warehouse adalah

Ini Alasan Mengapa Perusahaan Membutuhkan Warehouse

Warehouse adalah sistem logistik yang perusahaan fungsikan untuk menyimpan dan mengelola produk. Maka dari itu, sistem ini berfungsi untuk memberikan informasi tentang jenis dan kondisi produk. Mulai dari kondisi di tempat penyimpanan produk hingga distribusi produk sampai ke tempat tujuan. 

Di setiap perusahaan biasanya akan mendapatkan permasalahan bagaimana mengelola produk supaya awet, cepat terdistribusi, dan tidak menumpuk. Problem tersebut akan terselesaikan apabila perusahaan mampu mengelola manajemen warehouse dengan tepat. 

Oleh karena itu, perusahaan perlu mengukur durasi yang baik untuk penyimpanan dan distribusi produk. Selain itu, kontrol terhadap produk harus efisien agar tidak terjadi penumpukan produk. Untuk mengetahui selengkapnya tentang warehouse, artikel ini akan mengupas tuntas mulai dari pengertian, fungsi, jenis, dan tips mengelola warehouse.

Warehouse adalah Sistem Logistik Pengelolaan Produk, Ini Penjelasannya

Sumber: pexels.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa warehouse adalah sistem pergudangan yang perusahaan gunakan untuk mengontrol produk. Sistem dalam warehouse cukup lengkap karena menyediakan informasi mengenai ketersediaan hingga status pengiriman produk. Warehouse adalah bagian yang tidak terpisahkan dari supply chain management karena mengurusi proses produksi hingga distribusi produk. Dari bahan mentah, setengah jadi, sampai barang jadi. 

Pengelolaan warehouse juga berdasarkan penawaran dan permintaan, dan karena itu, harus memiliki prinsip-prinsip dasar. Prinsip yang dimaksud antara lain efektivitas dalam mengirimkan produk, memenuhi permintaan produk dari konsumen, hingga konsumen mendapatkan produk dengan mudah. 

Tujuan Warehouse

Setelah memahami penjelasan mengenai warehouse adalah sistem pengelolaan produk dalam gudang, perusahaan perlu mengetahui tujuan dari warehouse yaitu:

  • Untuk mengelola permintaan dan penawaran karena warehouse adalah tempat penyimpanan yang baik untuk mengatur persediaan produk.
  • Sebagai penyediaan transportasi sehingga mampu mengurangi biaya produksi. Efisiensi menjadi penting sehingga apabila produksi banyak namun permintaan sedikit maka gudang menjadi tempat penyimpanan yang aman. 
  • Sebagai kebutuhan produksi sehingga mengelola dari bahan mentah hingga bahan jadi. 
  • Sebagai pertimbangan strategi pemasaran sehingga warehouse adalah solusi yang tepat dalam pendistribusian produk secara cepat dan mudah.

Manfaat Warehouse

Ada beberapa manfaat dalam warehouse yang perlu perusahaan ketahui yaitu: 

1. Meminimalkan Pengeluaran

Manfaat pertama yang perlu perusahaan ketahui tentang warehouse adalah meminimalkan pengeluaran. Hal ini disebabkan perusahaan telah menggunakan warehouse management system sehingga prosesnya tidak membutuhkan banyak biaya. 

2. Meningkatkan Efektivitas

Adanya warehouse membuat sistem gudang menjadi lebih efektif. Sebab, pelanggan atau distributor tidak perlu repot sampai datang ke perusahaan mengecek produk namun hanya perlu mengecek melalui sistem. 

3. Mempercepat Proses Bisnis

Salah satu alasan mengapa perusahaan menerapkan warehouse adalah proses bisnis menjadi lebih cepat. Mulai dari proses produksi, mempersiapkan bahan jadi, pengiriman produk, hingga transaksi. Dengan warehouse management system, semuanya akan tercapai dengan mudah. 

4. Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Fungsi keempat yang perlu diketahui dari manfaat warehouse adalah mampu meningkatkan kepuasan konsumen. Sebab, produk dapat terdistribusikan dengan cepat dan sesuai jangka waktu yang telah ditentukan. 

Fungsi Warehouse

Setelah memahami apa saja yang menjadi manfaat warehouse maka perusahaan perlu mengetahui fungsi warehouse yaitu:

1. Penyimpanan Produk

Fungsi utama dari warehouse yaitu sebagai tempat untuk menyimpan produk. Tata letak menjadi penting karena setiap produk memiliki usia kadaluarsanya masing-masing. 

2. Keamanan Produk

Setiap gudang pasti memiliki sistem keamanan tersendiri. Maka dari itu, setiap produk yang tersimpan dalam gudang harus diketahui oleh manajer gudang. Hal ini bukan hanya untuk menghindari pencurian melainkan juga memastikan persediaan produk. 

3. Pelindung Kemasan Produk

Fungsi ketiga dari gudang adalah pelindung kemasan produk. Setiap produk pasti memerlukan kemasan agar produk terlihat lebih aman dan sesuai dengan keinginan konsumen. Oleh karena itu, setiap produk yang masuk ke gudang bisa masuk ke dalam kategori bahan jadi atau bahan setengah jadi. 

Jenis-Jenis Warehouse

Setiap warehouse pasti memiliki jenis dan karakternya masing-masing yang di antaranya adalah:

1. Raw Material

Ini merupakan jenis gudang yang berguna untuk menyimpan bahan mentah.dan berfungsi untuk proses produksi. 

2. Working Process Storage

Ini adalah jenis gudang yang berfungsi untuk menyimpan barang setengah jadi atau dengan kata lain masuk dalam proses pengerjaan.

3. Finished Goods Storage

Yang terakhir adalah jenis gudang yang menyimpan bahan jadi atau bahan yang telah selesai dikerjakan. 

Tips Mengelola Warehouse

Ada beberapa tips yang perlu perusahaan ketahui dalam mengelola warehouse yaitu:

  1. Menyusun data secara akurat
  2. Membuat data tentang stok baru dan lama
  3. Menyusun jadwal persediaan produk
  4. Mengelola tata letak

Ketika perusahaan telah memahami bagaimana pentingnya memiliki warehouse untuk persediaan produk maka perusahaan perlu menerapkannya di dalam bisnis. Agar bisnis perusahaan semakin berkembang, RUN Market dapat membantu perusahaan dalam pengelolaan persediaan produk. Sebagai platform kolaborasi, RUN Market menyediakan transformasi digitalisasi proses pengadaan produk serta meningkatkan keuntungan dari bisnis.

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.