networking bisnis

Networking Bisnis adalah Penentu Berkembangnya Usaha, Ini 5 Faktanya

Dalam dunia bisnis termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), networking bisnis adalah poin penting untuk mengembangkan usaha. Jaringan relasi yang terjalin dengan baik, usaha akan bisa berkembang. Salah satu contoh yang paling dekat dengan networking adalah hubungan dengan rekan bisnis. Dalam jangka panjang, pebisnis dengan networking yang baik tentu akan memiliki keuntungan. Lalu, apa sebenarnya networking itu? Apa yang dimaksud dengan networking? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Networking

Networking adalah jaringan yang terbentuk dari pertukaran informasi atau ide di antara rekan seprofesi atau minat khusus dalam menjalankan bisnis. Biasanya networking terbentuk dalam lingkungan sosial informal, dan berawal dari satu kesamaan seperti memiliki hobi yang sama dan tergabung dalam satu komunitas. Networking umumnya dipakai kalangan profesional untuk memperluas relasi. Biasanya untuk mencari peluang kerja, atau berbagi informasi dan tren di bidang yang disukai.

Sementara itu, bagi pemilik bisnis, membangun jaringan atau networking adalah untuk mengembangkan bisnisnya di masa depan. Koneksi ini membantu pebisnis membangun hubungan dan kepercayaan di antara komunitasnya. Salah satu ciri networking bisnis yang sukses adalah dengan eratnya komunikasi antara pebisnis. Mereka juga selalu bertukar informasi penting yang mungkin tidak didapat di luar jaringan bisnis tersebut

Dalam dunia bisnis, networking atau jaringan mempunyai peranan yang sangat penting. Memiliki networking yang luas akan membuat bisnis Anda semakin berkembang. Sebelum lebih lanjut, apakah Anda tahu apa itu networking dalam bisnis?

Apa Itu Networking dalam Bisnis?

Sumber: Unsplash.com

Networking bisnis adalah hubungan individu atau kelompok yang bisa mendukung karir atau bisnis baik secara personal maupun profesional. Bila hubungan antara sesama pemilik usaha sudah baik, maka kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan.

Mengapa hal tersebut penting dilakukan?

Seperti sudah kita ketahui bahwa membangun bisnis hingga sukses itu memerlukan waktu yang tidak singkat Dengan begitu Anda memerlukan jaringan teman ataupun rekan yang bisa memberikan energi positif. Sehingga Anda akan lebih giat untuk menjalankan bisnis tersebut.

Manfaat Networking Bisnis adalah?

Membangun jaringan dalam bisnis itu merupakan sebuah keharusan jika memang usaha Anda ingin berkembang. Karena networking memberikan manfaat untuk usaha. Berikut ini adalah rangkuman tentang manfaat networking dalam usaha.

1. Mempermudah Kolaborasi

Menjalin networking dalam usaha itu sangat penting karena akan mempermudah Anda untuk berkolaborasi. Keberadaan kolaborasi ini akan membuat bisnis Anda lebih kuat dan bisa bertahan dengan waktu yang lebih lama.

Networking adalah kerjasama dengan orang lain yang bisa ditujukan untuk berkolaborasi. Contoh aktivitas networking ini adalah kolaborasi yang dilakukan oleh perusahaan A dan perusahaan B.

Dengan menjalin kerjasama yang solid, maka bisnis Anda akan semakin kuat. Karena jaringan akan membuat bisnis Anda semakin terkenal di banyak konsumen.

2. Meningkatkan Profil Bisnis

Membangun networking dalam usaha juga akan membuat profil bisnis Anda semakin meningkat. Partner bisnis yang semakin luas bisa membuat jangkauan bisnis Anda semakin luas. Bahkan bisa dengan mudahnya melebar melalui berbagai komunikasi.

Manfaat networking yang satu ini bisa Anda manfaatkan untuk promosi dan membangun brand. Contoh membangun jaringan dalam bisnis terjadi pada peluncuran layanan Motoquick. Dengan begitu kedua belah pihak yang bekerja sama akan mendapatkan profit.

Kolaborasi antar perusahaan bisa meningkat profil bisnis kedua belah pihak. Akan lebih baik lagi jika kolaborasi ini dilakukan dengan perusahaan yang sudah besar, maka bisnis Anda yang masih kecil akan terbawa besar.

3. Mempermudah  Inovasi Produk

Jika kita perhatikan, banyak para pebisnis sukses yang terlihat mudah melakukan inovasi produk. Salah satu faktor utamanya adalah mereka sudah melakukan networking yang sangat luas.

Contoh memeperluas jaringan dalam bisnis ini dengan cara bermitra dengan agen pemasaran. Sehingga Anda akan lebih mudah untuk melakukan pemasaran dan potensi untuk laris sangat besar.

Cara membangung networking yang paling dasar adalah menambah kenalan atau partner. Sebaik banyak partner yang Anda miliki, maka semakin banyak peluang bisnis yang dapat Anda coba.

Pasalnya partner tersebut akan merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. Sampai sekarang sudah banyak orang yang membangun networking dalam bisnis dengan memperbanyak partner.

networking bisnis adalah

4. Bisnis Semakin Besar

Melakukan aktivitas networking juga bisa membuat bisnis Anda berpotensi semakin besar. Berbagai masalah yang terjadi dalam bisnis Anda bisa tertangani dengan sangat baik. Karena partner Anda akan membantu Anda mengatasinya.

Misalnya Anda sudah punya partner dalam bentuk komunitas dengan niche yang sesuai dengan bisnis Anda. Maka mereka akan senang hati memberikan masukan pada bisnis Anda.

Hal seperti ini tentu saja sangat menguntungkan, apalagi jika banyak partner yang sudah berpengalaman. Apapun masalah yang Anda hadapi akan lebih mudah terpecahkan.

5. Penjualan Semakin Meningkat

Ini adalah poin utama ketika Anda melakukan networking. Ya, semua orang yang berbisnis tentu saja ingin penjualannya meningkat. Apa yang Anda inginkan ini bisa terwujud dengan cara memperbanyak relasi alias jaringan.

Namun penjualan yang meningkat ini tidak bisa Anda dapatkan secara langsung karena harus melalui berbagai proses terlebih dahulu. Melakukan networking juga akan membuat pengetahuan Anda dalam berbisnis juga akan semakin berkembang.

Oleh sebab itulah sangat penting bagi Anda untuk melakukan networking dalam berbisnis. Karena networking akan membuat bisnis Anda semakin berkembang dan mendapatkan lebih banyak penjualan.

Dari penjelasan diatas, sekarang Anda sudah tahu kan apa itu networking dalam bisnis? Jika memang bisnis Anda ingin lebih kuat, aktivitas networking ini perlu Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

RUN Market, Membantu Networking Bisnis Anda

Sistem digital yang digunakan RUN Market memungkinkan perusahaan untuk melakukan penawaran produk dan jasa dengan jangkauan pasar yang lebih luas. Selain itu jika Anda bergabung dengan RUN Market Anda juga mendapat kesempatan untuk mendapatkan informasi pembeli dan penjual yang telah bergabung bersama kami untuk dijadikan sebagai mitra bisnis. Ini sama halnya memudahkan Anda untuk mengembangkan networking bisnis secara cepat. Tunggu apalagi? Segera bergabung, dan mari optimalkan bisnis Anda bersama RUN Market!

networking bisnis adalah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 Copyright RUN System, All rights reserved.