Contoh surat penawaran harga

Contoh Penawaran Harga Proyek, Lengkap!

Surat penawaran harga adalah salah satu jenis surat yang dikenal dalam dunia bisnis. Dalam surat ini, penjual atau perusahaan yang menjual sebuah produk menawarkan harga produk tertentu kepada pihak lain, biasanya toko, perusahaan, instansi, atau lembaga tertentu. Surat ini juga dapat menjadi media promosi produk-produk terbaru yang baru saja akan diperkenalkan ke publik. Contoh penawaran harga proyek, akan membantu Anda mengetahui apa saja yang harus disertakan saat memasukkan penawaran.

Pentingnya surat penawaran harga tersebut menjadi alasan yang masuk akal bagi pemilik perusahaan atau pelaku bisnis untuk menyampaikannya ke pihak terkait. Nah, untuk membuat surat ini, Anda bisa melihat contoh surat penawaran harga yang baik dan benar berikut ini.

Mengenal Apa Itu Surat Penawaran

Berbicara mengenai sebuah surat,  tentu yang ada di lintasan pikiran kita yaitu sebuah kertas yang berisikan sebuah tulisan tertentu dan ditujukan kepada orang lain. Sama halnya dengan surat penawaran,  surat ini merupakan sebuah surat yang digunakan untuk melakukan penawaran sebuah produk dan ditujukan kepada orang lain. Adanya pembuatan surat ini bertujuan agar seseorang bisa mengetahui produk maupun jasa yang kita.

Dokumen tertulis ini ditujukan agar pelanggan bisa mengetahui dan menggunakan produk serta jasa yang ada.  Bahkan ketika seseorang melakukan penawaran ini, konsumen bisa menjadi pelanggan tetap dan kerjasama dalam rentang waktu yang lama. 

Surat penawaran akan memberikan gambaran dan juga pemahaman orang lain mengenai bisnis yang kita jalankan. Tanpa adanya penawaran seseorang tidak akan mengetahui dengan jelas bagaimana kinerja yang kita lakukan.

Fungsi Surat Penawaran

Sumber: Pixabay

Pada dasarnya ketika kita mengirimkan surat penawaran,  tentu bertujuan untuk melangsungkan sebuah kerjasama antara dua belah pihak.  Agar lebih paham mengenai fungsi surat penawaran ini, berikut penjabarannya:

  • Sarana memperkenalkan produk kepada calon konsumen
  • Menjalin kerjasama atau relasi dalam usaha atau bisnis yang berbeda
  • Mampu meningkatkan pemasaran dari produk maupun jasa

Format Surat Penawaran Harga

Berdasarkan contoh surat penawaran harga tersebut, ada beberapa komponen yang perlu ada, antara lain:

1.   Jenis produk yang ditawarkan

Pada surat penawaran harga, informasi mengenai produk yang ditawarkan wajib ada. Pasalnya, inti dari surat ini adalah memperkenalkan produk Anda kepada pihak lain yang berpotensi membelinya. Akan lebih baik lagi jika informasi tersebut bukan hanya sekedar daftar, tetapi juga berupa brosur lengkap yang berisi keunggulan produk.

2.   Harga produk yang ditawarkan

Selain jenis produk, Anda juga wajib menyertakan harga produk yang ditawarkan. Inilah salah satu poin penting yang akan diperhatikan oleh penerima surat. Dengan tujuan, penerima surat tertarik melakukan pembelian produk karena harga yang ditawarkan lebih murah. Namun, bukan harga saja yang dapat menarik minat, tetapi juga keunggulan produk tersebut.

3.   Metode pembayaran

Pada saat jual beli produk, perlu ada kesepakatan soal metode pembayaran yang akan digunakan. Hal ini perlu Anda sampaikan dalam surat penawaran harga. Ada beberapa poin menarik yang bisa diunggulkan, yaitu metode pembayaran yang mudah dan praktis, cicilan yang ringan, atau uang muka yang tidak terlalu besar. Nah, tentukan metode apa saja yang kira-kira menarik bagi pembeli Anda.

4.   Informasi mengenai perusahaan

Ketika menawarkan produk kepada pihak lain, Anda perlu memastikan perusahaan Anda layak dipercaya. Banyak kerjasama batal karena pihak yang menawarkan produk tidak menunjukkan hal ini. Akibatnya, calon pembeli ragu dan akhirnya tidak jadi melakukan pembelian. Hal ini sangat penting apalagi jika keduanya berada di lokasi yang berbeda.

