barang inferior mobil bekas

Barang Inferior: Antara Kualitas dan Perilaku Konsumen

Keberadaan inferior good atau barang inferior adalah sebuah peluang bisnis yang biasanya terpakai secara maksimal saat kondisi perekonomian sedang menurun. Mengapa demikian? Karena harga dan tujuan diciptakannya barang inferior biasanya memang untuk kalangan menengah ke bawah.

Lantas apakah itu berarti kualitas barang inferior juga rendah? Bagaimana strategi pemasarannya? Apa perbedaan inferior good dengan barang normal atau mewah? Simak informasinya di bawah ini.

Barang Inferior adalah

Sebagian dari Anda mungkin masih bertanya, apa yang dimaksud dengan barang inferior? Seperti telah disebutkan sebelumnya, barang inferior adalah komoditas yang demand atau permintaannya akan menurun secara signifikan ketika pendapatan konsumen sedang meningkat.

Sepintas hal tersebut terdengar aneh, ya? Bukankah seharusnya transaksi atau aktivitas belanja meningkat jika daya beli masyarakat meningkat? Memang benar! Namun, situasi tersebut tidak berlaku untuk semua barang.

Kadang konsumen justru mengganti barang pilihannya dengan opsi lain seiring dengan naiknya pendapatan, misalnya dengan opsi yang lebih mahal.

Situasi tersebut juga menunjukkan bahwa inferior goods merupakan barang-barang dengan kualitas minimal dan/atau harga ekonomis. Jadi, barang-barang tersebut terasa sebagai pilihan terbaik saat konsumen mempunyai pendapatan terbatas.

Salah satu contoh yang mungkin terasa familier hampir bagi semua orang ialah sandal jepit. Sandal jepit dengan harga ekonomis kerap menjadi pilihan utama konsumen yang memiliki pendapatan terbatas atau rendah.

Akan tetapi, saat pendapatannya meningkat, konsumen mengganti pilihan sandalnya dengan jenis sandal lain dengan harga serta kualitas yang lebih baik. Kalaupun konsumen tetap menggunakan sandal jepit, mungkin konsumen akan berganti merek ke brand sandal jepit tertentu yang dirasa lebih prestise.

Apakah Inferior Goods Memiliki Kualitas Buruk?

Sumber: Pixabay

Salah satu kesalahpahaman umum tentang barang inferior adalah bahwa barang tersebut harus memiliki kualitas yang lebih rendah. Namun, ini tidak selalu terjadi. Inferior goods bisa saja berkualitas rendah, tetapi tidak harus demikian.

Misalnya, mobil mewah mungkin merupakan barang normal, sedangkan mobil murah mungkin merupakan barang inferior. Mobil mewah kemungkinan akan memiliki kualitas yang lebih baik daripada mobil budget. Namun, mobil budget tetap dibutuhkan oleh masyarakat berpenghasilan rendah.

Perbedaan Antara Barang Inferior, Normal, dan Mewah

Penting juga untuk memahami perbedaan antara inferior goods, normal, dan mewah. Barang inferior adalah barang yang dibeli orang ketika pendapatannya rendah.

Barang normal adalah barang yang akan terus dibeli orang terlepas dari apakah pendapatan mereka naik atau turun. Di sisi lain, barang mewah adalah produk yang hanya dibeli orang ketika pendapatannya tinggi.

Barang inferior sering dicirikan oleh kualitas rendah dan/atau harga rendah. Sebaliknya, barang normal biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih mahal daripada inferior goods.

Terakhir, barang mewah adalah yang paling mahal dan memiliki kualitas terbaik dari ketiga jenis produk tersebut. Ini sering dibeli ketika individu memiliki banyak pendapatan yang dapat dibelanjakan.

Dalam hal pemasaran, penting untuk memahami perbedaan antara inferior goods, normal, dan mewah. Ini akan membantu Anda menentukan jenis produk yang harus Anda pasarkan kepada orang-orang berdasarkan tingkat pendapatan mereka.

Strategi Pemasaran Produk Inferior

Sumber: Pixabay

Barang inferior dapat menjadi alat yang ampuh bagi para profesional pemasaran yang menargetkan konsumen tertentu. Dengan memahami konsep inferior goods, Anda dapat lebih mengidentifikasi produk yang mungkin tidak disukai oleh kelompok pendapatan tertentu dan membuat promosi yang dirancang khusus untuk menarik konsumen tersebut.

Selain itu, dengan menekankan biaya rendah atau nilai inferior goods, Anda mungkin dapat meyakinkan konsumen bahwa produk ini mewakili harga yang bagus, bahkan ketika tersedia alternatif yang lebih mahal.

Keterkaitan Antara Inferior Goods dan Perilaku Konsumen

Pemasaran adalah tentang memahami perilaku konsumen. Ini termasuk memahami apa yang orang beli ketika mereka membelinya dan mengapa mereka membuat keputusan. Penting juga untuk mengetahui bagaimana faktor ekonomi yang berbeda mempengaruhi kebiasaan membeli orang.

Inferior goods adalah contoh yang bagus tentang bagaimana ekonomi dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Ketika pendapatan masyarakat meningkat, mereka membeli barang substitusi yang lebih mahal untuk produk inferior.

Sangat penting untuk memahami perilaku konsumen agar sukses dalam pemasaran. Lagi pula, jika Anda tidak tahu mengapa orang membeli produk Anda, tidak akan mudah untuk menjualnya kepada mereka. Anda juga perlu menyadari bagaimana faktor ekonomi dapat mempengaruhi keputusan pembelian orang.

Memasarkan Produk Inferior secara Tepat Bersama RUN Market

Bukan rahasia lagi, kegiatan ekonomi pasti berputar mengikuti hukum supply dan demand. Namun, komoditas ekonomi terbagi ke dalam beberapa jenis yang setiap jenisnya mempengaruhi permintaan pasar, salah satunya jenis barang inferior.

Sampai sini, kamu tentu sudah mengetahui, apakah yang dimaksud inferior goods? Barang inferior adalah komoditas atau produk yang permintaannya justru menurun saat pendapatan konsumen meningkat.

Sekarang pertanyaannya adalah, apakah bisnis Anda menjual  salah satu produk inferior tersebut? Jika jawabannya iya, maka Anda harus memperhatikan sistem pemasaran Anda, karena permintaannya sangat mungkin fluktuatif.

Untuk memastikan penjualan yang tepat sasaran dan menemukan pasar yang tepat untuk produk Anda, cobalah bergabung bersama RUN Market.

RUN Market adalah sebuah  fitur B2B Market Collaboration Platform. RUN Market memberikan solusi inovatif pengelolaan proses pengadaan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk saling terhubung dalam satu platform.

RUN Market memungkinkan penawaran produk dan jasa perusahaan dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Melalui fitur Sales Order Management, RUN Market dapat membantu perusahaan untuk memasukan penawaran ke pembeli yang membutuhkan barang dan mempermudah proses pemesanan.

Dapatkan kesempatan untuk memperoleh pembelian dan memasuki pasar yang lebih luas dengan produk Anda melalui RUN Market sekarang juga.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 Copyright RUN System, All rights reserved.