target market

Penting! Inilah 4 Cara Menentukan Target Pasar secara Tepat

Target pasar adalah hal pertama yang harus ditentukan sebelum merilis produk ke masyarakat. Sebab tanpa pasar yang terarah, produk dari usaha Anda tidak akan bisa menjangkau mereka yang membutuhkannya. Dalam kata lain, tidak akan ada yang beli produk tersebut karena orang-orang yang melihatnya merasa tidak butuh.

Tanpa kita sadari, sebenarnya kita adalah target market dari banyak perusahaan. Sebab sebuah perusahaan biasanya tidak menargetkan produknya kepada satu kelompok tertutup saja, namun dalam kelompok yang lebih luas. Agar lebih jelas, mari kita pelajari bersama semua tentang target pasar dalam artikel berikut ini.

Pengertian Target Pasar

Target pasar mengacu pada sekelompok konsumen potensial yang menjadi sasaran perusahaan atau kepada siapa perusahaan ingin menjual produk/layanannya. Dengan adanya kelompok konsumen ini, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk melakukan marketing campaign karena orang-orang itulah yang akan membeli produk/layanan dari perusahaan Anda.

Bagian dari keberhasilan perusahaan adalah dengan mengetahui kepada siapa produk/layanan itu akan dijual. Ini menjadi salah satu penyebab mengapa sebuah bisnis menghabiskan banyak waktu untuk menentukan dan memantau target pasarnya. Konsumen yang terbentuk menjadi target pasar biasanya memiliki karakteristik yang serupa seperti usia, lokasi, pendapatan, atau lifestyle.

Kelompok konsumen ini berguna untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang sebuah perusahaan dan kebutuhan konsumen potensial pada saat yang bersamaan. Setelah berhasil mengidentifikasi target market, hal itu dapat mempengaruhi harga, promosi dan distribusi produk/layanan sebuah perusahaan.

Mengidentifikasi konsumen mana yang menjadi target merupakan langkah penting bagi perusahaan dalam mengembangkan rencana bisnis. Menargetkan pasar tanpa tahu kepada siapa produk/layanan akan dijual hanya akan menghabiskan banyak waktu dan biaya. Perusahaan akan terus mengalami kerugian dan yang paling parah bisa menghancurkannya.

Manfaat dari Menentukan Target Pasar

Sumber: freepik.com

Memilih konsumen secara spesifik untuk menjadi target market adalah cara yang tepat untuk mengembangkan bisnis Anda. Hal ini memungkinkan Anda menjadi lebih fokus pada konsumen yang Anda inginkan. Berikut adalah  beberapa manfaat dari memiliki data terkait konsumen tertentu:

  • Anda bisa mengeliminasi konsumen yang tidak menghargai marketing campaign yang perusahaan Anda tawarkan
  • Perusahaan memiliki pengeluaran yang lebih efektif untuk marketing
  • Anda bisa fokus menjual produk/layanan sesuai kebutuhan target pasar dengan lebih maksimal karena target yang spesifik
  • Perusahaan bisa menggunakan waktu lebih banyak dan memberikan yang terbaik untuk target pasar bisnis Anda
  • Berkesempatan membangun relasi yang kuat dengan konsumen dan membuat mereka mempercayai bisnis Anda

Bagaimana Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat?

Sumber: Unsplash.com

Untuk dapat memahami dengan jelas target pasar, perusahaan harus melakukan identifikasi pasar. Dengan memahami kepada siapa produk/layanan bisnis ditujukan dan bagaimana menemukan target yang tepat, Anda bisa membuat strategi pemasaran yang benar-benar menghasilkan keuntungan.

1. Ketahui Niche Market

Apapun yang Anda jual, pasti ada sekelompok orang yang akan mencari dan membelinya. Itulah yang disebut niche market. Untuk memahami niche bisnis Anda, lihat apa yang Anda jual dan alasan mengapa Anda menjualnya. Ini akan membantu Anda untuk memahami apa yang Anda tawarkan sebagai penjual dan mengapa calon konsumen ingin membeli produk Anda. Tanyalah pada diri Anda sebagai penjual:

  • Apa yang menarik dari produk/layanan Anda?
  • Apakah produk/layanan Anda dapat menjadi solusi/pemecah masalah bagi calon konsumen?
  • Apa manfaat yang didapatkan dari produk/layanan Anda bagi calon konsumen?
  • Bagaimana produk/layanan Anda bisa meningkatkan kepuasan bagi calon konsumen?

2. Perhatikan konsumen yang ada

Jika Anda sudah menghasilkan keuntungan itu berarti Anda sudah memiliki akses langsung ke target market. Setelah Anda memahami konsumen, Anda bisa menargetkan lebih banyak calon konsumen baru. Anda bisa mengidentifikasi pola atau karakteristik dari konsumen Anda seperti:

  • Usia, data rentang usia konsumen akan membantu Anda ketika memilih target pasar untuk promosi
  • Gender, dengan mengetahui gender dari konsumen bisa membantu Anda memahami kebutuhan dan keinginan spesifik sesuai dengan jenis kelamin mereka
  • Pendapatan, hal ini membantu Anda untuk menentukan apakah konsumen Anda mampu membeli atau repurchase produk/layanan Anda
  • Perilaku, identifikasi perilaku membantu Anda untuk mengetahui jenis konten atau produk/layanan seperti apa yang mereka sukai
target pasar

3. Pahami Analisis Perusahaan

Saat Anda memasang iklan atau membuat strategi pemasaran, penting untuk mengetahui dengan tepat jenis konten yang akan dibagikan dan di platform mana konten itu akan dibagikan. Anda bisa melihat konten mana yang paling banyak dilihat dan berhasil menarik konsumen untuk membeli produk/layanan Anda. Ketika Anda bisa mengeceknya di dashboard analitik atau halaman sosial media untuk mengetahui detail data dari perusahaan Anda.

4. Lihat Kompetitor Perusahaan

Jika Anda belum memiliki konsumen tetap atau bahkan belum memilikinya sama sekali, Anda bisa melihat apa yang dilakukan kompetitor perusahaan Anda. Hal itu dilakukan untuk membantu Anda memahami target pasar Anda. Telusuri situs web, blog, media sosial, dan iklan kompetitor untuk mempelajari strategi pemasaran mereka.

Lebih Mudah Menentukan Target Pasar Bersama Run Market

Untuk meningkatkan penjualan maka perusahaan memerlukan target market secara tepat, Untuk memiliki sistem informasi target pasar yang tepat, RUN Market sebagai platform B2B Procurement akan menjadi solusinya. RUN Market, akan membantu Anda menyediakan data yang terukur dan akurat mengenai target pasar yang sesuai kebutuhan perusahaan dan terpercaya.

Tunggu apalagi segeralah bergabung bersama RUN Market dan dapatkan kesempatan untuk menemukan target pasar dan optimalkan keuntungan bersama kami.

target pasar

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.