apa itu tender

8 Fungsi dan Syarat Tender agar Bisnis Semakin Produktif!

Salah satu proses bisnis yang akan sering ditemui adalah tender. Tapi apa itu tender? Istilah ini mengacu pada kegiatan untuk banyak hal, mulai dari pengajuan harga, memborong sebuah pekerjaan atau proyek, atau menyediakan barang.

Secara logis akan terdapat dua pihak yang terlibat dalam aktivitas ini, yakni penyelenggara tender, dan pemberi penawaran atas tender yang tersedia. Perusahaan yang mengajukan penawaran akan disebut dengan vendor.

Tapi apakah hal yang perlu diketahui tentang tender terbatas pada dua paragraf singkat di atas saja?

Untuk dapat terlibat dalam aktivitas tender secara optimal dan menguntungkan, Anda perlu membaca penjelasan terkait tender dalam poin-poin di bawah ini.

Baca Juga: Mengenal Proses Tender untuk Memenuhi Kebutuhan Perusahaan

Pertama, Pahami dengan Tepat Pengertian Tender

Apa itu tender?

Menjadi pertanyaan pertama yang harus Anda ketahui dan pahami secara tepat agar Anda dapat turut memanfaatkan kesempatan yang ada di industri. Agar lebih baku, mari simak definisinya menurut KBBI dan aturan legal terkait, yakni PERPRES No. 12 Tahun 2021.

Menurut KBBI, tender adalah tawaran untuk mengajukan harga, memborong pekerjaan atau menyediakan barang.

Menurut PERPRES No. 12 Tahun 2021, dapat dipahami bahwa tender adalah sebuah proses lazim yang digunakan perusahaan swasta atau perusahaan milik pemerintah seperti BUMN untuk penentuan vendor dalam rangka pengadaan barang, jasa, atau sesuatu yang sebelumnya tidak dimiliki, untuk tujuan bisnis.

Kedua, Terkait dengan Fungsi Tender dalam Bisnis dan Industri

apa itu tender
Sumber: freepik.com

Ketika perusahaan Anda turut dalam tender dan berhasil memenangkannya, perusahaan Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan value di pasar atau industri. Mengingat tender hanya dilakukan pada proyek yang sifatnya besar, maka hal ini akan jadi tambahan citra baik untuk bisnis Anda.

Beberapa fungsi yang dimiliki tender antara lain adalah sebagai berikut.

  • Pertama, menambah relasi atau kerjasama bisnis di tengah pasar yang sarat akan kompetisi
  • Kedua, dapat menjadi track record positif untuk perusahaan Anda saat terpilih dan berhasil memuaskan klien
  • Ketiga, jika Anda berada di sisi penyelenggara tender, maka Anda berkesempatan memperoleh penawaran terbaik dari opsi yang tersedia di pasar
  • Keempat, memberikan kesempatan untuk bisnis atau perusahaan lain kesempatan membuktikan diri
  • Kelima, mengurangi risiko bisnis sebab tender dalam prosesnya dilakukan secara terbuka dan transparan
  • Keenam, potensi keuntungan kedua belah pihak, berupa peningkatan omzet dan pendapatan
  • Ketujuh, memberikan kesempatan pada perusahaan yang turut dalam tender untuk melihat posisi perusahaannya di pasar secara riil
  • Terakhir, menjadi pembuka kerjasama jangka panjang jika dirasa saling menguntungkan dan berhasil mencapai target yang ditetapkan

Seperti dapat dilihat, tender tidak hanya menguntungkan untuk penyelenggaranya saja, namun juga untuk perusahaan yang turut di dalamnya. Jadi proses ini merupakan proses yang terbilang produktif untuk bisnis.

Simak Persyaratan Mengikuti Tender, dan Penuhi dengan Baik

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika Anda ingin turut serta dalam kegiatan tender. Secara umum, syarat yang diberikan antara lain adalah memiliki legalitas yang jelas, mengajukan penawaran yang sesuai dengan ketentuan, serta memiliki komitmen dan sanggup memenuhi penawaran jika memenangkan tender ini.

