjian yang Transparan

Ketika mengajukan pembiayaan, perjanjian dilakukan dengan transparan lewat proses akad. Anda sebagai pebisnis akan mengetahui biaya apa saja yang masuk dalam perjanjian ini, dan dapat bernegosiasi terkait margin keuntungan untuk pemberi pembiayaan jika merasa keberatan.

3. Kekeluargaan

Maksudnya adalah Anda sebagai penerima pembiayaan tidak akan mengalami kejadian penagihan dengan teror. Ketika Anda tidak dapat melunasi tepat waktu, perwakilan lembaga yang memberikan pembiayaan akan datang secara baik-baik dan mendiskusikan bagaimana solusi terbaik untuk persoalan yang dihadapi ini. Perundingan tentang masa pelunasan dapat dilakukan dan diperoleh periode yang lebih tepat untuk pelunasan.

4. Angsuran Sambil Berzakat

Selain mendapatkan pembiayaan untuk bisnis, Anda juga dapat berpartisipasi dalam zakat saat meminjam di lembaga pembiayaan syariah ini. Pihak pemberi pinjaman akan menawarkan pembayaran zakat. Nantinya setiap 2,5% keuntungan yang didapatkan oleh lembaga pembiayaan syariah akan disalurkan untuk zakat, sesuai dengan aturan dan kaidah yang berlaku.

Terakhir, Tips Mendapatkan Pembiayaan Syariah untuk Bisnis

pembiayaan syariah
Sumber: freepik.com

Ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda gunakan untuk memperbesar kesempatan mendapatkan modal dari pembiayaan syariah.

  • Pastikan membaca semua syarat, dan memenuhi syarat yang diberikan oleh lembaga keuangan yang Anda tuju. Hal ini mendasar, tapi akan membantu Anda menghemat banyak waktu dalam proses pengajuan pembiayaan
  • Pastikan Anda tahu benar jumlah pembiayaan yang diperlukan, dan memiliki rencana pengembalian yang terstruktur. Hal ini membantu Anda mendapat ‘nilai’ baik dimata pemberi pembiayaan, karena memiliki rencana bisnis yang jelas
  • Pastikan bisnis Anda tidak termasuk dalam daftar pembiayaan bermasalah, karena ini akan mempersulit pinjaman yang diajukan
  • Pilih lembaga pembiayaan yang legal, memiliki penawaran menarik, dan terbukti handal dalam memberikan pembiayaan syariah

 Baca Juga: 4 Strategi Pengembangan Produk yang Jitu dan Bikin Profit

Pembiayaan syariah sendiri dapat dimanfaatkan untuk modal bisnis hingga membantu operasional perusahaan yang Anda miliki. Salah satu layanan yang dapat Anda gunakan dan telah terbukti kualitasnya adalah ALAMI, pada alamisharia.co.id. Terbukti handal menyalurkan pembiayaan pada berbagai jenis bisnis sejak berdiri, akumulasi pembiayaan yang dimiliki adalah sekitar Rp5,1 triliun. Angka yang besar bukan

Tentu, untuk urusan fundamental lain seperti pengadaan barang dan jasa, Anda juga wajib menggunakan platform yang tepat, seperti RUN Market. Platform ini dapat membantu Anda menemukan setiap barang dan jasa yang Anda perlukan, atau Anda ingin pasarkan, pada pebisnis yang produktif dan kredibel. Dibantu dengan pembiayaan syariah, transaksi yang Anda lakukan dapat menjadi transaksi yang menguntungkan setiap saat!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.