digitalisasi UMKM

4 Strategi Melakukan Digitalisasi UMKM dengan Tepat

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membawa pengaruh yang cukup kuat ke dalam bisnis. Salah satunya adalah digitalisasi UMKM. Pengubahan transaksi dari sebelumnya konvensional menjadi online adalah bentuk nyata infiltrasi teknologi. 

Perkembangan tersebut semakin menjadi-jadi karena pandemi Covid-19 yang lalu. Konsumen lebih menyukai platform digital yang memudahkan transaksi tanpa perlu pergi ke suatu tempat atau bertatap muka. Dengan demikian, UMKM semakin terbantu dan transaksi bisnis menjadi lebih efisien. 

Oleh karena itu, penting bagi pebisnis yang masih menggeluti bidang UMKM mengetahui apa saja manfaat dari digitalisasi UMKM. Selain itu, perlu juga mengetahui bagaimana strateginya. Selengkapnya hanya di RUN Market. 

Apa Itu Digitalisasi UMKM?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa digitalisasi UMKM adalah perubahan pengelolaan bisnis dari sistem offline menjadi online. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional di dalam bisnis. Oleh karena itu, digitalisasi ini tidak semata hanya mengganti proses transaksi melainkan juga mengatur cash flow

Selain itu, bisa mengelola inventory, asset, hingga kebutuhan bahan mentah secara online. Penting bagi perusahaan untuk melakukan akselerasi dari sistem konvensional menuju sistem digital. 

Temuan riset menarik dari DS Innovate tentang Empowerment Report pada 2021. Dalam temuan tersebut, di Indonesia, transaksi bisnis melalui e-commerce mencapai angka Rp266,3 Triliun. Angka ini diprediksi akan semakin meningkat dalam lima tahun mendatang. Apalagi jika konsumen sudah mulai tidak kaku dan terbiasa menggunakan transaksi online.

Manfaat Digitalisasi UMKM

Setelah mengetahui pengertian dari digitalisasi UMKM, maka Anda perlu memahami manfaat dari digitalisasi UMKM yaitu:

1. Proses Transaksi Bisnis Menjadi Lebih Efisien

Salah satu manfaat yang berarti ketika UMKM mulai beralih dari sistem konvensional menuju sistem daring adalah proses transaksi menjadi lebih efisien. Baik Anda maupun konsumen tidak perlu lagi sibuk menghitung uang secara tunai sebab semuanya terekam dalam sistem. 

Selain itu, mudah bagi konsumen untuk melakukan transaksi karena alat pembayaran telah beralih dari tunai menuju non-tunai. 

2. Target Pasar Lebih Luas

Manfaat kedua yang dapat Anda peroleh adalah target pasar yang lebih luas. Jika sebelumnya Anda hanya memiliki target pasar yang berada di sekeliling desa atau komplek perumahan, kini menjadi lebih luas. Adanya sistem digitalisasi memudahkan Anda menjangkau target pasar tidak hanya antar desa, melainkan juga antar kota hingga antar pulau. 

3. Menghemat Biaya dan Waktu

Semuanya bermula dari internet dan kemudian setiap individu merasa terbantukan, khususnya dalam hal bisnis. Tidak bisa dimungkiri dengan kehadiran digitalisasi, pebisnis tidak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak seperti promosi bisnis. Terlebih, akan menghemat banyak biaya operasional. 

4. Pendapatan UMKM Meningkat

Manfaat terakhir yang bisa Anda peroleh tentu saja pendapatan UMKM akan semakin meningkat. Sebab, boleh dibilang Anda tidak mengeluarkan biaya dan tenaga yang besar tetapi Anda bisa mendapatkan penghasilan yang luar biasa. Maka dari itu, penting bagi pebisnis untuk segera melakukan digitalisasi UMKM. 

Strategi Melakukan Digitalisasi UMKM

Sumber: pinterest.com

Anda kini telah mengetahui manfaat dari digitalisasi UMKM. Selanjutnya Anda tinggal mengolah dan menerapkannya ke dalam UMKM. Begini strateginya. 

1. Lakukan Riset Pasar dan Kompetitor

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah melakukan riset pasar dan kompetitor. Dengan melakukan riset pasar, Anda bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari UMKM Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengenali siapa saja kompetitor Anda. 

2. Tentukan Model Bisnis

Selanjutnya, Anda bisa memilih dan menentukan model bisnis yang tepat untuk UMKM Anda. Dengan memilih transaksi berbentuk digital maka bisa dipastikan model bisnis juga akan berubah. 

3. Gunakan Pemasaran Online

Pilihan e-commerce semakin banyak. Maka dari itu, Anda harus memanfaatkannya dengan baik sehingga Anda bisa menjangkau target pasar yang lebih luas. Sebab, perilaku konsumen yang berubah dan lebih memilih transaksi online akan membuat Anda juga ikut mengubah sistem pemasarannya. 

4. Gunakan Software Pendukung 

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah integrasi dengan software lainnya. Dalam hal ini, sebagai penyedia ERP software terbaik di Indonesia, RUN Market menyediakan kebutuhan Anda. Dengan RUN Market, Anda bisa mengelola bisnis menjadi lebih baik. 

Agar setiap industri mampu mendapatkan konsumen yang sesuai kebutuhan, RUN Market dari RUN System memberikan solusi inovatif pengelolaan digitalisasi UMKM yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk saling terhubung dalam satu platform.

Fitur-fitur dalam RUN Market mampu mampu membantu perusahaan dalam melakukan transformasi digitalisasi perusahaan barang dan jasa. Selain itu, RUN Market juga mampu membantu perusahaan menemukan vendor terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. 

Bersama RUN Market, digitalisasi menjadi lebih efisien, cepat, dan mudah.

e-Procurement Platform untuk Solusi Pengadaan Perusahaan Anda

Daftar Gratis ! Jadwalkan Demo

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.