buyer adalah

Buyer adalah Bagian Penting Proses Procurement, Ini 5 Fungsinya!

Pada proses pengadaan barang atau procurement, terdapat staf yang bertanggungjawab atas perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pengadaan yang dilakukan. Buyer adalah sebutan untuk staf pelaksana pengadaan barang ini.

Namun apakah kemudian arti buyer sebatas pada konteks itu saja?

Tentu tidak. Buyer di dalam sebuah perusahaan memiliki peran yang besar dalam berjalannya aktivitas bisnis. Secara harfiah, buyer memang dapat dipahami sebagai pembeli. Tapi secara praktis tanggung jawab yang dilaksanakan cukup luas, sehingga menjadi salah satu penentu keberhasilan procurement yang dilakukan.

Memahami Apa Itu Buyer

Buyer adalah personel atau staf yang bertugas melakukan pembelian untuk segala macam kebutuhan perusahaan dalam melakukan aktivitasnya. Kebutuhan yang dimaksud menyeluruh, termasuk di dalamnya bahan baku, alat produksi, barang perlengkapan, hingga jasa yang diperlukan untuk mendukung aktivitas perusahaan.

Dengan begini, perannya menjadi sangat krusial dalam bidang procurement, karena secara langsung menjadi pelaksana urusan ini. Otomatis, staf buyer masuk dalam divisi purchasing yang memiliki peran besar dalam memenuhi kebutuhan perusahaan.

Sekilas Tugas Divisi Purchasing dalam Perusahaan

buyer adalah
Sumber : freepik.com

Sekilas akan disebutkan beberapa tugas bagian purchasing agar lebih dipahami bagaimana kerja dari buyer itu sendiri. Berikut secara singkat.

  • Meneliti kebutuhan serta menampung usulan pengadaan barang setiap divisi, kemudian dimintakan persetujuan atau revisi pada bagian manajemen.
  • Menyusun metode pembelian paling efektif dan memastikan semua yang disetujui manajemen didapatkan. Wajib dipastikan antara pesanan dengan kebutuhan, penyelesaian transaksi, pengiriman, penerimaan barang, serta kondisi prima saat diterima tepat waktu.
  • Merencanakan sistem pembayaran yang digunakan sesuai dengan kebijakan perusahaan dan melakukan negosiasi. Purchasing juga wajib memastikan tagihan dibayarkan tepat waktu oleh bagian finance.
  • Menjaga komunikasi antara perusahaan dan supplier atau vendor guna memelihara hubungan baik. Jika memungkinkan, menjalin kerjasama jangka panjang yang saling menguntungkan.
  • Melakukan dokumentasi transaksi secara detail dan rinci sehingga laporan keuangan perusahaan tersusun dengan baik serta memastikan semua dokumen transaksi terbit dengan benar dan sesuai aturan.

Dengan menjalankan kelima tugas tersebut dengan baik, idealnya divisi purchasing akan mendapatkan output paling optimal yang bisa dilakukan. Pengadaan barang terlaksana sesuai dengan rencana, dan kebutuhan operasional perusahaan selalu terpenuhi dan terjaga kualitasnya.

Masuk ke Bagian Ketiga, Fungsi Buyer adalah Sebagai Berikut

buyer adalah
Sumber : freepik.com

Senada dengan 5 tugas divisi purchasing, buyer juga wajib menjalankan fungsinya. Fungsi buyer secara umum adalah sebagai berikut.

1. Fungsi Kinerja dan Proses Produksi

Pada dasarnya fungsi buyer adalah untuk meningkatkan kinerja operasional dan proses produksi. Fungsi ini dijalankan dengan melakukan pembelian terencana, cermat, dan terukur pada setiap produk yang diperlukan, baik berupa barang atau berupa jasa.

Semakin baik perencanaan dan eksekusi pembelian yang dilakukan, idealnya meningkatkan kinerja perusahaan akan tampak dalam waktu singkat.

2. Melakukan Efisiensi Pengeluaran Perusahaan

Dengan melakukan perencanaan yang matang dan pertimbangan dengan pihak manajemen, buyer juga berfungsi untuk meningkatkan efisiensi pengeluaran perusahaan. Dana yang dialokasikan guna melakukan pengadaan bisa dikelola dengan maksimal, sehingga mendapatkan produk terbaik yang ada di pasar.

Selain itu, pengeluaran yang terjadi juga benar-benar bisa disesuaikan dengan apa yang dibutuhkan perusahaan sehingga tidak ada pengeluaran akibat pengadaan barang yang tidak diperlukan.

3. Penetapan Harga Produk Perusahaan

Secara logis, buyer berhubungan langsung dengan vendor dan supplier penyedia bahan baku. Ketika harga bahan baku naik, maka biaya produksi otomatis akan meningkat dan mempengaruhi harga jual produk di pasar.

Pada periode waktu tertentu, buyer harus bisa melakukan negosiasi pada vendor atau supplier untuk mengendalikan harga bahan baku yang dibeli. Dengan demikian biaya produksi total akan terkontrol, sehingga harga barang di pasar bisa tetap bersaing.

buyer adalah

4. Turut Melancarkan Rantai Produksi Perusahaan

Dengan tugas buyer yang terlaksana optimal, rantai produksi perusahaan akan berjalan dengan lancar. Perencanaan tepat, eksekusi yang cermat, penjadwalan sesuai dengan kesepakatan, kualitas barang yang dipesan juga terkontrol, serta penyelesaian pembayaran sesuai tenggat waktu, hubungan perusahaan dengan vendor dan supplier akan terjaga.

Dengan tercukupinya urusan operasional dan produksi, maka suplai produk ke pasar juga bisa terjamin, sehingga siklus ini akan terus berjalan sebagai satu cycle yang produktif dan saling menguntungkan.

5. Kepuasan Pelanggan dan Citra Perusahaan

Dengan sistem produksi yang berjalan lancar maka produk yang sampai kepada pelanggan juga akan terjaga, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Dengan demikian kepuasan pelanggan juga bisa terjaga di titik optimal.

Citra perusahaan, di mata vendor dan supplier serta bursa pengadaan barang, juga akan menjadi semakin baik. Kelancaran transaksi dan proses yang jelas akan membuat nama perusahaan menjadi dikenal oleh vendor dan supplier, sehingga akan lebih mudah mendapatkan opsi saat melakukan procurement selanjutnya.

Mengingat fungsi buyer adalah fungsi yang cukup krusial untuk perusahaan, tentu akan lebih baik jika bagian ini menggunakan sistem pengadaan barang yang solid, handal, dan mampu memberikan banyak pilihan terbaik untuk perusahaan.

RUN Market, Solusi Procurement Perusahaan Anda!

RUN Market menawarkan satu ekosistem bisnis yang sehat dan berpegang pada sistem yang solid. Perusahaan bisa menemukan vendor dan supplier dengan kualitas yang diinginkan, sehingga proses pengadaan barang bisa berlangsung lebih efektif. Buyer adalah salah satu golongan staf yang wajib memahami benar proses yang ada di RUN Market, sehingga dapat memanfaatkan semua fiturnya untuk keuntungan perusahaan. Segera bergabung dengan RUN Market, dan dapatkan semua keuntungannya sekarang juga!

buyer adalah

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.