e procurement perusahaan swasta

E Procurement Perusahaan Swasta, Apa Rekomendasinya?

Sebuah  bisnis pasti akan melakukan kegiatan produksi untuk menghasilkan berbagai produk yang dimilikinya. Kegiatan inti ini sendiri memerlukan keberadaan suplai yang mencukupi. Keberadaan e procurement perusahaan swasta menjadi hal yang sangat membantu, lantaran dapat memudahkan berbagai proses yang harus dilalui dalam memperoleh barang dan jasa yang diperlukan.

Seperti yang kamu ketahui, procurement sendiri adalah kegiatan pengadaan barang dan jasa yang dilakukan untuk mendapatkan suplai bahan baku produksi. Sederet manfaat kemudian disajikan dengan keberadaan e procurement perusahaan swasta, agar meningkatkan kualitas pengadaan yang dilakukan.

Baca Juga: 9 Tips Cepat untuk Mendapatkan Permodalan UMKM

Manfaat e Procurement untuk Perusahaan Swasta

e procurement perusahaan swasta
Sumber: freepik.com

Setidaknya secara umum sebuah perusahaan swasta akan merasakan tiga manfaat utama  dengan menggunakan e procurement dalam urusan pengadaan barang dan jasa yang dilakukannya. Ketiga manfaat tersebut adalah sebagai berikut.

1. Menghindari Risiko KKN

Pengadaan barang secara online ini memungkinkan Anda melakukan analisis laporan barang dan jasa yang menjadi bahan baku. Pencatatan yang dilakukan sangat akurat dan empirik, sehingga dapat dicermati di waktu yang akan datang sebagai bahan evaluasi.

Detail transaksi yang dilakukan akan terlihat jelas, tanggal, vendor atau supplier, status pembayaran, jumlah pengeluaran, spesifikasi barang atau jasa yang didapatkan, dan konfirmasi penyelesaian transaksi.

Dengan transparansi seperti ini, praktek KKN dapat ditekan risikonya hingga titik minimal. Kerugian-kerugian yang muncul akibat praktik bisnis yang tidak fair ini dapat dihilangkan sehingga kualitas pengadaan semakin baik.

2. Efisiensi Waktu dan Biaya

Karena praktik bisnis yang tidak fair ini bisa ditekan, maka biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk proses pengadaan barang dan jasa juga akan semakin optimal. Tidak ada lagi pemborosan yang terjadi dan membawa kerugian, karena semua tercatat dengan detail.

Transaksi pengadaan barang dan jasa dapat dimonitor dengan baik melalui sistem yang ada, dan memungkinkan setiap pihak yang berkepentingan memperhatikan semua progres dari transaksi. Estimasi waktu tiba akan terlihat jelas berdasarkan faktor yang berpengaruh, sehingga dapat dijadwalkan sedemikian rupa untuk menepati jadwal produksi yang sudah dimiliki.

3. Transaksi yang Lebih Cepat

Sistem pengadaan yang disediakan dalam e procurement perusahaan swasta ini dapat menyederhanakan proses pengadaan yang dilakukan. Input barang dan jasa yang diperlukan, proses tender, pengiriman dan pemrosesan berkas, semua akan terjadi dalam satu platform yang terpadu.

Dengan komunikasi yang lancar, maka transaksi yang terjadi jelas akan lebih cepat. Tidak ada lagi penundaan pengadaan barang dan jasa yang disebabkan oleh hambatan ruang dan waktu, sebab sistemnya sendiri tersedia secara online, 24 jam penuh.

6 Langkah Cara Kerja e Procurement

e procurement perusahaan swasta
Sumber: freepik.com

Untuk cara kerjanya sendiri tidak jauh berbeda sistem pengadaan barang dan jasa pada umumnya. Hanya saja sistem ini telah terdigitalisasi dan online, sehingga akses yang dimiliki pada transaksi menjadi akses penuh yang dapat dilakukan kapan saja.

Tahapan umum atau cara kerjanya adalah sebagai berikut.

  • Identifikasi kebutuhan, dilakukan dengan penentuan barang dan jasa apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, sehingga terdapat gambaran jelas terkait pengadaan yang akan dilakukan
  • Proses persetujuan, selanjutnya akan dilakukan proses persetujuan dan verifikasi pada supplier atau vendor yang menjadi penyedia barang dan jasa. Tahapan ini dimudahkan dengan proses digital, karena proses verifikasi langsung dilakukan dari satu bisnis ke bisnis lain, atau dari pimpinan ke staf
  • Proses pemesanan, setelah disetujui, pemesanan dilakukan secara otomatis. Pastikan barang dan jasa yang dipesan sudah benar dan sesuai kebutuhan
  • Proses tracking, tracking sendiri memungkinkan Anda untuk melacak progres pengiriman atau proses barang dan jasa yang dipesan dari vendor atau supplier. Dengan begini, semua bisa terkontrol
  • Proses payment, proses selanjutnya adalah proses pembayaran. Tahapan ini juga dilakukan secara digital, sehingga Anda dapat menerima invoice dari peneydia lebih cepat. Sistem yang telah mengkonfirmasi barang dan jasa pesanan dapat langsung memproses invoice yang diajukan
  • Penyusunan report, setelah semua transaksi selesai dilakukan, laporan transaksi pengadaan barang dan jasa akan segera disusun. Idealnya pada sistem yang baik, laporan ini akan tersaji secara lugas dan jelas untuk digunakan dalam berbagai proses lainnya

Baca Juga: 5 Tujuan Open Purchase Order yang Perlu Anda Ketahui

Lalu Adakah e Procurement yang Cocok untuk Perusahaan Swasta?

RUN Market adalah jawaban paling tepat untuk pertanyaan ini. Memberikan solusi inovatif pengelolaan proses pengadaan yang memungkinkan pembeli dan penjual saling terhubung dalam satu platform, ekosistem yang disediakan jelas akan menjadi sangat produktif.

Dipercaya oleh lebih dari 200 perusahaan dari berbagai sektor industri, RUN Market telah membuktikan diri sebagai sebuah platform handal untuk berbagai keperluan pengadaan barang dan jasa untuk perusahaan Anda.

Anda dapat memperoleh setidaknya empat keunggulan utama:

  • Penjual dan pembeli yang lebih terpercaya
  • Dokumen dan riwayat pesanan dapat dilacak dengan mudah
  • Transaksi langsung antara penjual dan pembeli
  • Harga penawaran terbaik dari vendor dan supplier menjadi pengguna RUN Market

Hadir dengan berbagai kelebihannya, RUN Market menjadi opsi paling tepat untuk e procurement perusahaan swasta. Lengkap dan mudah digunakan, Anda akan mendapatkan transaksi terbaik dengan platform ini. Segera daftarkan diri Anda, dan mulai transaksi menguntungkan dalam platform pengadaan barang dan jasa yang canggih ini!

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.