apa itu supplier

Mengenal Apa Itu Supplier Tangan Pertama dan Tips Mendapatkannya

Memiliki supplier yang terpercaya menjadi salah satu kunci kelancaran bisnis yang Anda kelola. Dengan supplier yang handal, maka Anda tak lagi perlu mengkhawatirkan ketersediaan bahan baku untuk operasional dan proses produksi. Tapi sebelumnya, apa itu supplier dalam dunia bisnis?

Supplier secara sederhana dapat dipahami sebagai pihak penyedia bahan baku atau barang dan jasa yang diperlukan oleh perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya. Barang dan jasa yang disediakan akan beragam, tergantung dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Mendapatkan supplier tangan pertama akan sangat signifikan, karena akan mengoptimalkan biaya dan harga serta penawaran yang diberikan. Untuk cara mencari supplier tangan pertama ini, Anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

4 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

apa itu supplier
Sumber : freepik.com

Terjun Langsung

Cara ini terbilang sangat klasik, namun cukup banyak digunakan dalam ‘perburuan’ supplier tangan pertama yang benar-benar valid. Dengan cara ini Anda sebagai pengelola perusahaan bisa melihat secara riil kinerja supplier, kualitas produk yang disediakan, dan kapasitas yang dimilikinya.

Interaksi secara langsung dengan tatap muka juga akan membantu Anda menemukan banyak kesempatan menjalin relasi. Hal ini, secara langsung, baik untuk bisnis Anda, baik dalam jangka pendek atau jangka panjang.

Cara Modern dengan Website 

Untuk Anda yang merasa kesulitan untuk terjun langsung mencari supplier tangan pertama, kini sudah banyak juga supplier yang menawarkan jasa dan produknya melalui berbagai website. Biasanya website ini merupakan website yang dikelola secara langsung oleh supplier, sehingga interaksi yang dilakukan tetap bisa berbentuk interaksi yang lugas.

Cara ini bisa ditempuh untuk Anda yang perlu kecepatan dan kepraktisan dalam transaksi. Namun demikian, harus dipastikan pula kualitas dan kinerja dari supplier tersebut agar tidak merugikan saat Anda pilih nantinya. Jangan ragu meminta contoh produk untuk dikirimkan, sehingga Anda bisa melihat bagaimana produk yang dimiliki supplier tersebut.

Forum Bisnis atau Komunitas

Jejaring sosial kini terjalin demikian luas dan kompleks, sehingga bisa membantu Anda dalam menemukan opsi menarik supplier tangan pertama. Anda bisa memanfaatkan keberadaan forum bisnis atau komunitas online yang ada saat ini, untuk mencari opsi terbaik.

Satu tantangan yang harus Anda hadapi adalah cermat dalam memperhatikan thread atau utas diskusi yang berlangsung. Anda juga harus pandai memilih topik, sehingga bisa menemukan supplier terbaik yang ada pada komunitas tersebut. Keuntungan penggunaan cara ini Anda bisa mendapatkan testimoni secara langsung dari anggota komunitas, pada kinerja dari supplier yang ada di dalam komunitas atau forum tersebut.

Menggunakan Platform Khusus E-Procurement

Pada konteks bisnis kekinian, supplier tangan pertama yang handal juga bisa Anda temukan langsung pada platform khusus e-procurement. Platform seperti ini bisa ditemukan dengan cukup mudah, dan memiliki banyak keuntungan dalam penggunaannya.

Pertama, terdapat proses verifikasi yang jelas pada pihak supplier sehingga Anda bisa memastikan validitas dan rate dari supplier yang ada di sana. Kedua, Anda bisa memiliki opsi yang luas terkait penyedia barang dan jasa, sehingga pemilihan bisa dilakukan lebih baik dengan output optimal. Ketiga, terdapat sistem yang jelas pada proses pengadaan barang, sehingga Anda tak perlu cemas mengurus semua administrasi terkait procurement yang dilakukan.

Mengenal Karakter Supplier dan Perbedaannya dengan Reseller

apa itu supplier
Sumber : freepik.com

Dua entitas bisnis ini, supplier dan reseller, sama-sama memiliki barang dan jasa dalam jumlah tertentu untuk dipasarkan. Namun jika dicermati, supplier bisa dikenali dari karakteristiknya yang khas dibandingkan dengan reseller.

Sebuah entitas bisnis akan bisa dikenali sebagai supplier jika :

  • Memiliki fungsi memasok bahan baku, baik dalam bentuk barang atau jasa, kepada entitas bisnis lain.
  • Produk yang dijual berbentuk mentah atau barang setengah jadi.

Ketika entitas bisnis dapat memenuhi karakteristik tersebut, maka dapat dipastikan itu adalah supplier.

Reseller dalam hal ini, memiliki karakter yang berbeda. Reseller merupakan pihak yang menjual kembali barang yang dibeli dengan harga tertentu dari pihak produsen, dengan cara dan metodenya sendiri, dan dengan harga yang sudah dinaikkan. Pendapatan utama berasal dari margin harga yang ada.

Tugas dan Contoh Supplier Tangan Pertama dalam Dunia Bisnis

apa itu supplier
Sumber : freepik.com

Setelah memahami apa itu supplier dalam konteks bisnis, tentu Anda juga wajib paham apa saja tugas dari pihak ini dalam rantai pasok dan kegiatan bisnis perusahaan Anda. Secara garis besar, berikut tugasnya.

  • Menjadi pihak yang memastikan ketersediaan bahan baku bagi klien yang membutuhkannya. Misalnya saja dalam industri furniture, supplier wajib memastikan ketersediaan kayu dalam berbagai kualitas dan ukuran untuk memenuhi permintaan klien.
  • Memastikan bahan baku yang dikirimkan dalam keadaan baik saat diterima oleh klien. Contoh paling utama adalah melakukan kontrol kualitas dan penjaminan, sehingga barang atau jasa yang dikirimkan sampai dengan selamat.
  • Mengelola penyimpanan produk sebelum dikirim kepada klien. Implementasi nyata dari hal ini adalah menjaga kualitas bahan baku saat disimpan dan menunggu jadwal pengiriman. Fasilitas gudang dari supplier harus memadai dan memiliki standar kerja yang jelas.
  • Pengaturan pengiriman bahan baku agar sampai tepat waktu. Penjadwalan dan perkiraan pengiriman harus dilakukan, sehingga bisa mengkalkulasikan banyak faktor, dan pengiriman bisa tetap tepat waktu.

RUN Market, Platform Terbaik untuk Mencari Supplier Terpercaya

RUN Market, kemudian hadir di Indonesia untuk menyediakan ruang bagi supplier untuk menawarkan bahan baku yang dimilikinya. Perusahaan akan memiliki opsi yang luas dan jelas, namun tetap pada koridor jaminan yang pasti. Pengadaan barang bisa dilakukan dengan lebih baik, dan pencarian supplier dapat dilakukan lebih cepat. Memahami apa itu supplier menjadi pengetahuan dasar untuk pengelola bisnis. Dapatkan artikel menarik lain di laman blog RUN Market, dan maksimalkan setiap fitur dengan bergabung di dalamnya!

apa itu supplier

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.