standar dan spesifikasi produk

Standar dan Spesifikasi Produk Meliputi 10 Variabel Utama, Simak di Sini!

Setiap produk yang dipasarkan perlu diberikan kemasan yang sesuai standar. Setiap industri kemudian memiliki standar jelas pada kemasan produknya, sehingga dapat memberikan informasi pada konsumen terkait produk tersebut. Standar dan spesifikasi produk meliputi banyak variabel, yang dapat disimak pada penjelasan berikutnya.

Spesifikasi produk sendiri dapat dipahami sebagai informasi atau data seputar produk yang dicantumkan oleh produsen pada kemasan produknya, sehingga dapat memberikan pengetahuan lengkap pada konsumen produk tersebut.

Dengan pencantuman informasi spesifikasi ini diharapkan konsumen bisa memperoleh data serta karakter lengkap dari produk sebelum memutuskan membeli dan menggunakannya.

Secara umum, setidaknya standar dan spesifikasi produk meliputi 10 variabel besar. Setidaknya 10 variabel yang disebutkan di bawah ini harus dicantumkan sebagai kelengkapan informasi sebuah produk.

1. Nama dan Merek dari Produk

standar dan spesifikasi produk
Sumber: freepik.com

Tanpa keberadaan nama dan merek dari produk, produk akan sulit dipasarkan. Nama dan merek seperti menjadi identitas unik setiap produk, sehingga konsumen bisa dengan mudah mengenalinya dan mengidentifikasi setiap jenis produk yang beredar di pasar. Nama dan merek sendiri selanjutnya akan banyak terkait dengan citra dari perusahaan.

2. Kode SKU

Atau dalam istilah pergudangan dikenal dengan stock keeping unit, dimana merupakan kode unik untuk setiap produk yang dihasilkan perusahaan dan digunakan untuk memudahkan staf gudang pada urusan pengiriman, penjualan, dan pendataan produk.

3. Deskripsi Produk

standar dan spesifikasi produk
Sumber: freepik.com

Secara jelas dan singkat produk harus dijelaskan pada konsumen sehingga konsumen dapat mengerti apa kegunaan produk yang dijual oleh perusahaan tersebut. Deskripsi produk juga akan menjadi titik interaksi antara perusahaan dan pelanggan ketika produk mulai beredar di pasar.

4. Spesifikasi Warna dan Bahan

Sebenarnya standar dan spesifikasi produk meliputi pula pencantuman warna dan bahan yang digunakan di dalam produk, sehingga dapat dikelompokkan dengan baik saat disimpan di gudang. Pengelompokan yang tepat dapat membantu efisiensi proses pergudangan, sehingga barang bisa disimpan sesuai dengan cara yang direkomendasikan.

5. Dimensi Produk

standar dan spesifikasi produk
Sumber: freepik.com

Baik dengan kemasan atau tanpa kemasan. Informasi ini cukup penting untuk konsumen dan reseller yang akan membeli produk, dalam rangka pengiriman dan melakukan display di toko yang dimiliki. Dengan informasi yang lengkap, perkiraan pada biaya pengiriman dan posibilitas distribusi yang efektif bisa dilakukan.

6. Informasi Penggunaan

Setiap produk juga wajib disertai dengan informasi penggunaan produk, baik penggunaan secara langsung atau pemasangan produk yang dalam bentuk bagian-bagian terpisah. Informasi ini penting sehingga konsumen bisa menggunakan produk sesuai dengan peruntukannya.

7. Standar dan Spesifikasi Produk Meliputi Harga Produk

standar dan spesifikasi produk
Sumber: freepik.com

Jelas, informasi terkait harga dari produk tidak boleh absen dalam spesifikasi yang dicantumkan pada kemasan. Harga ini bisa saja berbeda, antara harga untuk konsumen akhir dan harga untuk reseller, sehingga Anda harus bijak dalam memberikan informasi harga tersebut.

8. Manufacturer Suggested Retail Price

Terkait harga sebenarnya terdapat istilah manufacturer suggested retail price yakni harga yang telah ditetapkan dan diikuti oleh penjual atau reseller. Harga ini ditetapkan secara umum untuk dapat mengendalikan harga produk di pasar, dengan mempertimbangkan keuntungan semua pihak.

9. Informasi Negara Asal Produk

standar dan spesifikasi produk
Sumber: freepik.com

Setiap produk yang beredar di pasar juga wajib mencantumkan negara asal produk tersebut dibuat. Dengan label sederhana seperti Made in Indonesia, sudah dapat memberikan informasi bahwa produk tersebut dibuat di Indonesia. Demikian pula dengan produk yang dibuat di negara lainnya.

10. Untuk Produk Internasional, Cantumkan Harmonized System

Harmonized system sendiri merupakan sistem penomoran dan penamaan untuk mengklasifikasikan produk perdagangan dan turunannya. Penomoran ini dikelola oleh World Custom Organization, dan harus dipahami dan dicantumkan untuk produk yang dipasarkan secara internasional.

Standar dan spesifikasi produk meliputi kesepuluh poin yang disampaikan di atas tadi. Pencantuman setiap poinnya penting, agar setiap pihak yang berkaitan dengan produk dapat memanfaatkan produk sesuai dengan peruntukannya.

Hal ini juga bermanfaat untuk produsen karena secara langsung menjadi salah satu bentuk mendasar pemasaran yang dilakukan. Dengan informasi yang lengkap terkait produk, produsen atau perusahaan dapat menunjukkan keterbukaan pada pasar mengenai produk yang dimilikinya, sehingga konsumen dapat dengan jelas memahami produk tersebut secara spesifik.

Informasi Standar dan Spesifikasi Produk Meliputi Banyak Hal, dan Menyangkut Kepentingan Banyak Pihak

Dalam dunia industri, terlebih pada industri pengadaan barang, standar dan spesifikasi produk meliputi kepentingan banyak pihak. Tidak hanya untuk keperluan kelengkapan informasi konsumen tingkat akhir saja, namun data ini juga diperlukan oleh perusahaan dan setiap pihak yang terlibat di dalam transaksi.

Perusahaan dan penyedia barang harus sepakat bahwa data ini wajib disampaikan dengan jelas, gamblang, dan sesuai dengan aturan yang berlaku, sehingga transaksi yang terjadi benar-benar dapat menguntungkan setiap pihak tanpa ada intensi buruk dalam mencederai profesionalisme.

Barang yang diberikan wajib serupa dengan apa yang tercantum dalam standar dan spesifikasi produk, sehingga perusahaan dapat segera melakukan proses produksi dengan baik dan menghasilkan produk untuk dilepas ke pasar.

RUN Market, dalam hal ini, terus berupaya menyediakan ekosistem yang produktif untuk pelaku bisnis, baik produsen atau penyedia barang sehingga dapat bertransaksi dengan baik. Pemahaman bahwa standar dan spesifikasi produk meliputi kepentingan banyak pihak telah dimiliki, sehingga dasar operasional yang dilakukan akan benar-benar terbuka. Jadi, gunakan RUN Market sekarang juga untuk melakukan pengadaan barang, dan dapatkan transaksi menguntungkan di dalam platform tersebut!

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.