e purchasing adalah

E Purchasing adalah Sistem Pembelian Masa Depan, Segera Pahami Penjelasannya di Sini!

Era serba digital memberikan tekanan besar pada berbagai sistem konvensional yang sudah ada sebelumnya. Urusan purchasing misalnya, kini telah bisa dilakukan dengan bantuan teknologi. E purchasing adalah istilah yang digunakan untuk melakukan purchasing secara online, sehingga bisa mendapatkan berbagai manfaat dan kelebihan dari proses ini.

Tidak sedikit perusahaan yang masih menolak sistem yang terbilang merupakan pembaruan dari sistem sebelumnya ini. Namun lambat laun jumlah perusahaan yang menggunakan e purchasing terus meningkat, seiring tuntutan dan modernisasi yang terjadi.

Mengenal Pengertian E Purchasing

e purchasing adalah
Sumber : freepik.com

Dilihat dari pengertian dasarnya, purchasing adalah upaya pembelian yang dilakukan perusahaan pada barang dan jasa yang diperlukannya, dalam rangka melancarkan operasional dan proses produksi.

Proses ini dahulu dilaksanakan secara konvensional dan manual, dengan proses pencarian vendor  dan supplier, kemudian menjalin kontak, tender dan presentasi, kemudian baru diputuskan akan menggunakan pihak tertentu.

E purchasing adalah model modern dari sistem atau kegiatan tersebut, dengan bantuan dari teknologi informasi yang kini sudah canggih. Dengan e purchasing, urusan pembelian bisa dilakukan secara elektronik dan online, sehingga mempersingkat waktu dan meningkatkan efisiensi transaksi yang terjadi.

Manfaat Penggunaan E Purchasing adalah Sebagai Berikut

Karena menggunakan sistem elektronik yang terintegrasi, beberapa manfaat bisa dirasakan. Manfaat ini secara umum akan mencakup efisiensi, efektivitas, dan optimalisasi transaksi yang terjadi, karena banyak proses dan langkah yang dapat dipercepat proses kerjanya.

1. Menghemat Waktu dan Tenaga

Proses purchasing dengan bantuan sistem digital ini akan banyak menghemat waktu dan tenaga staf pengadaan barang yang dimiliki perusahaan. Komunikasi bisa terjalin dengan baik, proses perbandingan satu vendor dengan vendor lain berjalan cepat, dan persetujuan bisa diberikan secara cepat dengan sistem online.

Semua proses yang berjalan bisa lebih optimal, tanpa hambatan ruang dan waktu selama Anda terhubung ke jaringan internet.

e purchasing adalah

2. Pemangkasan Biaya Operasional Terkait Purchasing

Banyak pemangkasan biaya operasional terkait purchasing yang bisa dilakukan. Misalnya saja untuk urusan presentasi, visit ke vendor atau supplier, akomodasi berbagai pihak, hingga urusan pemberkasan.

Dalam jangka panjang, biaya operasional yang terpangkas ini bisa membantu perusahaan memiliki sistem keuangan yang lebih baik, karena adanya efisiensi penggunaan dana di dalam perusahaan.

3. Proses Lebih Transparan untuk Pihak Terkait

Proses transaksi dan semua komunikasi yang terjalin menggunakan e purchasing terdokumentasi dengan baik, sehingga data yang ada akan menjadi transparan. Guna keperluan pembukuan, atau tinjauan kembali saat ada permasalahan, data ini akan lebih mudah digunakan dan diolah, karena memiliki bukti valid dan jelas lini masanya.

4. Risiko Human Error Ditekan

Pada purchasing konvensional, banyak unsur manusia yang masuk dalam setiap prosesnya. Namun dengan bantuan platform digital, purchasing semakin otomatis dan bisa menekan keterlibatan faktor manusia, yang pada akhirnya mengurangi risiko human error yang mungkin terjadi.

Sistem pada e purchasing menerapkan bantuan berbagai fitur di dalamnya, sehingga proses transaksi bisa dilakukan secepat, seefektif, dan seefisien mungkin berkat bantuan sistem yang ada.

5 Kelebihan Sistem E Purchasing daripada Purchasing Konvensional

e purchasing adalah
Sumber : freepik.com

Lepas dari manfaat yang cukup signifikan tersebut, berikut beberapa kelebihan sistem e purchasing dibandingkan dengan purchasing konvensional yang masih digunakan banyak perusahaan.

1. Informasi yang Lebih Akurat

Rincian informasi, di setiap proses purchasing, memiliki akurasi yang tinggi dan bisa diandalkan. Setiap vendor dan supplier akan berlomba menyajikan informasi paling menarik dan memiliki nilai kebenaran, sehingga dapat menarik perusahaan untuk menggunakan jasa yang mereka sediakan.

2. Unggul dari Sisi Ekonomis

Seperti yang disampaikan pada bagian manfaat tadi, e purchasing adalah metode pembelian yang jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan metode terdahulu. Mungkin akan terdapat satu dan lain hal yang membuat purchasing menjadi sedikit lebih mahal. Namun jika dilihat secara keseluruhan, proses pembelian barang akan menjadi lebih hemat dan efektif.

3. Kemudahan dalam Monitoring

Ketika proses pengadaan barang dan pembelian dimulai, semua akan terdata dan terlihat jelas pada status purchasing yang dilakukan. Hal ini secara langsung dapat meningkatkan kemudahan pengawasan proses, sehingga risiko terjadinya kecurangan atau penyelewengan bisa dideteksi sedini mungkin.

Monitoring yang mudah dan jelas juga membuat kedua pihak lebih konsisten pada kontrak yang disepakati bersama, sehingga transaksi berjalan profesional dan saling menguntungkan.

4. Efisiensi Sumber Daya Manusia

Proses ini memerlukan sedikit sekali orang yang terlibat, sehingga SDM lain bisa dioptimalkan untuk berbagai proses yang lebih penting. Tentu, tanpa mengurangi kualitas kerja dan kompetensi pelaksana purchasing, proses hanya akan membutuhkan 2 sampai 3 orang hingga selesai pada pembayaran.

5. Keunggulan E Purchasing adalah Memberikan Opsi Lebih Luas

Dibandingkan dengan sistem purchasing konvensional, e purchasing adalah cara yang lebih efektif dan efisien dalam memberikan opsi vendor atau supplier. Dengan banyaknya vendor dan supplier yang sudah masuk ke dalam sistem, perusahaan bisa mendapatkan opsi lebih banyak dalam waktu singkat.

Hal ini akan mempengaruhi keputusan pemilihan vendor yang dilakukan secara langsung.

Salah satu platform pengadaan barang atau e purchasing yang ada di Indonesia adalah RUN Market. Platform ini menawarkan fitur lengkap dan sistem solid yang dimilikinya.

RUN Market Menjadi Ekosistem Bisnis Sehat untuk Pengusaha dan Vendor atau Supplier

RUN Market menjadi salah satu platform pengadaan barang dan pembelian online yang bisa digunakan oleh perusahaan Anda. Baik untuk mencari barang dan jasa, atau untuk memasarkannya. Karena e purchasing adalah sistem yang digunakan di masa depan, maka sebaiknya mulai bergabung ke dalam platform ini untuk membiasakan diri dan mengembangkan perusahaan lebih cepat. Solid, legal, dan handal, RUN Market akan selalu menjadi partner terbaik untuk mencari pelanggan bagi perusahaan Anda!

e purchasing adalah

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.