metode satu sampul

Penting! Ketahui  Perbedaan Metode Satu Sampul dan Dua Sampul

Pengadaan barang dan jasa di lingkup perusahaan bukanlah hal yang bisa disepelekan. Keluar masuknya barang perusahaan harus dicatat secara jelas dan terperinci, guna menghindari kesalahan perhitungan biaya perusahaan. Setiap kali akan melakukan penawaran barang/jasa, perusahaan harus membuat suatu dokumen yang disebut dokumen penawaran barang dan jasa. Dokumen tersebut dibuat menjadi tiga buah dokumen, yaitu dokumen administrasi, dokumen penawaran teknis, dan dokumen penawaran harga. Ketiganya akan dikemas dalam format penyampulan yang telah ditentukan oleh pihak pemerintah. Format penyampulannya diatur dalam Perpres 54 tahun 2010. Dalam Perpres tersebut, pemerintah menetapkan tiga format penyampulan sebagai berikut.

  • Metode satu sampul
  • Metode dua sampul
  • Metode dua tahap

Lantas apa sih perbedaan metode satu sampul dan dua sampul?

Perbedaan Penyampaian  Dokumen Metode Satu Sampul dan Dua Sampul

Sumber: Unsplash

1. Metode Satu Sampul

Namanya saja metode satu sampul, tentu format penyampulannya hanya dikemas dalam satu sampul saja. Lalu, apa pengertian metode satu sampul? Metode satu sampul merupakan bentuk pengemasan dokumen administrasi, dokumen penawaran teknis, dan dokumen penawaran harga ke dalam satu sampul tertutup. Kapan metode satu sampul ini digunakan? Saat pengadaannya sederhana dan spesifikasi teknisnya jelas. Kemudian, berkas dibuka pada waktu yang bersamaan.

2. Metode Dua Sampul

Nah, metode satu ini tentu kebalikan dari metode sebelumnya. Jika sebelumnya ketiga dokumen dikemas dalam satu sampul, maka untuk metode ini terdapat dua buah sampul, yaitu sampul I dan sampul II. Metode dua sampul merupakan bentuk pengemasan dokumen ke dalam sampul I dan sampul II.

Sampul I berisi dokumen administrasi dan penawaran teknis sedangkan sampul II berisi dokumen penawaran harga. Selanjutnya, kedua buah sampul tersebut dimasukkan dalam satu sampul tertutup.

Kapan metode dua sampul digunakan? Saat dilakukan penawaran jasa konsultasi dengan metode evaluasi sistem kualitas atau sistem gabungan antara kualitas dan biaya. Untuk metode ini, sampul I dibuka oleh panitia untuk dilakukan pengecekan dokumen administrasi dan teknisnya. Jika kedua dokumen dinyatakan lulus, barulah panitia membuka sampul II.

Secara umum, perbedaan metode satu sampul dan dua sampul terletak pada banyaknya penyampulan yang dilakukan, kebutuhan akan penawaran, misalnya sederhana atau kompleks, proses pembukaan sampul oleh panitia. Jadi, perbedaan metode satu sampul dan dua sampul bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari. Aplikasi keduanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan penawaran.

Metode Procurement Perusahaan yang Efisien

Sumber: Pixabay

Selain masalah penyampaian metode dokumen di atas. Bagi Anda yang belum mengetahui tentang metode procurement yang efisien. Anda bisa memahaminya dari penjelasan singkat di bawah ini. 

Procurement di Indonesia diatur oleh undang-undang. Aturan tersebut selain untuk mengelola proses pengadaan juga berfungsi sebagai dasar hukum. Hal ini bertujuan untuk meminimalisasi adanya tindak kecurangan dalam proses pengadaan barang. Agar pengadaan makin jelas, perusahaan juga harus menerapkan metode procurement. Berikut ini adalah beberapa metode dalam pengadaan barang dan jasa.

1.   Pengadaan langsung

Metode pengadaan langsung atau direct procurement menjadi pilihan banyak perusahaan dalam proses pengadaan barang atau jasa. Hal ini karena metode pengadaan ini terbilang mudah. Metode ini berupa pembelian barang yang berhubungan langsung dengan proses produksi. Pengadaan barang dengan metode ini memerlukan biaya yang cukup besar dan waktu yang relatif sering. Oleh karena itu, perusahaan perlu melakukan pengelolaan dan pengawasan yang lebih ketat.

2.   Tender

Pengadaan barang dan jasa menggunakan tender juga sering menjadi pilihan. Pada prinsipnya, pengadaan dengan metode tender memanfaatkan jasa pihak ketiga atau vendor. Perusahaan akan memilih vendor terbaik yang akan menjadi mitra bisnisnya. Vendor yang memenangi tender tentu telah melewati tahap penilaian yang ketat yang sesuai dengan standar perusahaan.

3.   Proposal Permintaan

Pengadaan barang juga bisa menggunakan metode proposal permintaan. Perusahaan akan mengajukan proposal permintaan ke berbagai vendor. Pengajuan tersebut umumnya berhubungan dengan pekerjaan di bidang jasa. Jika vendor yang menerima proposal tertarik melakukan kerja sama, vendor tersebut harus melakukan penawaran secara detail.

4.   Permintaan Penawaran

Permintaan penawaran sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proposal permintaan. Perusahaan mengajukan proposal ke tiga vendor yang mereka pilih. Setelah itu, vendor akan mengajukan penawaran sesuai proposal. Perusahaan akan memilih vendor yang mengajukan penawaran dengan harga murah dengan kualitas terbaik.

5.   Vendor Tunggal

Metode yang terakhir adalah vendor tunggal. Dalam metode ini, tidak ada proses persaingan untuk memenangkan kerja sama dengan perusahaan. Hanya saja, metode ini berlaku dalam kondisi dan situasi tertentu. Jika dalam keadaan darurat, perusahaan dapat langsung memilih satu vendor yang sesuai dengan kriteria.

Baca Juga: 4 Tips Efektif Melakukan Procurement MRO

Itulah perbedaan metode penyampaian dokumen satu sampul dan dua sampul  serta metode  procurement perusahaan secara efisien yang bisa kami rangkum. Bagi Anda yang mau sistem pengadaan barangnya lebih rapi dan sistematis, kini saatnya beralih ke Platform berbasis web e-procurement, RUN Market.

RUN Market menyediakan fitur yang mendukung metode satu atau dua sampul. Dengan Penggunaan RUN Market, Anda bisa dengan mudah mengelompokkan data dan penawaran dalam satu atau dua sampul sesuai kebutuhan. Fitur Sales Order Management dan fitur-fitur lainnya dari RUN Market akan mempermudah Anda menemukan pengadaan project baru, memasukkan penawaran dan mengelola data yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan project tersebut.

Run Market juga merupakan platform berbasis web eprocurement yang bisa didesain sesuai dengan keinginan klien dan kebutuhan perusahaan. Dengan RUN Market, sistem pengadaan barang di perusahaan jadi lebih jelas dan sistematis. Segera kunjungi web RUN Market  dan dapatkan manfaat lainnya!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.