1. Legalitas Bisnis dan Perusahaan yang Jelas

Perusahaan penyelenggara tender tentu hanya akan memilih pihak-pihak yang memiliki legalitas jelas, sebab tender nantinya akan bersifat terbuka. Tanpa dokumen legal yang jelas dan valid, Anda tidak mungkin diberikan akses pada tender yang dilaksanakan.

Sederhana, sebab perusahaan penyelenggara tidak ingin legalitas bisnis yang dilakukan berdiri di atas dasar yang tidak solid secara hukum.

2. Pengajuan Penawaran yang Sesuai dengan Ketentuan

Sebelum mengajukan penawaran pada pihak penyelenggara, pastikan Anda memahami benar apa yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Sebagai vendor, Anda berkewajiban untuk menawarkan produk yang diperlukan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

Dengan demikian Anda bisa bersaing dengan vendor lain untuk mendapatkan proyek tersebut. Pengadaan yang dilakukan menjadi lebih terarah dan efektif dari segi bisnis.

3. Berkomitmen dan Sanggup Memenuhi Kesepakatan

Ketika Anda turut dalam proses tender, Anda sudah wajib memiliki komitmen penuh dan memiliki kesanggupan dalam memenuhi penawaran yang diajukan. Dengan demikian saat Anda memenangkan tender, Anda akan dapat menjaga kepercayaan klien sekaligus membuktikan kredibilitas perusahaan Anda.

Jangan sampai Anda hanya menawarkan berkas kosong tanpa pertanggungjawaban yang jelas. Tidak hanya kebutuhan klien gagal terpenuhi, namun reputasi buruk untuk bisnis Anda akan jadi hal berikutnya yang terjadi.

Terakhir, Anda Wajib Paham Tahapan Tender

apa itu tender
Sumber: freepik.com

Tender berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Proses ini diawali dengan pengiriman undangan tender pada pengusaha calon vendor, oleh penyelenggara tender.

Secara lebih spesifik, berikut tahapan tender yang umum digunakan.

  • Pertama, penyelenggara mengirimkan surat undangan pada calon-calon vendor yang akan digunakan mengacu pada berbagai referensi
  • Kedua, proses pemberitahuan terbuka mengenai kriteria penilaian dan persyaratan selama proses tender akan berlangsung
  • Ketiga, vendor kemudian mengajukan proposal sesuai dengan ketentuan yang telah disampaikan
  • Keempat, vendor yang terpilih kemudian melakukan penawaran langsung dengan presentasi mengenai proposal penawaran yang telah dikirimkan
  • Kelima, penyelenggara mengadakan pengumuman hasil tender untuk vendor yang lolos tahap presentasi
  • Terakhir, penyelenggara memilih dan menetapkan siapa vendor yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhannya sebagai pemenang tender

Baca Juga: 4 Proses Pengadaan Barang dan Jasa Secara Efektif 

Pada dasarnya, memahami apa itu tender penting untuk penyelenggara dan vendor yang akan menyediakan barang. Proses ini dapat berlangsung lebih cepat untuk kedua pihak sebab kini tersedia platform RUN Market yang dapat memudahkan proses tender

RUN Market, Solusi Pengadaan Barang Praktis dan Transparan

Penyelenggara dapat mencari data vendor dengan mudah melalui platform ini, sehingga memperoleh opsi yang relevan. Dari sisi vendor, dapat pula mempresentasikan produk yang dimilikinya pada display yang diberikan. Hal ini akan memudahkan proses tender yang berlangsung sehingga lebih produktif.

Itu tadi pemahaman apa itu tender secara sederhana. Gunakan RUN Market sekarang juga, dan dapatkan semua keuntungannya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2022 Copyright RUN System, All rights reserved.