komunikasi bisnis

8 Tips Penting Komunikasi Bisnis Terkini, Pebisnis Harus Tahu!

Komunikasi bisnis yang efektif pastinya sangat diperlukan ketika Anda ingin melebarkan jaringan bisnis Anda. Seperti yang kita pahami bersama, bahwa komunikasi adalah awal dari sebuah pemahaman pentingnya sebuah kerjasama di masa depan. Berawal dari komunikasi yang baik, akan timbul kesempatan untuk memulai kerjasama dengan baik.

Bagaimana tips untuk memiliki komunikasi bisnis secara efektif? Apa saja manfaatnya? Mari kita simak informasi di bawah ini.

Manfaat Membangun Komunikasi Bisnis

Pada dasarnya membangun komunikasi bisnis yang baik memiliki beberapa manfaat yang sayang banget untuk dilewatkan, beberapa diantaranya, yaitu:

  • Membangun tim yang lebih baik
  • Mencegah kesalahpahaman dan konflik
  • Meningkatkan layanan pelanggan
  • Membantu memenuhi tujuan dan meraih kesuksesan
  • Membangun kekompakan tim dalam bekerja

Tips Membangun Komunikasi Bisnis yang Efektif

Komunikasi dalam bisnis yang baik tidak hanya harus dilakukan secara internal dalam suatu perusahaan  antar karyawan saja, tapi juga komunikasi yang baik dalam menjalin hubungan dengan klien dan pengguna jasa atau barang yang Anda tawarkan. Beberapa tips membangun komunikasi bisnis yang baik dan bisa Anda terapkan dengan mudah, yaitu:

1. Sederhanakan Masalah yang Ingin Anda Sampaikan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membangun komunikasi dalam bisnis adalah menyederhanakan hal yang ingin Anda sampaikan. Karena hal ini akan memudahkan lawan bicaramu untuk memahami hal yang ingin disampaikan. Selain itu, berikan kesempatan kepada lawan bicara untuk bertanya mengenai hal yang mungkin belum dipahami.

2. Mendengarkan Secara Aktif

tender adalah
Sumber: freepik.com

Mendengarkan secara aktif dan berlatih untuk sepenuhnya fokus mendengarkan pada apa yang dikatakan lawan bicara juga merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan. Karena hal ini akan membuat lawan bicara merasa lebih dihargai.

Jika Anda mungkin belum mengerti dengan apa yang disampaikan lawan bicara, ringkas kalimat yang Anda dengar, dan ucapkan kembali kepada lawan bicara untuk memastikan benar atau tidaknya kalimat tersebut. Karena hal ini bisa bermanfaat untuk menunjukkan bahwa Anda menyimak dan mendengarkan secara aktif mengenai hal yang disampaikan lawan bicara.

3. Coba Ingat Lawan Bicara Anda

Mampu mengingat nama orang lain dapat membantu Anda untuk bisa berkomunikasi lebih baik dengan rekan kerja, klien, dan pengguna setia produk atau jasa yang Anda tawarkan.  Jangan lupa juga untuk mengingat beberapa informasi penting tentang lawan bicara, seperti tempat tinggal atau makanan favorit. Karena hal ini akan membuat lawan pembicara merasa lebih dihargai, sehingga akhirnya bisa lebih nyaman dan mau berbicara banyak hal denganmu.

4. Manfaatkan Teknologi

Kemajuan teknologi saat ini membuat komunikasi menjadi lebih cepat dan efektif. Oleh karena itu, mulailah pertimbangkan untuk menggunakan beberapa platform dalam berkomunikasi yang memungkinkan Anda bisa berkomunikasi dengan cepat dan efisien, seperti Zoom, Slack, atau Skype. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan platform yang dapat membuat karyawan mengetahui kemajuan pekerjaan satu sama lain, seperti Trello.

5. Selesaikan Masalah Secepat Mungkin

contoh negosiasi bisnis
sumber: Pixabay

Jika ada masalah yang mungkin sedang dihadapi, baik di dalam internal perusahaan maupun eksternal perusahaan dengan klien atau pelanggan, jangan ragu untuk segera menyelesaikan masalahnya secepat mungkin ya. Karena masalah yang tidak diselesaikan secara cepat dan tepat justru akan sangat menghambat berjalannya komunikasi yang baik, hingga akhirnya mengganggu kinerja bisnis yang sedang Anda jalankan.

6. Selalu Bersikap Jujur

Kejujuran dalam komunikasi bisnis merupakan prinsip yang perlu Anda lakukan. Karena jika Anda tetap jujur ​​saat berkomunikasi, maka Anda bisa mendapatkan kepercayaan yang baik dari klien, vendor, karyawan, ataupun pelanggan setia. Salah satu cara paling mudah untuk selalu jujur saat berkomunikasi adalah dengan selalu memberi tahu lawan bicara jika ada hal yang mungkin tidak Anda pahami. Hal ini bermanfaat untuk mencegah adanya kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

7. Perhatikan Gesture Tubuh Anda

Dalam komunikasi bisnis, Anda juga harus bijak mengeluarkan mimik atau gestur tubuh saat sedang bersama rekan kerja. Saat proposal kerja sama Anda diterima dan ditandatangan langsung di hadapan Anda, tidak ada salahnya untuk memperlihatkan senyum dan mimik yang gembira.

Begitu juga ketika usaha komunikasi bisnis yang sudah diusahakan selama sebulan belum mendapatkan titik temu, Anda tidak perlu membanting tumpukan kertas atau keluar dari kursi dengan gerakan yang emosional. Partner kerja akan merasa tidak nyaman dengan gestur demikian, nantinya akan berbahaya untuk kelangsungan komunikasi bisnis selanjutnya.

8. Hindari Mendikte

Jurus penting lainnya supaya komunikasi bisnis bisa berjalan lancar dan menyenangkan adalah tidak mendikte. Lawan bicara Anda bisa saja sudah melewati lebih banyak pengalaman kerja yang belum Anda alami. Sekalipun Anda lebih senior, tidak perlu menggurui rekan bisnis sendiri.

Gunakan bahasa yang sederhana dan bisa dimengerti kedua pihak, sampaikan secara jelas strategi atau rencana bisnis yang mau dilaksanakan. Anda juga harus mau berkolaborasi dengan lawan bicara dan menerima masukan, dengan begitu komunikasi bisnis tidak akan jadi hal yang membosankan bagi pihak yang ikut serta.

Baca Juga: Contoh Negosiasi Bisnis: Manfaat dan 5 Teknik Melakukannya

Ternyata tidak terlalu sulit bukan untuk melakukan komunikasi bisnis yang efektif? Ingatlah selain komunikasi bisnis yang efektif, Anda juga membutuhkan teknologi untuk memperluas kesempatan Anda memperoleh pasar. RUN Market adalah salah satu solusi yang bisa Anda miliki.

Mengapa? Karena RUN Market adalah Platform Kolaborasi Pasar yang menyatukan pembeli dan penjual dengan mudah, cepat, dan andal. Sistem penawaran dan pemberian harga terbaik sesuai kondisi pasar pun bisa diakomodasi dengan baik melalui RUN Market.

Segera bergabung dengan RUN Market, dan rasakan banyak manfaatnya untuk kemajuan usaha Anda sekarang juga.

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.