dashboard penjualan

Apa itu Fungsi dan 5 Manfaat Dashboard Penjualan bagi Pebisnis

Ada banyak alat pendukung untuk menunjang operasional bisnis dan salah satunya adalah dashboard. Namun, ada banyak dashboard yang tersedia dan membantu perkembangan bisnis. Jika Anda fokus dalam penjualan atau sales, yang Anda butuhkan adalah dashboard penjualan. 

Secara umum, dashboard penjualan adalah piranti yang berbentuk digital. Di dalamnya terdapat varian angka yang terstruktur untuk memantau proses pertumbuhan penjualan bisnis Anda. 

Namun, seberapa pentingkah dashboard penjualan bagi bisnis Anda? Apa saja fungsi yang tersedia dalam dashboard tersebut? Apa saja pula manfaat yang Anda peroleh dari dashboard ini? Simak selengkapnya hanya di R1.

Arti dari Dashboard Penjualan

Dashboard penjualan adalah sebuah alat yang berwujud visual dan instan dengan menunjukkan key performance indicator (KPI). Dashboard ini dapat membantu tim penjualan untuk mengecek perkembangan kinerja, mengambil keputusan dan perencanaan, memberikan kompensasi, dan menganalisis masalah supaya tidak terlihat menjadi besar. 

Fungsi Dashboard Penjualan

Sumber: pexels.com

Sebagai bagian dari sistem penjualan, kehadiran dashboard penjualan sangat membantu untuk perkembangan bisnis. Terlebih, sistem ini mengandalkan perangkat lunak yang memudahkan Anda untuk mengelola informasi. 

Dari pengelolaan tersebut, Anda bisa mengatur, menyusun, mengolah, hingga menyajikan keseluruhan informasi agar nyaman dibaca, diakses, dianalisis, dan dipahami. Apalagi informasi yang dihadirkan lebih banyak daftar angka daripada kata-kata. Apabila mampu dikelola dengan baik, mudah bagi Anda untuk menawarkan investasi kepada investor baru. 

Manfaat Dashboard Penjualan

Setelah memahami apa pengertian dan fungsi dari dashboard penjualan maka yang perlu Anda ketahui adalah manfaatnya. Ini 5 manfaatnya.

Sumber: pexels.com

1. Hemat Waktu dan Biaya

Manfaat yang pertama dan bisa Anda peroleh adalah menghemat waktu dan biaya. Sebab, kehadiran dashboard ini membuat berkurangnya aktivitas sehingga Anda bisa memikirkan hal lain seperti perkembangan atau inovasi produk. Bahkan, kehadirannya memudahkan Anda untuk membaca data penjualan. Oleh karena itu, tidak sekadar menghemat waktu melainkan juga menghemat biaya. 

Anda pun tidak perlu repot mengolah data karena sudah terstruktur dalam sistem. Maka dari itu, laporan dari dashboard penjualan dapat Anda baca dan pantau kapanpun dan di manapun. 

2. Aktivitas Menjadi Lebih Cepat

Kehadiran data secara visual memang memanjakan mata terutama bagi pebisnis. Sebab, data visual cenderung mudah dipahami oleh siapa saja. Apabila dalam data tersebut terjadi kesalahan atau kekeliruan informasi, dapat dengan mudah untuk diperbaiki. 

Namun, jika tidak ada kekeliruan, Anda bisa melanjutkan aktivitas lainnya. Tentu saja, ini akan menghemat waktu dan biaya sehingga membuat aktivitas Anda lebih cepat daripada sebelumnya. 

3. Mengetahui Masalah yang Harus Diperbaiki

Manfaat ketiga yang perlu Anda ketahui dari dashboard penjualan adalah identifikasi masalah lebih cepat daripada sebelumnya. Dari dashboard, Anda akan disajikan berbagai data dalam bentuk grafik atau metrik. Kemudian, dari dashboard pula, Anda akan mengetahui target yang belum tercapai dan telah tercapai. 

Oleh karena itu, Anda bisa menyesuaikan dengan indikator yang telah Anda buat. Jika tidak tercapai, Anda akan mudah melihat dari data yang telah tersaji. Sehingga, Anda lebih mudah untuk membuat keputusan selanjutnya. 

4. Mudah Menentukan Keputusan

Ketika Anda melihat data yang terekam dalam sales dashboard maka itulah data akurat yang dapat menjadi panduan untuk berbisnis. OIeh karena data yang disajikan terukur dan tidak mungkin mengalami bias maka mudah bagi pebisnis untuk mengambil keputusan. Keputusan tersebut sudah pasti akan menguntungkan tidak hanya bagi pebisnis melainkan juga perusahaan. 

5. Meningkatkan Pelayanan terhadap Konsumen

Manfaat terakhir yang dapat Anda peroleh dari sales dashboard adalah mampu meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Sinkronisasi data yang cepat dan mudah membuat pebisnis lebih mudah untuk membuat keputusan. Beberapa keputusan yang menguntungkan konsumen seperti kehadiran promo atau diskon. 

Baca Juga: Purchase Requisition, 4 Fungsi, dan Format Pembuatannya

Tidak hanya keputusan soal bisnis, melainkan juga bagaimana pebisnis mengelola data pelanggan dengan baik. Sebagai contoh, feedback atau testimoni pelanggan bisa menjadi bahan pertimbangan untuk inovasi produk. Maka, pentingya mengelola data pelanggan yang tersaji dalam dashboard penjualan. 

Dengan mengetahui pengertian, fungsi, serta manfaat dari dashboard penjualan maka mudah bagi pebisnis untuk mengatur strategi serta membuat keputusan. Untuk menunjang kebutuhan pebisnis, RUN Market dari RUN System mampu memberikan solusi mengenai proses pengadaan barang dan jasa. Sehingga lebih memudahkan pebisnis untuk berjumpa dengan konsumen. 

RUN Market akan membantu perusahaan Anda untuk transformasi digitalisasi proses pengadaan barang dan jasa. Selain itu, RUN Market juga mampu meningkatkan performa bisnis melalui informasi dan data berupa laporan secara detail dan akurat. 

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.