pasar persaingan sempurna

Berkenalan dengan Pasar Persaingan Sempurna, Pahami Poin Berikut!

Dalam dunia bisnis, ada yang disebut dengan istilah pasar persaingan sempurna. Istilah ini mengacu pada kondisi atau karakteristik pasar tertentu, yang berbeda dengan kondisi pasar lain. Pasar jenis ini sendiri banyak ditemukan di sekitar masyarakat, namun mungkin tidak banyak yang menyadarinya.

Penjelasan mengenai pasar ini akan Anda temukan dalam artikel singkat ini. Mengenai pengertian, ciri-cirinya, faktor yang berpengaruh pada kondisi pasar, hingga perbedaannya dengan pasar persaingan tidak sempurna, satu per satu akan dijelaskan dalam poin singkat di bawah ini.

Apa Itu Pasar Persaingan Sempurna?

pasar persaingan sempurna
Sumber : freepik.com

Pasar jenis persaingan sempurna adalah kondisi pasar yang memiliki penjual dan pembeli dalam jumlah besar. Pada pasar jenis ini, pihak penjual atau pembeli tidak dapat mempengaruhi harga produk yang ada di sana, sebab harga sudah ditentukan oleh pasar secara otomatis. Satu karakter khas yang dimiliki pasar ini adalah produk yang beredar di dalamnya cenderung sejenis dan sama.

Pemahaman pada kondisi tersebut dimiliki oleh penjual dan pembeli yang ada di pasar. Kondisi pasar cenderung stabil, selama tidak ada intervensi dari pihak lain yang dapat mengubah harga barang atau produk yang ada di pasar ini.

Pasar jenis ini, seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, dipadati dengan pengusaha atau pebisnis skala kecil, sehingga tidak ada dominasi yang bisa dilakukan oleh pengusaha atas pasar yang menjadi tempat mereka berada.

Ciri-Ciri Pasar dengan Jenis Ini

Pasar persaingan sempurna bisa dikenali dari beberapa ciri utamanya. Ciri tersebut sudah tersirat dalam definisi yang ada di poin sebelumnya, namun untuk lebih detail, berikut ciri-ciri pasar jenis tersebut yang bisa jadi acuan.

  • Produk sejenis : produk yang dipasarkan di pasar ini memiliki jenis atau kategori yang sama. Kualitas yang mirip membuat konsumen kesulitan saat membedakan barang satu dengan yang lain.
  • Jumlah penjual dan pembeli banyak : karena jumlah penjual dan pembelinya cukup banyak, maka kedua pihak ini justru sama-sama tidak dapat mempengaruhi harga. Harga produk yang ditetapkan disepakati secara sadar oleh kedua pihak, dan ada stabilitas di dalam pasar tersebut.
  • Informasi pasar : pihak penjual dan pembeli juga memiliki informasi yang setara atas keadaan pasar. Mulai dari harga barang, jasa, perkembangan yang terjadi, sumber bahan mentah, dan lain sebagainya.
  • Ukuran usaha kecil : meski dijejali dengan banyaknya penjual, namun skala bisnis yang dimiliki rata-rata kecil. Hal ini memungkinkan tidak adanya dominasi pada keadaan pasar, sehingga kontrol harga tetap berada pada kesepakatan bersama.
  • Bebas masuk dan keluar : karena kesetaraan yang timbul, perusahaan yang ada di dalam pasar ini bisa dengan bebas masuk dan keluar tanpa konsekuensi besar pada keadaan pasar.
  • Sumber ekonomi cukup bebas berpindah : pada skenario tertentu, tenaga kerja dan sumber daya bisa berpindah dengan cukup leluasa. Hal ini disebabkan karena kualitas produksi yang dimiliki setiap pengusaha di pasar ini cenderung setara.

Penting memahami faktor di atas, sehingga ketika Anda terjun di suatu ekosistem pasar, Anda bisa dengan cepat mengenali bagaimana kondisi dan karakteristik pasar tersebut untuk menentukan strategi tepat bersaing di dalamnya.

Kenali Perbedaannya dengan Pasar Persaingan Tidak Sempurna

pasar persaingan sempurna
Sumber : freepik.com

Setelah memahami ciri-ciri pasar tersebut, kini Anda bisa mengidentifikasi dengan baik kondisi suatu pasar. Akan lebih baik lagi jika Anda juga mengetahui perbedaannya dengan pasar persaingan tidak sempurna.

Berikut perbedaan yang paling mencolok dari kedua jenis pasar tersebut.

  • Pasar jenis persaingan sempurna cenderung sulit ditemukan di masyarakat, jika ada, sifatnya sangat spesifik. Contoh pasar ini misalnya adalah pasar beras. Pasar beras memiliki komoditas umum beras (dengan berbagai macam variannya), harga yang ditetapkan sudah bersifat pasti, dan jumlah penjual dan pembelinya banyak. Pasar persaingan tidak sempurna justru lebih mudah ditemukan di masyarakat karena sifatnya lebih umum.
  • Pelaku ekonomi di pasar persaingan tidak sempurna jumlahnya cenderung lebih sedikit daripada yang ada di pasar jenis yang dibahas sebelumnya.
  • Perbedaan selanjutnya di variasi produk. Jika pasar yang sebelumnya dibahas memiliki produk bersifat homogen, maka pasar tidak sempurna produknya bervariasi dan heterogen, sehingga menjangkau segmen yang lebih luas.
  • Tingkat pembeli di pasar persaingan tidak sempurna relatif sepi.
  • Pasar persaingan tidak sempurna memungkinkan perusahaan atau penjual mempengaruhi harga yang ada di pasaran.

Pemahaman mendasar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pasar ini idealnya dimiliki oleh pengusaha, termasuk Anda yang membaca artikel ini. Sederhana saja, tujuannya agar identifikasi pasar lebih mudah dilakukan, sehingga penerapan strategi pemasaran dan pengembangan bisnis bisa disusun lebih komprehensif dan optimal.

Pasar persaingan sempurna bisa jadi kesempatan untuk berbagai golongan pebisnis mencoba peruntungannya. Ekosistem seperti ini juga bisa ditemukan pada platform RUN Market, yang menyediakan ruang untuk pengusaha dan supplier bertemu dan menjalin kerjasama. Perbandingan harga dan kualitas produk, proses bidding dan tender, serta eksekusi transaksi bisa dilakukan dengan cepat, efektif, dan aman. Platform ini akan jadi ruang produktif untuk semua pihak dalam menjalin kerjasama, dan mengembangkan bisnisnya dari waktu ke waktu. Bergabung sekarang dengan layanan RUN Market, dan dapatkan semua keuntungannya!

pasar persaingan sempurna

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.