repeat order

8 Tips Meningkatkan Keuntungan  Melalui Repeat Order

Bagi seorang entrepreneur, tidak ada hal yang paling membahagiakan selain konsumen yang loyal. Beberapa pebisnis bahkan harus jatuh bangun untuk sampai ke titik tersebut. Sayangnya, memiliki pelanggan loyal yang senang melakukan repeat order bukan perkara mudah, apalagi jika Anda memulai bisnis tanpa persiapan dan produk inovatif.

Meski terasa sulit, meraih kepercayaan konsumen bukan hal mustahil. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan, salah satunya menerapkan rumus  repeat order. Melalui rumusan dan strategi dan cara meningkatkan  pembelian ulang yang spesial, Anda bisa menarik atensi pelanggan lama atau baru. Untuk terus tertarik dan kembali belanja di toko Anda.

Namun, sudahkah Anda tahu arti  repeat order? Bagaimana cara mendapatkannya? Yuk, simak ulasannya dibawah ini.

Apa itu Repeat Order?

Repeat order merupakan istilah bahasa inggris yakni repeat artinya mengulang, dan order artinya pesanan.

Sederhananya, repeat order merupakan sebuah perilaku seorang pelanggan atau konsumen untuk membeli kembali atas suatu produk tertentu yang sama pada toko yang sama pula.

Umumnya, pembelian ulang terjadi karena konsumen yang menyukai produk yang ditawarkan oleh toko/perusahaan tersebut.

Sebagai contoh, Siska melakukan pembelian pertama kepada produk sebuah perusahaan pada tanggal 17 Mei, kemudian di tanggal 27 Mei, Rani membeli produk yang sama untuk kedua kalinya. Aktivitas pembelian inilah yang disebut dengan  repeat order.

Bisa dibilang repeat order adalah salah satu tanda bahwa produk Anda sudah disukai oleh konsumen. Hal ini karena mereka menganggap produk Anda bermanfaat, sehingga dengan senang hati membelinya kembali.

Delapan Cara Agar Mendapatkan Repeat Order

Lalu bagaimana cara meningkatkan  repeat order? Sebelumnya harus kita ketahui bersama bahwa ada beberapa alasan mengapa seorang pelanggan melakukan pembelanjaan ulang. Untuk meningkatkan chance Anda di industri ini dan meraih lebih banyak customers, ikuti beberapa tips menarik berikut.

1. Ciptakan First Impression yang Baik

Sumber: Unsplash

Sama seperti menggaet relasi atau partner bisnis, lakukan first impression yang profesional dan baik terhadap calon pelanggan. Entah saat berbisnis online atau konvensional (offline). Jangan ragu atau kaku saat berinteraksi bersama konsumen. Buat mereka senyaman mungkin untuk menarik perhatian mereka.

Ketika konsumen menanyakan produk atau jasa Anda. Berikan jawaban yang memuaskan bukan menggantung. Kendalikan pula emosi Anda terutama saat menemui konsumen yang banyak bertanya dan bersikap tidak menyenangkan.

2. Pastikan Produk Anda Berkualitas

Tingkatkan, tingkatkan, dan tingkatkan kualitas produk. Mungkin terdengar klasik, namun faktanya memang inilah yang memiliki kontribusi terbesar terhadap jumlah  repeat order produk anda.

Seorang yang melakukan pembelian kembali terhadap sebuah produk, pasti memiliki pengalaman baik terhadap penggunaan produk tersebut. Dan kualitas produk adalah salah satu dari sekian banyak alasan yang membuat seorang pelanggan mendapatkan pengalaman terbaiknya.

3. Berikan Pelayanan Terbaik

Cara meningkatkan  repeat order sebenarnya sangat mudah, cobalah berkonotasi pada pelayanan. Percaya atau tidak, banyak bisnis yang gulung tikar karena service yang tidak menyenangkan dan profesional pada pelanggan. Pelayanan yang profesional harus Anda berikan pada seluruh pelanggan bukan hanya pelanggan premium atau VIP saja.

