manajemen persediaan

5 Cara Optimal Pengelolaan Manajemen Persediaan, Pahami Dulu Definisinya!

Strategi pemasaran, pengembangan tenaga kerja, hingga pengembangan bisnis, menjadi masalah yang selalu dianggap serius untuk banyak perusahaan. Namun satu hal yang juga tak bisa dikesampingkan, adalah pentingnya manajemen persediaan yang dimiliki perusahaan.

Sebenarnya manajemen persediaan memiliki posisi yang dapat dikatakan setara dengan faktor fundamental lain. Sebab tidak ada perusahaan yang bisa beraktivitas optimal tanpa manajemen persediaan yang baik. Maka optimalisasi dan pemahaman mendalam terkait konsep ini wajib dimiliki pengusaha.

Berikut, jelaskan secara singkat mengenai pengertian dan cara mengelola manajemen persediaan yang baik agar perusahaan dapat terus berkembang dengan dasar yang kuat dan solid.

Memahami Apa Itu Manajemen Persediaan

manajemen persediaan
Sumber : freepik.com

Konsep ini dapat dipahami sebagai proses untuk mengelola persediaan produk atau biaya di dalam perusahaan. Prosesnya mulai dari penerimaan, penyimpanan, hingga pemanfaatan sumber daya yang ada. Sedikit dari kalimat ini mungkin dapat menggambarkan urgensi dari manajemen persediaan tersebut.

Ketika sebuah perusahaan memiliki manajemen persediaan yang baik, mereka akan paham benar bagaimana cara mendapatkan, menyimpan, dan mengolah persediaan yang dimiliki hingga pada titik optimal yang paling menguntungkan perusahaan.

Tentu, ketiga proses yang disebutkan di kalimat awal tersebut memiliki tingkat kepentingan yang sama, dan wajib dimaksimalkan agar perusahaan memperoleh keuntungan optimal.

Lalu Bagaimana Cara Mengelola Manajemen Persediaan yang Paling Tepat?

manajemen persediaan
Sumber : freepik.com

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda terlebih dahulu harus memahami model bisnis, operasional, dan ‘kolam’ tempat bisnis Anda berada. Kemudian selanjutnya, Anda bisa melihat beberapa konsep dasar yang dijelaskan di bawah ini, untuk diaplikasikan dengan model bisnis sehingga memberikan output maksimal.

Ingat, konsep ini merupakan konsep dasar, yang wajib disesuaikan dengan pengelolaan perusahaan Anda.

1. Penyusunan Perencanaan

Semua hal terkait bisnis wajib direncanakan dengan baik. Memiliki kerangka yang jelas akan membantu Anda dalam mengoptimalkan semua sumber daya yang dimiliki. Hal ini membantu perusahan mendapatkan keuntungan atau tujuan dari perusahaan yang dijalankan.

Lakukan perencanaan manajemen persediaan yang baik untuk mendapatkan alur jelas dari produk atau bahan baku. Hal ini akan meminimalisir produk atau bahan baku atau sumber daya lain terbuang sia-sia, tanpa memberikan dampak positif untuk perusahaan.

2. Memastikan Sistem Persediaan yang Digunakan

Setelah menyusun perencanaan, pahami juga bahwa dalam urusan penyimpanan wajib dilakukan dengan baik. Dalam artian, sumber daya yang dimiliki, ketika belum saatnya diolah, harus disimpan dengan baik agar nilainya tidak berkurang, sehingga siap digunakan untuk proses produksi ketika saatnya tiba.

Pengecekan secara rutin atau berkala bisa membantu perusahaan memiliki gambaran jelas terkait data persediaan yang dimiliki, nilainya, tanggal kadaluarsa, waktu estimasi pemesanan ulang, waktu penggunaan, dan lain sebagainya.

3. Jangan Lupa Susun SOP yang Solid

Berbekal SOP yang solid yang disusun dengan cermat, Anda tinggal mencari orang-orang kompeten untuk menjalankan perusahaan di setiap divisinya. Hal yang sama berlaku juga untuk mengelola persediaan yang dimiliki.

Orang yang memiliki kompetensi sesuai, dapat mengelola dan melakukan manajemen persediaan dengan baik. Ketika ada kesempatan, orang ini bisa memberikan rekomendasi, terobosan, atau percobaan yang dapat memanfaatkan kesempatan tersebut menjadi sebuah keuntungan bagi perusahaan.

SOP akan jadi aturan main di perusahaan. Saat aturan main yang dibuat sudah solid, maka setiap pemain di dalam perusahaan bisa beraktivitas dengan optimal sesuai dengan porsinya.

manajemen persediaan

4. Scheduling

Penjadwalan menjadi faktor selanjutnya dalam menerapkan manajemen persediaan yang baik. Kapan sumber daya tersebut masuk, berapa lama harus disimpan atau tidak digunakan, kapan waktu yang tepat untuk pengolahan, dan kapan waktu untuk distribusi hasil akhir, semua harus dijadwalkan dengan berbekal analisis dari proses terdahulu, referensi perusahaan sejenis, atau forecasting pasar.

Jadwal yang diterapkan harus teratur dan terukur. Bersamaan dengan penerapan SOP yang solid, akan membantu bisnis menjadi stabil dan memberi ruang untuk terus berkembang.

5. Manajemen Persediaan dan Anggaran

Urusan anggaran tidak akan lepas dari proses manajemen yang dilakukan, sebab harus ada catatan jelas pengeluaran dan pemasukan yang terjadi. Biaya yang muncul pada saat melakukan manajemen persediaan wajib terdokumentasi sehingga bisa menjadi acuan valid pada proses yang berjalan di perusahaan.

Ketika catatan transaksi dan pengelolaan anggaran untuk persediaan jelas dan terverifikasi, perusahaan dapat melakukan analisa pada titik proses apa yang berjalan optimal, dan titik apa yang berjalan kurang optimal.

Dengan berbekal lima konsep dasar ini, sebuah perusahaan bisa mengelola manajemen persediaan dengan baik. Pada derajat kepentingannya masing-masing perusahaan akan memiliki pola yang jelas dan efektif dalam urusan tersebut, sehingga dasar yang kuat akan dimiliki untuk terus berkembang.

RUN Market, Membantu Mengoptimalkan Manajemen Persediaan Anda

Berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan RUN Market bisa mengoptimalkan pengelolaan dan manajemen persediaan. Penjadwalan, monitoring transaksi pengadaan barang, hubungan dengan vendor dan supplier yang mudah, hingga opsi transaksi yang jelas dan sah, bisa digunakan dalam platform ini. Dengan bergabung pada platform RUN Market, perusahan bisa memiliki opsi luas pada vendor dan supplier kompeten di bidangnya masing-masing, sehingga persediaan dan pengelolaan gudang juga akan berjalan optimal. Segera bergabung, dan mari optimalkan setiap urusan pengadaan barang bersama RUN Market!

manajemen persediaan

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.