kualitas produk

Memahami Kualitas Produk, 4 Manfaat, dan Cara Mendapatkan Bahan Baku Terbaik

Di setiap jenis bisnis dan perusahaan, memiliki kualitas produk yang baik adalah fondasi utama dalam bersaing di pasar. Tanpanya, tingkat penjualan dan reputasi tidak akan meningkat, dan justru akan menjadi kelemahan dari bisnis. Maka dari itu kualitas harus senantiasa dijaga atau ditingkatkan, sesuai dengan rencana bisnis setiap perusahaan.

Tapi sebenarnya apa yang dimaksud dengan kualitas produk itu? Bagaimana bisa dua frasa tersebut memiliki dampak besar untuk perusahaan? Kemudian apa manfaat dari kualitas yang baik untuk perusahaan?

Nah, untuk mendapat penjelasan terkait beberapa pertanyaan di atas, Anda bisa simak artikel singkat berikut ini.

Definisinya dalam Bisnis

kualitas produk
Sumber : freepik.com 

Dalam pemahaman sederhana, kualitas produk dapat didefinisikan sebagai kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsi yang dimilikinya, sehingga dapat membawa manfaat untuk pelanggan yang menggunakannya.

Fungsi yang dimiliki produk nantinya akan terbagi dalam beberapa variabel berbeda, mulai dari durabilitas produk, reliabilitas, kemudahan penggunaan, urusan perbaikan dan perawatan produk, dan atribut lain yang dimiliki atau ditambahkan dalam produk untuk menunjang nilainya.

Dengan lingkup yang demikian luas ini, perusahaan atau bisnis dituntut menyusun produk sedemikian rupa, sehingga kualitasnya benar-benar sesuai dengan yang direncanakan. Kualitas produk ini yang akan menjadi senjata utama persaingan produk di pasar, dengan produk sejenis lain yang diproduksi perusahaan pesaing.

Tentunya di dalam kualitas juga akan disematkan keunikan, yang akan membedakan produk dengan pesaingnya di pasar sehingga dapat lebih mudah dikenali oleh publik secara luas.

Empat Manfaat Kualitas Produk

kualitas produk
Sumber : freepik.com 

Menjadi faktor utama yang akan digunakan untuk bersaing di pasar, sederet manfaat dimiliki dari kualitas produk. Semakin baik kualitas produk yang dimiliki, maka semakin baik pula manfaat di bawah ini diperoleh oleh perusahaan secara umum.

  1. Baik untuk reputasi perusahaan: dengan kualitas yang baik, reputasi perusahaan juga akan meningkat. Perusahaan akan dikenal sebagai entitas bisnis yang berkualitas, dan memiliki dedikasi pada pengembangan produknya.
  2. Perluasan pasar: berbekal kualitas produk yang baik, jangkauan produk juga akan semakin besar. Produk yang dikenal luas dan bisa memuaskan penggunanya secara otomatis akan mengalami perluasan pasar secara progresif dengan word of mouth dari pelanggan yang puas.
  3. Meningkatkan disiplin produksi: jelas, dengan reputasi yang terbentuk dari kualitas tinggi, perusahaan dituntut memiliki disiplin produksi yang baik. Tanpanya, kualitas akan menurun dan merusak reputasi yang sudah terbangun.
  4. Mudah dikenal di pasar: performa produk di pasar juga akan mengandalkan kualitas, meski didukung dengan aktivitas pemasaran dan promosi. Dengan kualitas yang sudah dikenal, maka awareness publik akan semakin tinggi seiring berjalannya waktu.

Beberapa hal di atas menjadi manfaat dari kualitas yang baik dari suatu produk. Sebenarnya jika diperluas, manfaatnya akan benar-benar terasa di berbagai sektor perusahaan. Namun intinya adalah poin yang disampaikan di atas.

Kualitas tak hanya bisa diupayakan dari proses produksi yang dilakukan perusahaan, namun juga wajib dimulai dari pengadaan bahan baku yang terkontrol kualitasnya. Tapi bagaimana cara memastikan kualitas pengadaan barang yang dilakukan khususnya untuk bahan baku produk?

Ini Cara Memastikan Kualitas Bahan Baku Sesuai Standar

kualitas produk
Sumber : freepik.com 

Untuk mendapatkan kualitas yang baik pada produk, diperlukan inovasi dan ide dari perusahaan. Namun dalam eksekusi produksinya, bahan baku yang berkualitas baik juga sangat menentukan kualitasnya.

Beberapa tips memastikan kualitas bahan baku sesuai standar bisa Anda lihat di bawah ini. Setidaknya dengan begini, Anda memiliki bekal dalam memilih vendor atau supplier yang menyediakan bahan baku berkualitas baik untuk mendukung proses produksi yang dijalankan.

  • Pastikan variasi produk yang disediakan pemasok
  • Bandingkan harga di antara beberapa pemasok untuk memperoleh harga yang paling sesuai
  • Tetapkan kualitas yang diperlukan perusahaan, lalu dapatkan dari beberapa opsi pemasok yang tersedia
  • Lihat reputasi pemasok di pasaran, pastikan reputasinya cukup baik dan direkomendasikan banyak orang
  • Dapatkan sampel produk, dan jika memungkinkan datangi pemasok untuk menyamakan kualitas sampel dengan produk yang ada di stok mereka
  • Konsisten, sabar, dan teliti dalam pencarian pemasok
  • Pastikan transaksi berjalan lancar, terbuka, dan sesuai dengan kesepakatan yang bisa menguntungkan kedua pihak

Sebenarnya cara memastikan kualitas bahan baku ini bisa dilakukan dan menjadi SOP dari bisnis yang Anda miliki. Namun jelas, penentuan SOP dan standar ini juga wajib dilakukan dengan cermat terlebih dahulu, sehingga untuk pencarian berikutnya, urusan tidak membuang banyak waktu dan tenaga.

Untuk membantu menjaga kualitas produk, platform yang tepat untuk memperoleh pemasok juga diperlukan. Di sini RUN Market hadir, dan menjadi solusi atas kebutuhan Anda.

RUN Market, Platform Terbaik untuk Pengadaan Barang secara Online

RUN Market merupakan platform pengadaan barang dan jasa yang bisa digunakan oleh setiap jenis usaha dan bisnis, dan menyediakan ruang seluas-luasnya pada pemasok untuk mendapatkan klien terbaik untuk bisnisnya. Kolaborasi antara setiap pihak menjadikan RUN Market sebagai platform pengadaan barang terbaik di Indonesia, yang dapat mengakomodir semua pihak untuk mendapat transaksi terbaik. Gunakan RUN Market sekarang juga, dan tingkatkan kualitas produk dengan basis pemasok yang berkualitas!

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.