Ketahuilah pula bila konsumen sekarang  jauh lebih cerdas. Tidak sedikit konsumen yang memanfaatkan blog pribadi atau media sosial mereka untuk review produk atau jasa. Coba bayangkan berapa kerugian yang Anda terima bila konsumen memberikan kesan buruk pada pelayanan atau produk Anda?

repeat order

4. Bijaksana Ketika Menangani Komplain

Rumus  repeat order selanjutnya akan membantu Anda mempertahankan loyalitas konsumen. Karena tidak hanya menerima pujian, bisnis Anda juga memperoleh komplain dari pelanggan mereka. Selain menyiapkan CS untuk menjawab komplain yang masuk berikan pula penyelesaian yang positif. Bagi kami, komplain adalah salah satu cara mendapatkan feedback dari pelanggan.

Maka dari itu, telusuri complain dengan baik dan lakukan penelitian untuk melihat pihak mana yang bersalah. Bila pihak Andalah yang bersalah, jangan bersikap egois dan ingin menang sendiri. Sampaikan permintaan maaf dengan tulus, jika perlu tawarkan hadiah untuk mengambil kembali hati pelanggan.

5. Buat Penawaran yang Lebih Menarik

Ketika Anda menjalankan bisnis fashion misalnya. Cobalah tawarkan lini produk yang up to date, jangan hanya terpaku pada 1-3 jenis produk saja. Lakukan pula promosi yang berbeda dari para kompetitor Anda, sebuah konsep marketing yang fresh.

Semakin baik penawaran yang Anda berikan, kemungkinkan konsumen  melakukan pembelian ulang semakin tinggi. Apalagi jika produk Anda selalu konsisten, kualitasnya tetap sama meskipun perusahaan telah memproduksi produk puluhan tahun lamanya.

6. Tawarkan Diskon dan Voucher  Cashback

Sumber: Unsplash

Apabila rumus  repeat order yang telah dijelaskan sebelumnya belum memberikan hasil optimal terhadap rate penjualan Anda. Cobalah tawarkan opsi cashback atau diskon. Pajang beberapa produk best seller dengan harga diskon dan berikan cashback yang menarik ketika pelanggan belanja di toko Anda.

Cara ini terbukti sangat efektif di mana pun Anda berbisnis. Agar tidak merugi, mainkan harga dengan halus dan elegan. Anda yang menawarkan produk via online, terapkan juga sistem free ongkir. Mengingat tidak sedikit pelanggan yang ragu  repeat order saat tidak mendapatkan gratis ongkir.

7. Hadirkan Program Loyalitas Pelanggan

Meski bisnis Anda tidak sebesar marketplace unicorn di Indonesia, tidak ada salahnya mencontoh ide mereka dengan menghadirkan loyalitas pelanggan. Ya, loyalitas pelanggan tidak hanya datang secara organik, namun juga bisa diciptakan. Fokuslah untuk membuat program yang berorientasi pada loyalitas pelanggan, seperti cashback atau diskon yang lebih banyak dan terupgrade setiap harinya.

Langkah ini akan menjadi win-win solution di masa depan.  Anda juga bisa mempelajari aktivitas belanja seluruh pelanggan tanpa perlu melakukan riset atau survey. Mana pelanggan yang sering belanja atau sebaliknya. Usai mengetahui persentase pelanggan yang jarang  membeli kembali, buat strategi jitu untuk menyelesaikan problem tersebut.

8. Jalin Komunikasi yang Intens

Jika cara meningkatkan  repeat order sebelumnya Anda diharuskan untuk memberikan first impression dengan menjalin komunikasi profesional. Untuk pengalaman terbaik dan optimal, jalin komunikasi intens kapan pun saat Anda berinteraksi dengan pelanggan.

Entah saat chatting melalui cas, mempromosikan produk atau menjelaskan jasa dan produk yang Anda tawarkan.  Ingatlah selalu jika bahasa online berbeda dengan offline. Meski tidak bermaksud kasar, terkadang tata bahasa yang Anda gunakan justru terkesan sebaliknya. Pelajari bagaimana cara berkomunikasi yang baik secara daring.

Menghasilkan Repeat Order dengan Run Market

menghasilkan sebuah repeat order akan lebih mudah dilakukan jika kita memiliki sistem order management yang baik. RUN Market Seller dapat membantu perusahaan untuk memasukan penawaran ke pembeli yang membutuhkan barang dan mempermudah proses pemesanan.

Melalui Run Market seller Anda akan memiliki Order Management yang baik melalui fitur

  • Available Request
  • Purchase Order Offer
  • Active Purchase Order

Segera bergabung dengan RUN Market sekarang juga dan dapatkan kesempatan untuk memperoleh pemesanan kembali secara mudah.

repeat order

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.