analisa peluang usaha

Penerapan Analisis Peluang Usaha dalam Mengembangkan Bisnis

Terbukanya peluang bisnis dan usaha berkat keberadaan teknologi informasi yang kian canggih membuat banyak orang tertarik untuk beralih bidang. Sebelum memutuskan untuk memanfaatkan peluang yang ada, maka jelas seorang wajib melakukan analisis peluang usaha yang ada di hadapannya.

Untuk melakukan analisis peluang usaha, beberapa hal wajib dipahami terlebih dahulu. Mulai dari pengertian hingga metode, dan langkah dalam menganalisis peluang usaha, berikut ulasan singkatnya.

Peluang Usaha dalam Industri

Analisis peluang usaha
Sumber: freepik.com

Peluang usaha dapat dipahami secara singkat sebagai kesempatan yang dimiliki seseorang atau satu lembaga bisnis untuk bisa mencapai tujuan tertentu, yakni keuntungan. Peluang ini bisa muncul dari berbagai titik dalam rantai industri, sesuai dengan apa yang dimiliki seseorang atau entitas bisnis tertentu.

Misalnya saja, seorang memiliki ketersediaan bahan baku industri yang sangat melimpah, maka peluang usaha yang terbuka untuknya adalah supplier. Jika seseorang memiliki relasi yang baik dengan banyak pihak, maka peluang yang dimilikinya bisa jadi adalah vendor. Jika seorang memiliki modal besar berupa dana, maka peluang yang dimilikinya adalah sebagai investor, dan lain sebagainya.

Lalu Mengenal Apa Itu Analisis Peluang Usaha

Setelah memahami apa itu peluang usaha, maka selanjutnya Anda perlu memahami apa itu analisis peluang usaha. Kegiatan ini dilakukan untuk mengetahui peluang apa yang terbuka, perencanaan operasional dan teknis, riset mengenai produk dan pasar, prediksi pada pasar potensial, serta evaluasi yang nantinya akan dilaksanakan.

Analisis ini perlu dilakukan sebelum memanfaatkan peluang usaha, sehingga langkah  yang Anda ambil tepat dan membawa keuntungan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Tanpa melakukan analisis yang baik, seorang tidak akan dapat memanfaatkan peluang yang ada di hadapannya.

Metode Analisis Peluang Usaha yang Awam Dilakukan

Analisis peluang usaha
Sumber : freepik.com

Sederet metode analisis peluang usaha sebenarnya sudah banyak beredar, dan dipraktekkan banyak orang. Namun pemilihan metode ini juga wajib dengan pertimbangan tepat, sehingga hasil yang didapatkan benar-benar komprehensif dan menjadi dasar kuat untuk langkah yang Anda ambil.

Beberapa contoh metode yang sering digunakan adalah sebagai berikut.

1. Studi Kelayakan Usaha

Analisis ini cenderung diperlukan untuk Anda yang ingin mendirikan usaha. Secara garis besar, analisis ini akan membantu Anda mencari tahu apa ide bisnis yang dibuat dapat diaplikasikan secara optimal dalam jangka waktu tertentu.

2. Dengan Business Plan

Analisis dengan bantuan business plan ini cukup banyak membantu Anda untuk mendirikan bisnis yang terarah dan terencana dengan baik. Susunan business plan yang dibuat dengan cermat dapat menjalankan peran sebagai proposal ketika Anda akan mencari investor.

Langkah yang lebih terarah akan bisa dijalankan mengacu pada rencana dan kondisi yang dihadapi saat bisnis akan dan sedang dijalankan. Namun analisisnya harus detail, sebab variabel dalam berkas ini cukup banyak dan rinci.

3. Analisis 5W + 1H

Terdengar seperti cara membuat artikel berita yang lengkap, namun analisis peluang usaha ini juga bisa digunakan secara praktis untuk berbagai konteks. Analisis bisnis dengan metode ini memungkinkan Anda memetakan jawaban dari metode tersebut, what terkait apa jenis bisnisnya, where, di mana bisnis akan didirikan dan beraktivitas, why, kenapa bisnis ini dilakukan atau didirikan, who, siapa saja pihak yang bertanggungjawab dan akan terhubung dengan bisnis ini, dan how, bagaimana bisnis dijalankan.

Dengan menjawab setiap pertanyaan tersebut, Anda akan mendapatkan satu rumusan konsep mengenai bisnis yang akan Anda mulai.

4. Metode Analisis Peluang Usaha SWOT

Metode analisis peluang bisnis SWOT (strength, weakness, opportunity, dan thread) merupakan metode paling umum yang digunakan dalam bisnis atau aktivitas pemasaran. Dengan memetakan keempat hal tersebut Anda tak hanya akan mendapatkan gambaran pada peluang yang dihadapi, namun juga pada kelemahan dan ancaman yang datang dari dalam dan luar bisnis Anda.

Menerapkan langkah dalam menganalisis peluang usaha dengan tepat bisa jadi modal awal memanfaatkan peluang yang terbuka di hadapan Anda. Misalnya saja, peluang usaha dan bisnis dengan keberadaan RUN Market di industri Indonesia.

Peluang Usaha Optimal di RUN Market untuk Supplier dan Vendor

RUN Market hadir di industri Indonesia, dengan segudang peluang bisnis untuk Anda, pemilik bahan baku yang ada di seluruh Indonesia. Platform ini akan membantu Anda menemukan klien dan pelanggan baru yang mencari pemasok, sehingga bisnis yang Anda miliki dapat tumbuh dengan optimal.

Sistem yang solid dan transaksi yang terorganisir dengan baik memungkinkan Anda, sebagai supplier atau vendor, bisa menawarkan barang dengan efektif ke calon klien pengguna RUN Market. Platform ini juga akan memperluas jangkauan pemasaran produk yang Anda miliki, sehingga potensi transaksi yang didapatkan akan meningkat pesat.

Aktivitas pemasaran supplier dan vendor kini bisa dilaksanakan secara optimal dengan bantuan RUN Market, platform untuk online procurement yang sudah terjamin keamanan dan validitasnya.

Penerapan analisis peluang usaha dalam mengembangkan usaha Anda sebagai supplier atau vendor jelas diperlukan. Namun dengan kehadiran RUN Market, Anda bisa mengembangkan usaha Anda pada pasar yang lebih luas. Bergabunglah bersama RUN Market, dan raih potensi pasar lebih luas dan transaksi lebih menguntungkan dari RUN Market!

analisis peluang usaha

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.