Contoh Penawaran Harga Proyek

PT Maju Selalu

Jalan Sri Suwarno 47 Jampiroso Temanggung

13 Oktober 2020

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Direktur

Makmur Jaya

Jalan Majapahit 12 Kauman Parakan Temanggung

Dengan hormat,

Dengan adanya surat ini kami dari PT Indah Permata Permai yang bergerak dalam proyek Baja Ringan yang ada di Temanggung ingin melakukan penawaran proyek kepada perusahaan Bapak/Ibu. Kami telah berpengalaman dalam pengadaan dan juga pemasangan baja ringan dan telah memiliki banyak pelanggan terutama di Temanggung dan sekitarnya. 

Dibawah ini kami sampaikan harga per meter baja ringan yang bisa dipilih,  di antaranya:

  • Bentang Kuda-Kuda C 75 tebal 6mm harga per meter Rp 165.000,-
  • Bentang Kuda-Kuda C 75 tebal 7 mm harga permeter Rp 180.000,-
  • Bentang Kuda-Kuda B12 tebal 8 mm harga permeter Rp 175.000,-

Keterangan:

Untuk jarak reng mengikuti genteng yang akan dipakai dalam pembangunan

Sudut yang digunakan dalam atap yaitu 35 derajat

Jarak kuda kuda maksimal yang digunakan 1.5 m

Untuk pembayaran yaitu dengan DP 50% dan selanjutnya dibayarkan ketika proyek selesai

Setelah pengerjaan selesai 20% akan diukur kembali galvalum agar lebih tepat.

Demikian surat penawaran ini dibuat dan bisa menjadi kerja sama yang baik untuk perusahaan Pendeta Kaya dengan Permata Indah Permai.  Kami sangat mengharapkan konfirmasi dari Bapak/Ibu.

Terima Kasih.

Hormat Kami,   

Direktur PT.  Maju Selalu

Robert Mulya

Hal Penting Ketika Membuat Surat Penawaran

Sumber: Pixabay

Pemahaman akan membuat surat penawaran memang perlu ditekankan.  Hal ini karena bisa sebagai sarana pemasaran dan kunci dalam sukses tidaknya ketika melakukan pemasaran.  Ada beberapa hal penting ketika hendak membuat surat penawaran ini, diantaranya:

1. Nama Perusahaan Jelas

Untuk yang satu ini menjadi hal penting ketika hendak melakukan sebuah penawaran. Pastikan mencantumkan identitas atau profil singkat kepada calon konsumen agar memahami perusahaan yang anda kelola.

2. Jumlah Kebutuhan

Mencantumkan jumlah kebutuhan baik itu barang maupun stok akan memudahkan calon konsumen memperkirakan berapa besar kebutuhan yang ada

3. Merek

Sebuah merek menjadi kunci ketika hendak menawarkan produk.  Pastikan untuk mencantumkan merek dan juga keunggulan dari produk maupun jasa yang ditawarkan.

4. Harga Khusus

Ketika melakukan penawaran,  mencantumkan harga khusus akan membuat konsumen tertarik dan tidak berpikir panjang hal ini menjadi sangat penting ketika hendak melakukan sebuah penawaran tidak lain proyek.

5. Syarat Pembayaran

Dalam melakukan penawaran tentu membutuhkan sebuah closing.  Nah, ketika seseorang tertarik dan hendak melakukan pembayaran,  pastikan tercantum bagaimana konsumen bertindak. Seperti halnya DP,  pembayaran kontan, maupun pembayaran ditempat. Hal ini menjadikan konsumen tidak bingung.

6. Kelengkapan Administrasi

Saat ini administrasi menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangan dalam usaha bisnis apapun.  Pasalnya dengan memiliki sebuah izin usaha akan memberikan seseorang lebih bertanggung jawab serta bisa dipercaya. Cantumkan nomor izin usaha serta administrasi yang lain agar konsumen bisa lebih percaya kepada anda.

Baca Juga : Mengenal Contoh Surat Penawaran Harga Barang, Klik di Sini!

Membuat Surat  Contoh Penawaran Harga Proyek tentunya akan lebih mudah dengan modul  penawaran yang sudah disediakan oleh RUN Market.

Dengan fitur Sales Order Management di dalam produk RUN Market Seller, kami dapat membantu perusahaan untuk memasukan penawaran ke pembeli yang membutuhkan barang dan mempermudah proses pemesanan.

Tidak perlu bingung  untuk melakukan penawaran lagi. RUN Market akan membantu  Anda untuk mendapatkan pesanan dengan memberi solusi mudah membuat surat penawaran harga proyek bagi perusahaan. Segera bergabung bersama kami dan maksimalkan semua fitur penting RUN Market.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.